9 Tujuan Finansial Sebelum Mencapai Usia 30

Apakah Anda sudah menetapkan tujuan keuangan Anda? Berada di usia 20-an adalah waktu yang menyenangkan - Anda akhirnya memiliki kebebasan untuk menetapkan aturan sendiri, dan Anda memahami nilai kemerdekaan pribadi secara utuh. Namun jangan lupa, kemerdekaan juga berarti adalah mampu mendukung diri secara finansial. Maka sekarang, pada usia ini adalah waktu yang tepat untuk mulai bekerja menuju keamanan finansial. Pelajari tujuan keuangan yang harus dicapai sebelum usia Anda 30.

 

1. Bayar Semua Utang

Bayar utang via blog.wallstreetsurvivor.com

 

Nah, ini berarti Anda harus membayar semua utang Anda termasuk pinjaman mahasiswa, kartu kredit dan setiap utang auti debit. Karena semua pembayaran utang ini ada bunga yang harus dibayar, dan beberapa bunganya yang sangat tinggi. Fokus pada melunasi hutang Anda karena cicilan dan bunga akan terus menyedot uang. Maka tuntaskan pembayaran sampai utang benar-benar lunas. Melunasi utang dengan bunga tinggi maka Anda dapat menyimpan uang lebih mudah.

 

2. Buat Perencanaan Keuangan Bulanan

Perencanaan keuangan via executivegov.com

 

Menyimpan dan melunasi utang jauh lebih mudah ketika Anda memiliki rencana anggaran tiap bulan. Saat sedang free dan tak sibuk, Anda bisa mulai menuliskan semua penghasilan Kamu dan biaya yang perlu Anda keluarkan dalam satu bulan. Sisihkan uang untuk sewa, tagihan, makanan, hiburan, membayar utang dan tabungan. Jika Anda memiliki sejumlah uang untuk dibelanjakan, maka ubahlah rencana keuangan Anda dengan menyimpan uang itu.

 

3. Berhenti Belanja Impulsif

Belanja impulsif via femalefriendly.files.wordpress.com

 

Belanja impulsif dapat menurunkan jumlah tabungan Anda - serta akan terjebak pada kebiasaan sering buang-buang uang! Sebelum Anda membeli barang, tanyakan pada diri Anda pertanyaan-pertanyaan ini; Apakah saya perlu ini? Mengapa? Apakah saya membayar belanja ini dengan uang jatah mingguan saya, atau dengan tabungan saya?

Aturan praktis yang baik adalah jika Anda membayar dengan tabungan, maka batalkan belanja Anda. Jika Anda membayar belanja Anda dengan anggaran belanja mingguan, datanglah kembali keesokan esok hari dan belilah barang itu jika merasa masih membutuhkannya.

 

4. Rencanakan Karir Berdasarkan Tujuan Finansial

Rencanakan karir via mytimemanagement.com

 

Kemungkinan Anda sudah memiliki rencana untuk memajukan karir Anda dan mendapatkan lebih banyak uang, tetapi menulis rencana karir  dapat membantu Anda untuk memperkuat rencana itu, serta memotivasi Anda untuk bekerja keras mencapainya. Cobalah untuk menetapkan batas waktu untuk mencapai tujuan karir Anda, karena dengan cara ini Anda dapat memastikan bahwa hal tersebut berjalan sesuai jalur.

 

5. Singkirkan Belanja 'Mewah'

Jangan belanja mewah via cdn-media-2.lifehack.org

 

Kebanyakan orang memilik barang-barang mewah atau belanja untuk diri sendiri sesuatu yang mewah secara teratur. Cobalah untuk melacak pengeluaran Anda selama satu bulan dan lihatlah seberapa banyak uang kamu terhambur begitu saja.

Misalnya, banyak orang membeli makan siang atau kopi setiap hari, tapi anggaplah membuat kopi dan makan siang Anda sendiri dapat membuat perbedaan keuangan yang besar. Cobalah untuk memotong satu persatu belanja mewah, dan menyimpan uang sebagai gantinya.

 

6. Bayar Tagihan Kamu Tepat Waktu

Bayar tagihan tepat waktu via sites.psu.edu

 

Salah satu tujuan keuangan yang paling penting di usia dua puluhan adalah membayar tagihan Kamu tepat waktu. Tagihan yang belum dibayar akan membuat masih memiliki catatan kredit buruk, dan dapat menumpuk sehingga semakin sulit untuk dibayar. Cobalah untuk tetap membayar tagihan tepat waktu dan buatlah pembayaran otomatis di rekening Anda sehingga tidak pernah terlewat membayar tagihan itu.

 

7. Simpan Dana untuk Tujuan Darurat yang Setara Dengan Biaya Hidup Selama 6 Bulan

Simpan dana untuk darurat via elementalstore.com

 

Jumlah 6 bulan biaya hodup mungkin tampak seperti sejumlah besar. Tetapi dengan tabungan itu Anda akhirnya akan memiliki tabungan yang cukup untuk menutupi setengah tahun biaya hidup. Pastinya kehidupan Anda di masa depan akan tidak stres jika Anda tahu Anda memiliki jaring pengaman untuk skenario kasus buruk dalam hidup.

Cobalah untuk juga membuat tabungan dalam rekening dengan bunga yang tinggi.

 

8. Menabung Untuk Beli Rumah

Beli rumah via homesbyemily.ca

 

Memang terlihat tidak penting untuk menyimpan uang untuk membeli rumah di usia dua puluhan, tetapi jika Anda sudah melunasi semua utang Anda dapat memulia menabung untuk rumah. Menabung untuk rumah memakan waktu lama, dan semakin cepat Anda memulai, semakin cepat Anda akan bisa mendapatkan rumah impian Anda.

Baca Juga: 7 Kesalahan Finansial yang Tidak Dilakukan Orang Sukses

9. Bijak Berinvestasi

Bijak berinvestasi via cdn2.benzinga.com

 

Investasi adalah cara yang berguna untuk meningkatkan tabungan Anda, tetapi pastikan Anda berinvestasi secara bijak. Carilah bimbingan dari para profesional terlatih, dan mintalah bimbingan setiap kali membuat keputusan investasi. Cobalah untuk mencatat investasi, karena akan membantu dalam membuat keputusan keuangan Anda sendiri di masa depan.

Baca juga: 5 Buku Bisnis yang Akan Mengubah Pola Pikir Anda

Terapkan!

Sembilan hal di atas coba pelan-pelan kamu terapkan agar di usia 30 tahun nanti kamu mandiri secara finansial. Karena kemandirian finansial tentunya akan lebih mudah bagi kemu mengambil keputusan masa depan apapun itu, misalnya menikah atau mengejar pendidikan lebih tinggi.

Baca juga: 5 Kebiasaan yang Membuat Anda Sukses