Acha Septriasa, Artis Serba Bisa yang Buka Usaha Kuliner Ayam Tanjakan

Jika mendengar nama Acha Septriasa, pasti sosok Luna dalam film Heart akan langsung terbayang dalam ingatan. Perannya dalam film tersebut memang sangat membekas di hati para penonton. Tidak heran bila setelah itu, perempuan cantik ini banjir tawaran.

Dirinya sempat vakum dari dunia hiburan Indonesia setelah menikah dengan sang suami, Vicky Kharisma. Pasalnya perempuan bernama asli Jelita Septriasa ini harus pindah ke Australia untuk mengikuti sang suami yang bekerja di Negeri Kanguru.

Meski menikmati perannya sebagai ibu dan istri, jiwa Acha sebagai seniman tidak pernah luntur. Intip yuk seperti apa perjalanan karier seorang Acha Septriasa. Berikut kisah lengkapnya seperti dirangkum Cermati.com dari berbagai sumber.

Baca Juga: Kontroversi hingga Idap Bipolar, Bikin Artis Cantik Marshanda Jadi Motivator

Anda Bingung Cari Produk Kredit Tanpa Agunan Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KTA Terbaik! 

Artis Multitalenta

View this post on Instagram

14 November 99namaCinta #soon #diBioskop

A post shared by Acha Septriasa (@septriasaacha) on

Sebuah ajang pencarian bakat sering dianggap orang sebagai salah satu jalan tercepat untuk mewujudkan mimpi menjadi seorang artis. Sebagian ada yang gagal, tetapi banyak pula yang sukses. Salah satunya adalah Acha Septriasa.

Perempuan kelahiran Jakarta ini semakin dikenal publik setelah mengikuti ajang Gadis Sampul 2004. Acha masuk sebagai finalis. Di tahun sebelumnya, Acha juga pernah terlibat dalam sebuah sinetron berjudul Bayangan Adinda

Tahun 2005, ia berhasil mendapatkan peran dalam film berjudul Apa Artinya Cinta. Meski tidak menjadi pemeran utama, kemunculan Acha di film ini mulai menarik minat para produser. Tawaran untuk bermain film pun datang lagi di tahun berikutnya.

Karakter Luna dalam film Heart dipercayakan pada Acha. Di film ini, ia beradu akting dengan Irwansyah dan Nirina Zubir. Menariknya Wanita berusia 30 tahun itu tidak hanya berakting saja, tapi juga mengisi soundtrack di film tersebut. Ternyata suaranya merdu juga.

Acha pun berduet dengan lawan mainnya, Irwansyah yang sempat menjadi kekasih. Lagu berjudul My Heart yang menjadi soundtrack film Heart melejit di pasaran. Karier Acha makin bersinar. Ia berhasil menjadi idola baru.

Sejak saat itu, tawaran bermain film berdatangan. Hampir setiap tahun ada saja judul film yang dibintanginya. Bukan cuma satu judul film, bahkan 9 judul pernah dibintanginya sepanjang tahun 2016.

Kesuksesan pemain 99 Cahaya Langit di Eropa ini menyanyikan soundtrack, membuatnya berani merilis album mini pertama bersama Irwansyah. Judulnya Hikayah Ramadhan. Selain album mini, Acha juga bergabung dengan musisi lain mengeluarkan album kompilasi. Album tersebut merupakan OST dari beragam film yang ia mainkan seperti Heart, Love is Cinta, dan Rectoverso.

Sabet Beragam Penghargaan

Sebagai seorang artis multitalenta, nama Acha sering masuk dalam berbagai nominasi penghargaan bergengsi sejak 2011. Mulai dari Festival Film Indonesia (FFI), Festival Film Bandung, Indonesian Movie Awards (IMA), hingga Indonesian Box Office Awards.

Dari sekian banyak nominasi, beberapa di antaranya menyabet penghargaan. Piala pertama yang diraih pemeran di film Bulan Terbelah di Langit Amerika itu adalah Pemeran Utama Wanita Terpuji dalam Festival Film Bandung 2011 untuk film Love Story.

Kemudian menyusul penghargaan Corinthian Film Festival 2011 sebagai Best Actress in Love Story Movie. Dan penghargaan untuk film Test Pack kategori Pemeran Utama Wanita Terbaik di ajang Festival Film Indonesia 2012.

Di judul film yang sama Test Pack, Acha pun menyabet penghargaan sebagai Pemeran Utama Wanita Terpuji di ajang Festival Film Bandung tahun 2013. Terakhir, pemain film Koala Kumal tersebut diganjar penghargaan sebagai Aktris Terbaik di Omnibus dalam Piala Maya 2014 untuk film Aku Cinta Kamu.

Sementara itu, OST Heart berhasil mengantarkan Acha meraih Double Platinum untuk kategori Original Soundtrack Terbaik pada 2007. Lewat film pendek Firasat, ia memboyong Piala Maya sebagai Sutradara Film Pendek Terbaik.

Baca Juga: Terungkap! Ini Pekerjaan Ruben Onsu Sebelum Jadi Artis Tajir dan Bos Geprek Bensu

Menikah dan Sempat Vakum dari Industri Hiburan

View this post on Instagram

Thank you babe, dah percaya sm aku , besarin Brie sendiri, jalanin kerjaan sesuai yg aku mau, sampai memberikan aku support yang luar biasa besar nya ketika aku mulai ragu, gak percaya kemampuan atau worried too much.. semua nya karena kamu... aku bisa jalanin semua ini.. ❤️ pasti nanti di suatu waktu , aku akan bilang ke kamu.. Tuh, kita bisa kan? Hehehhehhe gak ada yg gak mungkin di jalanin klo semua support system kita ;kaya orang tua yg masih berdaya dan sehat, keluarga, juga Allah yg dengarkan doa kita.. Ini bakalan cape bgt as usual for both of us .. tp jgn jadikan hal yg kita perjuangin ini lewat gitu aja.. like you've always told me , everytime i feel afraid.. think of the bigger picture , be smart ❤️ Safe flight happy working , love you Too much

A post shared by Acha Septriasa (@septriasaacha) on

Wajahnya yang manis, karier gemilang membuat banyak pria jatuh hati pada jebolan Limkokwing University of Creative Technology, Malaysia itu. Namun yang beruntung mendapatkan Acha adalah Vicky Kharisma. Keduanya resmi menikah pada 11 Desember 2016.

Setelah sah, Acha memutuskan untuk hijrah ke Australia mengikuti sang suami yang bekerja di sana. Resmi pindah ke Negeri Kanguru, kariernya di dunia perfilman tidak padam. Berbagai judul film tetap ia bintangi.

Apalagi sang suami mendukung penuh kariernya. Baru saat Acha dikarunia momongan yang diberi nama Bridgia Kalina Kharisma, ia memutuskan rehat sejenak dari dunia yang sudah membesarkan namanya tersebut. Jiwanya sebagai seorang ibu lebih kuat memanggil.

Waktu dan tenaganya difokuskan untuk mengurus putri pertamanya mereka. Tetapi karena memang jiwa Acha di dunia seni peran juga tidak kalah besar, pertengahan 2019 dirinya kembali berakting lewat film 99 Nama Cinta.

Main Film hingga Bisnis Bareng Keluarga 

Selain disibukkan dengan kariernya di dunia perfilman, artis cantik ini rupanya juga berbisnis. Acha bersama keluarga besarnya mendirikan sebuah rumah makan yang diberi nama Ayam Tanjakan.

Sesuai dengan namanya, bisnis kuliner ini memang menyediakan sajian ayam kampung yang diracik bersama bumbu kuning yang gurih khas Tanjakan. Sejak dibuka tahun 2013 silam, warung yang berada di daerah Tebet ini laris didatangi pembeli.

Meski memiliki bisnis, tetapi bagi Acha, film adalah jalan hidupnya. Apalagi bayarannya sekali main film mencapai ratusan juta rupiah. Jika hingga saat ini saja sudah lebih dari 30 film yang ia bintangi, berarti sudah miliaran rupiah ia kantongi. Angka penghasilan tersebut belum termasuk menyanyi dan main di FTV atau sinetron lho.

Totalitas dalam Berkarya

Kesuksesan bukan diraih dari jalan pintas. Namun kerja keras dan totalitas dalam berkarier atau berkarya. Bersungguh-sungguh dalam menjalankan pekerjaan, pantang menyerah, maka usahamu akan membuahkan hasil. Semangat untuk menggapai mimpi dan cita-cita.

Baca Juga: 7 Selebgram Cilik Unyu-unyu Ini Sukses Bikin Netizen Kepincut. Mana Idolamu?