Ada Apa di Acara GIIAS? Ini Ulasannya

Perhelatan akbar pameran otomotif berkelas internasional, Gaikindo Indonesia International Auto Show) GIIAS 2019 sudah di buka. Event tahunan yang diadakan oleh Gaikindo ini tentunya sangat ditunggu-tunggu oleh para penggila otomotif. Namun, tidak hanya para mereka saja yang tertarik untuk datang, orang yang ingin mengenal dunia otomotif pun ramai datang ke sini.

GIIAS diselenggarakan mulai dari tanggal 18-28 Juli 2019, berlokasi di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD, Tangerang. Dibuka dari jam 10 pagi hingga 9 malam.

Harga tiket masuk dibanderol mulai dari Rp50.000 untuk hari Senin - Jumat dan Rp100.000 pada hari Sabtu - Minggu. Ada juga tiket masuk VIP  yang dijual seharga Rp200.000. 

Acara ini tentunya dimeriahkan oleh para Agen Pemilik Merk (APM) ternama yang akan mempromosikan produk-produk otomotif terbarunya. Selain itu terdapat berbagai hiburan menarik yang akan menambah keseruan di sana. Penasaran apa saja keseruan di GIIAS 2019? Simak ulasannya berikut:

1. Pertama di Dunia, Harga Honda ADV 150 di Bawah Rp40 Juta

honda adv 150
Honda ADV 150 via oto.com

Momen pameran mobil GIIAS 2019 makin spesial dengan hadirnya Honda ADV 150. Versi yang jauh lebih terjangkau dari X-ADV 750 ini menjadi pilihan baru di kelas motor skuter 150 cc. Launching produk terbaru oleh PT  Astra Honda Motor (AHM) ini menjadi pilihan baru di kelas motor skuter 150 cc. 

Beberapa fitur kerennya, membuat Honda ADV 150 sangat menggiurkan. Lampu LED di depan dan belakang. WIndshield yang bisa disesuaikan dengan mekanisme praktis. Kunci cangih nan pintar berbasis remot, mempermudah aksesibilitas dan keamanan. Yang paling keren, ada panel instrumen full digital dengan model terpisah.

Informasi pengendaraan disajikan di layar digital monokromatik, sementara status mekanis motor ditampilkan lewat lampu di panel tersendiri. Pendekatan unik ini juga digunakan oleh X-ADV. Soal harga, tak perlu khawatir kemahalan karena Presiden Direktur PT Astra Honda Motor, Toshiyuki Inuma, seperti dilansir dari oto.com mengungkapkan harganya tak akan lebih dari Rp 40 juta. 

2. Jendela Industri Otomotif Indonesia

GIIAS 2019
Pemeran mobil di GIIAS 2019 via oto.com

Banyak mobil yang dipamerkan menjadi daya tarik tersendiri untuk pengunjung. GIIAS jadi jendela industri otomotif Indonesia. Tahun ini GIIAS mengusung tema Future In Motion, ada 100 produk launching, 6 world premiere, 40 konsep car. Pameran otomotif ke-27 dari Gaikindo itu diikuti 27 peserta agen pemegang merek dari industri otomotif roda empat. Terdiri dari 20 merek kendaraan penumpang, 10 merek kendaraan niaga dan 3 industri karoseri bus.

Event ini juga diikuti 12 merek sepeda motor, serta total lebih dari 300 industri pendukung. Anda tentu penasaran, bagaimana rupa mobil-mobil tipe baru yang akan meramaikan jalanan. Belum lagi berbagai mobil mewah juga dipamerkan di sini, berbeda dengan melihat mobil biasa dipajang di showroom mobil.

Lebih lanjut, ada 25 merek kendaraan penumpang dan komersial yang hadir di GIIAS 2019. Merek-merek kendaraan seperti Audi, BMW, Daihatsu, Datsun, DFSK, Honda dan Hyundai, Isuzu, Lexus, Mazda, Mercedes-Benz, MINI, Mitsubishi Motors, Nissan, Renault, Suzuki, Toyota, VW, dan Wuling. Lalu, ada juga merek-merek kendaraan komersial seperti FAW, Hino, Isuzu, Mitsubishi Fuso, Tata Motors, dan UD Trucks. Merek sepeda motor yang turut serta yaitu Benelli, Harley-Davidson, Honda, Kawasaki, Kymco, KTM, Nozomi, Piaggio, Suzuki, Vespa, dan Viar. 

3. Ada Test Ride Motor 

Makin seru lagi, di GIIAS 2019 Anda tak cuma melihat-lihat pameran saja tetapi juga bisa mencoba dan merasakan experience mengendarai motor. Ada unit test ride bagi pengunjung yang datang ke ICE di BSD City. Area test ride ada di loading dock, tepatnya di Hall 8-9 ICE. Daftar motor yang bisa dicoba atau test ride yaitu : Kymco, Kawasaki, KTM, Eggo Bike, Viar, Suzuki, sampai Harley-Davidson. 

4. Pameran Mobil Listrik yang Bisa Dicharge di Rumah

mobil listri
Pameran mobil listri di GIIAS 2019 via oto.com

Salah satu peserta pameran GIIAS 2019, DFSK siap memamerkan produk baru dan konsep yang dipastikan ada mobil listrik yang turut melantai. Mobil listrik ini bisa di charge di rumah ini saat ini masih berupa konsep, belum dipasarkan karena masih belum jelas regulasi soal mobil listrik di Indonesia.

Tapi Anda bisa melihat langsung tampilan mobil listrik ini karena DFSK siap memamerkan kendaraan yang tipe elektrik sepenuhnya. Tipe-nya plug-in EV, kendaraan listrik yang sudah dilengkapi satu konverter yang bisa langsung dicolok di rumah. Model SUV, Glory E3, desain minimalis. Dimensinya juga lebih ringkas dan ground clearance tinggi, 180 mm yang cukup untuk melibas berbagai medan jalan tak ramah. Belum jelas soal figur performa. Ekspektasinya memakai motor dengan tenaga puncak 163 PS dan kecepatan maksimal 155 km/jam. Daya jelajahnya diklaim bisa menempuh hingga 400 km dalam sekali pengisian penuh baterai.

Dilansir dari oto.com dalam event GIIAS 2019, General Manager Marketing Sokonindo Automobile Permata Islam mengungkapkan di Cina mobil listrik sudah cukup lama beredar. Sudah menjadi segmen yang meningkat. Mereka mulai beralih ke mobil listrik yang ramah lingkungan, efisien dan sudah bisa men-charge di rumah. Di Indonesia kapan ya? penasaran? datang aja ke GIIAS 2019!

5. Ajang Fotografi

GIIAS 2019
Fotografi Tema Otomotif via oto.com

Selain untuk melihat-lihat mobil, datang ke acara GIIAS juga bisa sekalian jadi ajang Fotografi. Mengapa? Karena di GIIAS terdapat banyak mobil dan dekorasi dari booth APM yang bisa dijadikan objek fotografi. Belum lagi ada banyak mobil mewah berdesain cantik yang dipamerkan. Jadilah GIIAS sebagai ajang fotografi dengan tema otomotif.

Oleh sebab itu, Anda yang memiliki hobi fotografi, disarankan untu datang ke event GIIAS cocok untuk hunting foto. Jangan lupa membawa baterai cadangan kamera jika berniat mengambil foto, karena Anda akan ketagihan memotret mobil-mobil dengan desain ciamik.

6. Trasportasi Gratis

Lokasi diselenggarakannya acara GIIAS jauh dari tempat tinggal Anda? Tidak perlu cemas, GIIAS menyediakan transportasi gratis bagi para pengunjung untuk sampai ke ICE BSD. Terdapat 5 lokasi titik antar-jemput yang disediakan GIIAS. Jemputan ini ada setiap 30 menit, selama acara ini berlansung.

  • AEON Mall BSD City
  • The Breeze BSD City
  • QBig BSD City
  • Edutown 2
  • Pasar Modern Intermoda Cisauk

Cara ke lokasi GIIAS:

- Pengguna MRT bisa naik dari stasiun manapun menuju ke Stasiun Lebak Bulus lalu lanjut mengunakan free Shuttle Bus di Transmart Carrefour Lebak Bulus.

- Pengguna KRL Commuter Line bisa turun di Stasiun Rawa Buntu atau Stasiun  Cisauk lalu lanjut menggunakan layanan bus shuttle gratis menuju ICE BSD City.

7. Fasilitas Publik Lengkap

GIIAS bsd Bus via Cermati.com

Selain menyediakan transportasi gratis, GIIAS juga memiliki fasilitas publik lengkap untuk memanjakan pengunjungnya. Fasilitas tersebut meliputi, tempat penjualan makanan dan minuman, smoking area, mushola, ambulans dan ruang medis,

Selain itu, terdapat business center, premium cafe, Auto Playground, nursery room (untuk yang membawa anak), pool taksi, internet, meeting room, charging corner, stroller & wheelchair, press room, dan courier service. Jadi jangan ragu untuk datang.

Ayo datang Ke GIIAS!

Bagaimana? Tertarik datang ke GIIAS 2019? Ayo segera kosongkan jadwal Anda antara tanggal 18-28 Juli untuk menyaksikan pameran otomotif berkelas internasional tahun ini. Acaranya sangat menarik dan banyak informasi terkait dunia otomotif yang bisa didapatkan.