Ada Kereta Api Baru! Ini Jadwal Terbaru Kereta Api per 1 Desember 2019

‘Jug gicak gicuk gicak gicuk kereta berangkat, jug gicak gicuk gicak gicuk hatiku gembira’. Potongan lagu Kereta Malam yang dinyanyikan Elvy Sukaesih ini menjadi gambaran bagi sebagian besar orang bahwa dengan menggunakan kereta api saat bepergian, baik itu dinas kerja, travelling atau pulang ke kampung halaman memiliki kesenangan tersendiri.

Selain harga tiketnya yang sangat terjangkau bagi semua kalangan dan jarak tempuh perjalanan yang begitu cepat, penumpang kereta api juga bisa melihat pemandangan dari kanan dan kiri. Ini tentunya tak membuat perjalanan menjadi bosan.

Rasa gembira tersebut akan bertambah lagi tentunya dengan hadirnya empat Kereta Api (KA) baru di penghujung tahun ini. Hal ini telah diumumkan langsung oleh PT. Kereta Api Indonesia (KAI) dalam siaran pers yang diposting di laman resminya pada akhir Oktober kemarin.

Karena hadirnya kereta api baru itu, maka KAI menambah frekuensi atau jumlah keberangkatan kereta api ke beberapa tujuan. Simak ulasan informasi lengkapnya berikut ini yang telah Cermati.com rangkum dari kai.id dan berbagai sumber lainnya.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

4 KA Terbaru

kereta api
Kereta Api via monitor.co.id

Melansir dari travel.tribunnews.com, berikut empat KA baru lengkap dengan relasi, jadwal keberangkatan hingga harga tiketnya yang mulai beroperasi pada 1 Desember 2019.

1. Anjasmoro Ekspres

  • Relasi: Jombang - Yogyakarta - Pasar Senen (pergi pulang)
  • Jadwal keberangkatan: pukul 21.40 WIB (Jombang) dan pukul 05.25 WIB (Pasar Senen)
  • Harga tiket: Rp270 ribu – Rp380 ribu

2. Dharmawangsa Ekspres

  • Relasi: Surabaya Pasar Turi - Pasar Senen (pergi pulang)
  • Jadwal keberangkatan: pukul 22.35 WIB (Surabaya Pasar Turi) dan 08.25 WIB (Pasar Senen)
  • Harga tiket: Rp160 ribu – Rp410 ribu

3. Sancaka Utara

  • Relasi: Surabaya Pasar Turi - Gambringan - Solo Balapan - Kutoarjo (pergi pulang)
  • Jadwal keberangkatan: pukul 07.00 WIB (Surabaya Pasar Turi) dan pukul 17.15 WIB (Kutuarjo)
  • Harga tiket: mulai Rp190 ribu

4. Argo Cheribon

  • Relasi: Pemalang - Gambir dan Tegal – Pemalang
  • Jadwal keberangkatan: 05.20 WIB (Tegal) dan 06.35 WIB (Pemalang)
  • Harga tiket: Rp50 ribu (Tegal-Pemalang) dan Rp180 ribu – Rp240 ribu (Pemalang)

Baca Juga: Manggarai Jadi Stasiun Sentral pada 2021, Lihat Penampakannya Kini

Pengaruh Jadwal dan Jarak Tempuh Terhadap KA Lain

View this post on Instagram

A post shared by Kereta Api Kita (@keretaapikita) on

Dengan adanya penambahan KA baru, tentunya membuat jadwal keberangkatan dan waktu tempuh KA lainnya ikut berubah, sebab semua perjalanan KA saling berkaitan.

Perubahan Jadwal KA

  • KA Senja Utama Solo dari Pasar Senen ke Solo Balapan, yang semula berangkat pukul 22.00 WIB, mulai 1 Desember 2019 akan menjadi KA Fajar Utama Solo yang berangkat pada 05.50 WIB atau lebih awal 16 jam 10 menit.
  • KA Argo Bromo Anggrek dari Gambir ke Surabaya Pasarturi, yang semula berangkat pada pukul 09.30 WIB, mulai 1 Desember 2019 akan berangkat pada 08.15 WIB atau lebih awal 75 menit.
  • KA Matarmaja dari Malang ke Pasar Senen, yang semula berangkat pada pukul 17.30 WIB, mulai 1 Desember 2019 akan berangkat pada 09.00 WIB atau lebih awal 8 jam 30 menit.
  • KA Kahuripan dari Bandung Kiaracondong ke Blitar, yang semula berangkat pada pukul 18.10 WIB, mulai 1 Desember 2019 akan berangkat pada 23.15 WIB atau lebih akhir 4 jam 5 menit.

Perubahan Waktu Tempuh KA

  • KA Brantas relasi Blitar ke Pasar Senen akan mengalami pengurangan waktu tempuh sebesar 54 menit dari sebelumnya 15 jam 4 menit menjadi 14 jam 10 menit.
  • KA Pasundan relasi Bandung Kiaracondong ke Surabaya Gubeng akan mengalami pengurangan waktu tempuh sebesar 82 menit dari sebelumnya 16 jam 7 menit menjadi 14 jam 45 menit.
  • KA Singasari relasi Blitar ke Pasar Senen akan mengalami pengurangan waktu tempuh sebesar 45 menit dari sebelumnya 15 jam 55 menit menjadi 15 jam 10 menit.

Baca Juga: Intip Fakta dan Jeroan Kereta Cepat Jakarta-Bandung yang Ciamik Banget

Adanya Perpanjangan Relasi KA

  • KA Argo Wilis dan Turangga sebelumnya Surabaya Gubeng - Bandung (pergi pulang) kini menjadi Surabaya Gubeng - Bandung – Gambir (pergi pulang)
  • KA Mutiara Selatan sebelumnya Malang - Surabaya Gubeng - Bandung (pergi pulang) kini menjadi Malang - Surabaya Gubeng - Bandung - Gambir (pergi pulang)
  • KA Malabar sebelumnya Malang – Bandung pp kini menjadi Malang – Bandung – Pasar Senen (pergi pulang)

Pengaturan Jadwal KA Berdasarkan Gapeka 2019

Adanya penambahan KA baru hingga perubahan jadwal ini berdasarkan Grafik Perjalanan KA (Gapeka) 2019 yang telah ditetapkan melalui Keputusan Menteri Perhubungan nomor KP 1781 Tahun 2019 tentang Penetapan Grafik Perjalanan KA Tahun 2019 PT KAI (Persero).

Dilansir dari kai.id, Edi Sukmoro, Direktur Utama KAI mengungkapkan penetapan Gapeka yang sekarang ini untuk menggantikan Gapeka 2017. Tujunnya untuk memenuhi aspirasi dan kebutuhan pelanggan akan layanan KA yang bisa diandalkan bagi semua orang yang memilih KA sebagai transportasi favorit.

Perlu diketahui, Gapeka merupakan pedoman pengaturan pelaksanaan perjalanan kereta api yang digambarkan dalam bentuk garis yang menunjukkan stasiun, waktu, jarak, kecepatan, dan posisi perjalanan kereta api mulai dari berangkat, berhenti, datang, bersilang, dan penyusulan, yang digambarkan secara grafis untuk pengendalian perjalanan kereta api.

Cek Kembali Jadwal KA dengan Teliti

Punya rencana liburan di akhir tahun menggunakan KA memang saatnya yang tepat bila memesan tiketnya mulai dari sekarang agar tidak kehabisan. Tapi mengingat adanya KA baru dan perubahan lainnya, sebaiknya cek kembali jadwal keberangkatannya dengan teliti. Jangan sampai salah jadwal, kereta api dan lainnya yang membuat rencana liburan jadi berantakan.

Baca Juga: Hore! Rel Kereta Mati Dibuka Lagi, Destinasi Wisata ini Mudah Dijangkau