Agar Bisnis Lancar, Ini Cara Kerja Sama dengan 'Influencer'

Brand-brand ternama kini mulai memperhitungkan jasa model dalam mengampanyekan produk-produknya. Selain mahal, mekanisme kerja sama juga sulit karena padatnya aktivitas sang model.

Guna mengurangi biaya, pemilik merek atau produk sering menggunakan jasa influencer untuk berpromosi. Jadi tidak heran jika pekerjaan sebagai influencer menjamur beberapa tahun terakhir. Selain berkesempatan mendapat produk secara cuma-cuma, influencer juga berhak mengikut berbagai acara yang diselenggarakan oleh brand produk tertentu tersebut.

Sebagai seorang pebisnis, Anda perlu lebih cermat dalam memilih influencer demi mendobrak angka penjualan. Pastikan Anda memilih influencer yang berkualitas dan bisa menepati janjinya, sehingga tanpa diperingatkan sekalipun, ia bisa melakukan tugas secara tepat waktu.

Dengan demikian, kegiatan pemasaran dapat berjalan efektif dan efisien demi meningkatkan angka penjualan produk kepada konsumen. Berikut beberapa hal yang tidak boleh luput dari pertimbangan Anda sebelum bekerja sama dengan influencer agar bisnis Anda lancar.

1. Memerhatikan Popularitas 'Influencer'

Setiap influencer tentu memiliki tingkat popularitas berbeda-beda, tergantung bidang yang ditonjolkan. Ada yang populer di bidang fashion, mekap, travelling, maupun kuliner.

Pilih salah satu influencer yang sesuai dengan jenis bisnis Anda. Jika bisnis Anda bergerak di bidang fashion, maka pilihlah influencer yang memang sering mengunggah atau ikonik dengan dunia fashion.

Begitu juga bila produk Anda ternyata bidang kuliner, maka cari influencer yang sejalur dengan bisnis Anda. Sebab, pengikut para influencer tersebut tentunya orang-orang yang memerhatikan atau memang hobi akan hal-hal yang menjadi ciri khas si influencer tersebut.

Jika orang tersebut suka makanan, biasanya akan memfollow (mengikuti) influencer yang selalu mengunggah seputar kuliner.