‘Alamat Palsu’ Jadikan Ayu Ting Ting Artis Sukses, Ini Kisah Perjalanannya

Setiap orang pasti punya mimpi atau cita-cita, baik itu menjadi pengusaha sukses, dokter, model atau bahkan penyanyi. Apapun impian tersebut tentunya tidak bisa diraih dengan cara yang instan. Seseorang perlu berjuang, mengalami jatuh bangun, dan bekerja keras terlebih dahulu untuk menggapai impian tersebut. Ini jugalah yang dilakukan penyanyi dangdut cantik, Ayu Ting Ting.

Awalnya, Ayu Ting Ting rela bernyanyi dari panggung ke panggung dengan bayaran ratusan ribu rupiah. Namun berkat kegigihannya yang pantang menyerah, kini Ayu Ting Ting termasuk penyanyi dangdut yang dibayar mahal. Tak tanggung-tanggung, untuk sekali manggungnya saja Ayu Ting Ting bisa dibayar mulai dari Rp100 juta hingga Rp300 juta.

Lalu bagaimana kisah perjalanan Ayu Ting Ting hingga menjadi penyanyi yang sukses? Berikut ulasannya yang telah dirangkum Cermati.com dari berbagai sumber.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Melejit Karena Alamat Palsu

View this post on Instagram

A post shared by Ayu Tingting (@ayutingting92) on

Jika menengok ke belakang, Awal karir wanita pemilik nama asli Ayu Rosmalina ini dimulai saat usianya masih 14 tahun. Di usianya yang masih belia, ia menjual suaranya dari panggung ke panggung dengan bayaran yang murah. Untuk sekali manggung, wanita kelahiran 20 Juni 1992 itu rela dibayar Rp250 ribu ditambah lagi uang saweran sebagai bonus penghasilannya.

Hingga pada akhirnya, kegigihannya tersebut membuahkan hasil, yaitu pada 2006 Ayu berhasil masuk dapur rekaman. Di tahun berikutnya Ayu mengeluarkan satu album bertajuk Geol Ajeb Ajeb. Tapi sayangnya, nama Ayu Ting Ting tidak langsung dikenal ke publik. Justru ia baru dikenal masyarakat Indonesia pada tahun 2011 dengan lagu Alamat Palsu yang sudah dinyanyikannya sejak lama. Lagu tersebut tiba-tiba saja meledak di pasaran saat diunggah ke Youtube dan namanya pun melejit bak roket. Kehadirannya kala itu seolah menjadi obat bagi para penggemar dangdut.

Awal kemunculannya di layar kaca, dimanfaatkan Ayu Ting Ting dengan memberikan penampilan yang maksimal untuk menarik perhatian masyarakat, salah satunya memasukan unsur yang sedang tren, seperti unsur K-Pop dan Bollywood di setiap video klip yang digarapnya. Hal ini tentunya membuat manajemen yang menaungi Ayu Ting Ting berhasil menggaet penggemar K-Pop dan Bollywood untuk tertarik dengan Ayu Ting-Ting.

Sejak kemunculannya, sudah banyak album yang dirilisnya, di antaranya empat album studio dan tiga album kompilasi bersama penyanyi lain. Kabar teranyar baru-baru ini, Ayu tengah menggaet produser musik asal Turki untuk proyek terbarunya.

Kisah Cinta Tak Semulus Karir

View this post on Instagram

A post shared by Ayu Tingting (@ayutingting92) on

Memiliki karier yang terbilang cukup mulus, kisah cinta Ayu Ting Ting justru memiliki jalan lebih berliku. Tidak lama setelah kemunculannya, Ayu justru memilih untuk menikah secara tiba-tiba dan digelar secara tertutup dengan Hendri B. Hendarso alias Enji pada 4 Juli 2013. Ini tentunya membuat tak sedikit masyarakat yang curiga kalau Ayu hamil di luar nikah.

Tak seperti pasangan suami istri pada umumnya yang selalu menjalani hidupnya bersama-sama. Saat waktu kelahiran anaknya tiba, Ayu menjalankan proses melahirkannya seorang diri tanpa didampingi sang suami dan hanya keluarga saja yang menemani. Rupanya Enji sudah lama tidak tinggal serumah lagi hingga pada akhirnya hubungan yang baru dibina seumur jagung harus kandas dan pada April 2014, Ayu yang saat itu masih berusia 22 tahun resmi menyandang status janda beranak satu.

Meski begitu, pesona Ayu Ting Ting sepertinya tidak menurun justru semakin menguat. Banyak artis dan penyanyi santer dikabarkan dekat dengannya, seperti Tarra Budiman, Husein Alatas, Andi Arsyil hingga ada juga seorang PNS yang sempat digosipkan sebagai kekasih pelantun lagu Geboy Mujaer ini. Selain mereka, artis asal India Shaheer Sheikh juga pernah mengisi hati Ayu. Kedekatan mereka banyak diekspos oleh media. Namun hubungan keduanya harus berakhir di tengah jalan.

Nama Ivan Gunawan dan Raffi Ahmad juga menjadi yang paling sering dikaitkan dengan Ayu. Ivan yang merupakan seorang desainer kenamaan juga sering pamer kemesraan di media sosial. Bahkan ketika di depan kamera keduanya juga tampak begitu dekat. Sementara suami Nagita ini memang kerap tampil begitu mesra saat berada di depan layar kaca di sebuah acara. Kedekatan mereka membuat banyak warganet yang menghujat keduanya. Namun, keduanya membantah hujatan tersebut kalau tidak ada hubungan spesial dan hanya sekadar sahabat.

Baca Juga: Kisah Ariel Noah dan Popularitasnya yang Tidak Pernah Pudar

Mendulang Banyak Penghargaan

View this post on Instagram

A post shared by Ayu Tingting (@ayutingting92) on

Sejak kemunculannya pada 2011, anak pertama pasangan Abdul Rozak dan Umi Kalsum ini sudah meraih beberapa penghargaan. Kemunculannya yang terbilang fenomenal membuatnya mendapatkan penghargaan Klik! Awards yang diadakan sebuah stasiun tv swasta sebagai Artis Penyanyi Fenomenal Terbaik.

Pada 2013, Ayu juga meraih penghargaan 100% Ampuh Awards dengan kategori 100 % Goyang. Lewat lagu Sik Asik, mantan istri Enji itu juga berhasil mendapat penghargaan Anugerah Musik Indonesia sebagai Penyanyi Solo Wanita Dangdut Kontemporer Terbaik di tahun yang sama.

Tahun berikutnya, lewat lagu Geregetan Ayu juga kembali menyabet gelar yang sama. Namun di tahun 2015, dia hanya sebagai nominasi. Tapi tak berhenti disitu saja, penghargaan Anugerah Dangdut Indonesia di tiga kategori berhasil diraihnya.

Tahun 2016 Ayu kembali berhasil meraih penghargaan Anugerah Musik Indonesia dalam kategori Album Dangdut Kontemporer/Dangdut Terbaik lewat album Best of Ayu Ting Ting.

Baca Juga: Lucinta Luna Makin Tajir, Ini Koleksi Barang Mahal Miliknya

Kekayaannya Tidak Hanya dari Honor Nyanyi

View this post on Instagram

A post shared by Ayu Tingting (@ayutingting92) on

Nyanyi tidak lagi menjadi satu-satunya sumber penghasilan Ayu. Seiring dengan semakin terkenalnya Ayu Ting Ting di dunia hiburan, pundi-pundi kekayaan semakin melimpah dari banyak sumber. Tidak heran jika barang-barang yang dimilikinya selalu berharga mahal. Bahkan kabarnya, vila mewah yang dimilikinya di daerah Puncak, Jawa Barat memiliki harga Rp 7 miliar.

Berikut sumber penghasilan Ayu yang membuat dirinya semakin kaya:

1. Bermain Film dan Sinetron

Sadar namanya menjadi salah satu bintang hiburan tanah air, Ayu pun melebarkan sayapnya di dunia perfilman dan sinetron. Setidaknya dua judul sinetron dan satu film layar lebar sudah dibintangi oleh ibu satu anak ini. Bayarannya tentu tidak murah. Konon katanya, untuk bermain di film layar lebar Ayu mendapat bayaran mencapai ratusan juta rupiah.

2. Tampil dalam Berbagai Acara TV

Berkat bawaannya yang juga humoris, Ayu Ting Ting juga banyak wira-wiri di layar kaca. Berbagai acara televisi pun dia bintangi, bahkan beberapa diantaranya merupakan program rutin yang tayang setiap hari. Untuk sekali tampil, dikabarkan kalau anak sulung dua bersaudara ini dibayar Rp 5 juta hingga Rp 10 juta.

3. Iklan dan Endorse

Dunia periklanan pun tidak luput memanfaatkan ketenaran Ayu untuk menarik konsumen. Tercatat berbagai produk pernah memakai jasanya sebagai bintang iklan mulai dari makanan dan minuman, produk kecantikan hingga ponsel.

Selain iklan, Ayu juga dikenal sebagai ratu endorse di Instagram. Sekali memakai jasanya untuk promosi, pemilik produk harus merogoh kocek Rp10 juta untuk foto dan Rp17 juta untuk video. Selama dua minggu unggahan produk tersebut akan bertengger di akun Instagramnya.

4. Bisnis

Memiliki banyak pundi-pundi membuat Ayu juga mengolah uangnya kembali ke dunia bisnis. Berbagai jenis bisnis pun sudah berhasil dia dirikan. Beberapa bisnis miliknya, antara lain clothing line, kue kekinian, produk kecantikan hingga kuliner.

Raih Kesuksesan Lewat Karya Seni

Sukses bukan hanya menjadi bos di kantor saja, tapi sukses juga bisa diraih lewat karya seni. Seperti halnya Ayu Ting Ting yang berjuang untuk menjadi penyanyi dangdut yang tak hanya terkenal tapi juga kaya raya. Kamu yang masih muda tentunya juga bisa meraih kesuksesan seperti Ayu. Manfaatkan waktu semaksimal mungkin dengan menghasilkan karya yang terbaik. Dengan adanya tekad yang bulat, pantang menyerah, motivasi untuk berkarya, serta mengasah kreativitas menjadi modal utama yang harus dimiliki.

Baca Juga: Kisah Sukses Raline Shah, Wanita Cerdas yang Tak Mengandalkan Kekayaan Keluarganya