Alasan Kuno Seseorang Ragu Gunakan Kartu Kredit, Ini Cara Mengatasinya

Di zaman yang semakin canggih, tentunya segala sesuatu hal akan mengikuti perkembangannya termasuk dalam melakukan transaksi. Buktinya, saat ini sudah banyak yang melakukan transaksi dengan menggunakan kartu sebagai pengganti uang tunai, diantaranya kartu debit dan kredit.

Tidak dapat kita pungkiri bahwa sebagian besar orang memilih menggunakan kartu debit dibandingkan menggunakan kartu kredit. Padahal banyak kelebihan atau keuntungan yang bisa didapatkan jika Anda menggunakan kartu kredit setiap melakukan transaksi.

Selain alat transaksi yang praktis dan nyaman, kartu kredit juga berfungsi menjadi penyelamat Anda saat berbelanja dengan cara pembayaran cicilan, dan yang membuat lebih untung lagi ada berbagai keuntungan tambahan seperti adanya poin, cashback, diskon, promo dan sebagainya.

Dengan begitu, tentunya akan membuat Anda lebih mudah, bahkan bisa hemat dalam berbelanja. Lalu kenapa masih banyak orang yang masih ragu untuk memiliki dan menggunakan kartu kredit?

Meski kartu kredit sudah menjadi kartu pembayaran non tunai yang cukup populer tetapi bagi sebagian orang masih ragu menggunakan kartu kredit. Berikut beberapa alasan kuno keragu-raguan orang memiliki dan menggunakan kartu kredit. Apakah Anda termasuk orangnya?

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Kartu Kredit dianggap Hutang

hutang

Kartu kredit merupakan alat pembayaran pengganti uang tunai, namun sistemnya pihak bank hanya meminjamkan konsumen uang dan harus dikembalikan dalam bentuk tagihan. Nah, itulah yang menjadikan orang tidak mau menggunakan kartu kredit karena takut tidak bisa membayar tagihan sehingga menimbulkan hutang yang membuat sengsara. Padahal, kartu kredit bisa membantu meringankan beban Anda saat membeli suatu barang yang harganya mahal dalam satu kali transaksi. Artinya, kartu kredit bermanfaat untuk menjadi hutang yang positif asalkan Anda tidak berhutang di atas batas kemampuan Anda membayar.

2. Memiliki Bunga Tinggi

persen
Suku Bunga Tinggi

Menyoal kartu kredit memiliki suku bunga yang tinggi, ketentuan bunga yang berlaku sesuai Bank Indonesia atau BI saja 2,25% dari total tagihan. Artinya, apabila Anda tidak melakukan pembayaran penuh atau lewat dari tanggal yang sudah ditentukan, Anda bisa dikenai denda sesuai dengan yang berlaku. Hal ini tentunya berpotensi membuat tagihan kartu kredit melambung tinggi. Jadi ketika Anda menggunakan kartu kredit, Anda harus sadar untuk selalu membayar tagihan tepat waktu.

3. Hidup Jadi Boros

boros
Hidup Boros 

Kartu kredit hanya sebagai alat transaksi pengganti uang tunai. Istimewanya ada pada pengembalian uang yang dipinjamkan oleh pihak bank bisa dilakukan secara tertunda berupa tagihan setiap bulannya.

Nah, pemborosan merupakan sifat yang ada pada diri seseorang, bukan karena adanya kartu kredit yang membuat hidup Anda menjadi boros. Jadi, boros atau tidaknya dalam penggunaan kartu kredit tergantung pada diri mengontrol keuangan serta pemakaian kartu kredit.

4. Jadi Ketergantungan

kartu
Ketergantungan Menggunakan Kartu Kredit

Cara penggunaan kartu kredit yang sangat mudah dapat membuat candu penggunanya. Tinggal gesek, Anda sudah bisa membawa pulang barang belanjaan.

Sebagai buktinya adalah ketika Anda tidak memiliki uang tapi pengin membeli barang yang ditaksir, pastinya Anda akan gunakan kartu kredit sebagai dewa penolong. Dan itu akan Anda lakukan secara terus menerus.

Pola perilaku yang seperti itulah yang merubah pemikiran Anda menjadi mengandalkan kartu kredit dalam memenuhi segala sesuatu yang diinginkan.

5. Takut dengan Debt Collector

dc
Takut Debt Collector

Debt Collector adalah penagih hutang. Hampir seluruh bank menggunakan jasa ini untuk menagih ke customer bagi yang memiliki hutang kepada bank.

Artinya, debt collector akan datang langsung ke rumah customer untuk menagih pembayaran tagihan kartu kredit yang tersendat atau yang tidak dibayarkan. Hal tersebut menjadi salah satu alasan yang paling ditakuti bagi sebagian orang untuk memiliki kartu kredit bagi sebagian orang.

Baca Juga: Gunakan Kartu Kredit Ketimbang Uang Tunai

Cara Penggunaan Kartu Kredit yang Benar

Bagi Anda yang memiliki pemikiran buruk tentang kartu kredit, sebaiknya ubah dan rasakan kenikmatan dalam menggunakan kartu kredit. Berikut cara mengatasi agar keraguan untuk memiliki kartu kredit hilang.

1. Hilangkan Gaya Hidup Mewah

mewah
Hilangkan Gaya Hidup Mewah

Terbiasa dengan gaya hidup mewah tentunya akan berdampak buruk bagi para pengguna kartu kredit. Jika pengguna secara terus menerus membeli barang atau produk brandid dengan harga yang sangat mahal. Tentunya akan menimbulkan resiko bagi pengguna, yaitu kartu kredit yang digunakan bisa jadi over limit atau tagihan yang membengkak.

Nah, sebaiknya mulailah untuk hidup sederhana dan bisa lebih cerdas dalam membandingkan barang atau produk. Misal, kalau Anda ingin membeli tas dan ada dua pilihan yang berbeda merek, dan harga tapi kualitasnya sama. Sebaiknya pilihlah tas yang memiliki harga lebih murah, toh kualitasnya juga sama.

2. Jangan Boros

belanja
Jangan Boros

Tidak dapat dipungkiri, kalau Anda berkunjung ke pusat perbelanjaan pasti banyak yang akan dibeli. Padahal belum tentu barang atau produk yang Anda beli akan dipakai. Hindari sifat yang seperti ini karena akan merugikan diri sendiri. Belajarlah untuk membeli barang atau produk sesuai dengan kebutuhan atau yang menjadi prioritas Anda.

3. Batasi Memiliki Kartu Kredit

kartu kredit (2)
Batasi Jumlah Kartu Kredit

Memiliki banyak kartu kredit tentunya akan membuat Anda semakin boros atau berlebihan dalam menggunakannya sehingga akan menimbulkan menumpuknya tagihan. Maka, batasi jumlah kartu kredit yang Anda miliki sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda dalam membayar tagihan di setiap bulannya.

Baca Juga: 10 Cara Benar Menggunakan Kartu Kredit

4. Hindari Tarik Tunai dengan Kartu Kredit

atm
Jangan Tarik Tunai dengan Kartu Kredit

Uang yang Anda ambil dengan menggunakan kartu debit atau kartu kredit tidaklah sama. Jika Anda melakukan tarik tunai dengan kartu debit tentunya tidak akan ada masalah, karena uang tersebut berasal dari tabungan sendiri.

Tapi, melakukan tarik tunai dengan kartu kredit akan menimbulkan hutang, karena Anda akan dikenakan bunga sekian persen dari nominal uang yang Anda ambil. Jika Anda sering melakukan ini, maka semakin besar beban tagihan yang harus Anda lunasi.

5. Bayar Tagihan Tepat Waktu

bayar tagihan
Tepat Waktu dalam Pembayaran Tagihan

Jangan menunda-nunda pembayaran tagihan kartu kredit, karena hal tersebut akan menimbulkan denda yang harus Anda bayar. Jika Anda terlalu sering menunda dalam pebayaran dan perilaku tersebut tidak diperbaiki, penggunaan kartu kredit bukannya untung malah buntung karena denda yang tinggi pada tagihan kartu kredit.

Belajarlah memperbaiki diri untuk tepat waktu atau disiplin, seperti mulai dari yang sederhana. Misal tidak terlambat datang ke kantor, makan siang tepat waktu dan sebagainya. Hal tersebut akan membantu Anda untuk memperbaiki pola perilaku Anda termasuk dalam permbayaran tagihan.

6. Manfaatkan Adanya Diskon dan Promo

sale
Manfaatkan Potongan Harga

Setiap gerai di pusat perbelanjaan pasti akan mengadakan promo atau diskon pada barang atau produk yang mereka jual. Tentunya setiap gerai juga memiliki ketentuan tertentu, yaitu promo atau diskon yang diadakan akan berlaku bagi yang melakukan transaski dengan menggunakan kartu kredit.

Nah, Anda bisa memanfaat promo atau diskon tersebut untuk pembelian barang kebutuhan. Namun, Anda juga harus bisa mengontrol diri agar tidak berlebihan dalam berbelanja.

Gunakan Kartu Kredit dengan Bijak

Semua balik lagi pada diri Anda masing-masing dalam menanggapi soal kartu kredit. Jika Anda tidak bisa mengendalikan diri Anda dalam menggunakan kartu kredit, tentunya adanya resiko yang akan Anda terima.

Begitu juga sebaliknya, kalau Anda tahu cara yang baik dan benar dalam menggunakan kartu kredit, maka tidak ada lagi alasan ragu atau takut untuk memiliki kartu kredit. Sebaiknya, gunakan kartu kredit sesuai dengan kebutuhan prioritas Anda. Dengan begitu, Anda akan menikmati keuntungan dari penggunaan kartu kredit.

Baca Juga: Panduan Mengajukan Aplikasi Kartu Kredit Melalui Cermati.com