Inilah Manfaat yang Bisa Diperoleh dari Membangun Relasi

Pada masa-masa seperti ini, pintar saja tidaklah cukup untuk meraih kesuksesan. Membangun relasi yang baik dengan orang-orang adalah hal yang paling utama bagi mereka yang ingin membangun masa depannya. Hal tersebut berlaku bagi Anda yang ingin menjadi karyawan ataupun pengusaha. Anda bisa melihat bagaimana nasib orang yang pintar dari sisi akademis, tetapi minim relasi dibandingkan orang yang biasa saja dari sisi akademis, tetapi banyak relasi.

Itu adalah salah satu contoh kecil dari manfaat memiliki relasi yang bisa Anda peroleh. Relasi tidak hanya bisa didapatkan dari komunitas saja, tetapi dari lingkungan sekitar pun Anda bisa mendapatkannya. Lalu, apa saja manfaat dari memiliki relasi tersebut?

Baca Juga: Cara Memotivasi Diri untuk Karir yang Lebih Baik

1. Dengan Relasi yang Tepat, Sejumlah Keinginan Bisa Tercapai.

Menjalin Relasi via sandiegobizlaw.com

 

Setiap manusia yang hidup di dunia ini tentunya memiliki keinginan untuk bisa sukses dan mapan secara finansial. Hal tersebut bisa Anda capai dengan mudah apabila dari awal sudah menjalin relasi dengan orang-orang yang tepat. Artinya, orang tersebut memiliki sesuatu yang bisa membantu Anda untuk mencapai kesuksesan. Sebagai contoh, seorang marketing yang jeli mencari peluang tentunya bisa memanfaatkan relasinya untuk menawarkan barang/jasa yang dijualnya. Hal itu adalah contoh kecil manfaat yang bisa dirasakan dari memiliki relasi.

2. Relasi Bisa Membuat Anda Terbebas Dari Masalah.

Percaya atau tidak, jika memiliki relasi yang erat dengan seseorang, Anda pun bisa terbebas dari masalah, semisal masalah keuangan. Mengingat jalinan yang baik Anda dengannya, tak menutup kemungkinan relasi Anda dengan senang hati meminjamkan uang sebagai bantuan. Atau ketika sedang membutuhkan pekerjaan, Anda bisa mendapatkan informasi dari relasi Anda mengenai lowongan pekerjaan yang tersedia.

3. Hubungan Baik dengan Teman Lama Akan Berguna Nantinya.

Membina Hubungan Baik dengan Teman Lama via sowhatfaith.com

 

Menjalin pertemanan untuk menambah relasi tidak hanya ditujukan kepada orang baru. Teman yang lama sudah tidak berjumpa dengan Anda pun bisa jadi bagian relasi yang pengaruhnya  tak boleh dianggap remeh. Anda tidak akan pernah tahu bagaimana nasib seseorang pada masa depan. Bisa saja kawan yang dahulu Anda pandang sebelah mata karena kondisi ekonominya, kini telah menjadi orang yang sukses secara ekonomi. Untuk itulah, pentingnya menjaga pertemanan karena Anda tidak pernah tahu kapan membutuhkan bantuan seseorang.

4. Relasi Bisa Membuat Pekerjaan Lancar.

Kerja sama tim adalah satu faktor yang penting dalam dunia kerja. Tidak dipungkiri lagi relasi yang Anda bangun dengan rekan kerja akan memengaruhi pekerjaan Anda. Sebab lancar tidaknya pekerjaan tergantung dari sesolid apa relasi Anda dengan rekan kerja. Fakta di lapangan menunjukkan sekalipun secara individu Anda berprestasi, kendala-kendala akan sering ditemukan dalam pekerjaan selama Anda tidak melibatkan tim. Untuk itu, hilangkan ego atau cara pandang Anda lebih baik atau Anda lebih mampu. Realitanya, Anda tak bisa hidup kalau tak ada orang lain. Memang selama ini yang melekat pada Anda apakah semuanya berasal dari Anda?

5. Relasi yang Banyak Membantu Anda Memahami Sifat Setiap Orang.

Mengeratkan Relasi dengan Bercengkerama via askaboutgames.com

 

Penting untuk dipahami karena tidak setiap orang memiliki sifat yang toleran dan bijak. Banyak juga orang yang memiliki sifat apatis dan arogan. Namun, bukan berarti orang seperti itu harus Anda hindari. Boleh saja orang seperti itu dianggap merugikan. Nyatanya, tanpa diduga malah bisa bermanfaat bagi Anda, baik dalam urusan pekerjaan maupun usaha yang Anda geluti.

Pada dasarnya, setiap orang memiliki kepribadian yang berbeda-beda satu sama lain. Namun, yang harus Anda perhatikan di sini adalah bagaimana caranya menghadapi sifat relasi Anda. Semakin banyak Anda berhadapan dengan orang, semakin banyak pengalaman Anda. Pastinya Anda bisa mempelajari dan beradaptasi dengan berbagai macam sifat orang.

Baca Juga: Ikuti 7 Tips Ini Agar Karir Anda Kian Melesat

Jaga Baik dan Hargai Hubungan dengan Relasi

Setiap relasi yang anda miliki bisa anda manfaatkan untuk keperluan Anda. Namun, jangan lupa untuk membantu relasi yang sedang membutuhkan bantuan Anda. Sebab percaya atau tidak secara tidak langsung hal tersebut berpengaruh pada Anda nantinya. Jangan lupa juga untuk berterima kasih dan memberikan apresiasi kepada relasi. Hal ini bertujuan agar hubungan Anda dengannya tetap baik dan terjaga. Tentunya hal tersebut bisa menguntungkan Anda pada masa yang akan datang.

Baca Juga: Peluang Bisnis Online Untuk Wanita Karir