Anda Pekerja? Pahami dan Manfaatkan Tunjangan serta Kompensasi

Bagi Anda yang telah bekerja pada sebuah perusahaan, tentunya sudah terbiasa menerima sejumlah kompensasi dan tunjangan atas kontribusi Anda terhadap perusahaan. Ini sebagai bentuk balas jasa yang diberikan perusahaan, baik secara langsung maupun tidak langsung, berupa uang atau bukan, kepada karyawannnya.

Dengan kompensasi dan tunjangan ini, diharapkan karyawan bisa diberdayakan secara efektif sehingga meningkatkan produktivitasnya secara maksimal.

Lalu, sebagai pekerja, bagaimana memanfaatkan tunjangan dan kompensasi yang diberikan perusahaan ini? Sebelumnya, ada baiknya memahami lebih dalam seputar tunjangan dan kompensasi yang pekerja wajib tahu.

Baca Juga: Mengenali Hak-Hak Pekerja Kantoran dan Manfaatnya

Pembagian Kompensasi Berdasarkan Bentuk Pembayarannya

Kompensasi Tunai
Kompensasi dalam bentuk tunai

Kompensasi dapat dibedakan menjadi dua jenis, yakni kompensasi langsung dan kompensasi tidak langsung.

  • Kompensasi Langsung

Kompensasi langsung ini diberikan perusahaan kepada karyawan yang dibayarkan secara langsung dalam bentuk uang tunai. Contoh gaji, bonus, insentif, komisi, tunjangan transportasi, tunjangan tunai, tunjangan tahunan, premi manajemen, dan lainnya.

  • Kompensasi Tidak Langsung

Kompensasi tidak langsung ini diberikan kepada karyawan dalam kondisi/waktu tertentu dan tidak diberikan dalam bentuk uang tunai oleh perusahaan. Contoh, tunjangan kesehatan, tunjangan pensiun, tunjangan perumahan, dan lainnya.

Pembagian Kompensasi Berdasarkan Cara Perhitungannya

Prestasi Kerja
Ilustrasi pekerja berprestasi

Kompensasi juga dibedakan berdasarkan cara perhitungannya, yakni kompensasi prestasi dan kompensasi lama bekerja.

  • Kompensasi Prestasi

Kompensasi prestasi kerja ini diberikan kepada karyawan yang ditentukan berdasarkan prestasi kerjanya. Nilai kompensasi dihitung berdasarkan catatan hasil kerja dan diukur secara kuantitatif.

  • Kompensasi Lama Bekerja

Kompensasi ini berupa sejumlah gaji/upah yang diberikan kepada karyawan sesuai dengan lamanya di bekerja di perusahaan tersebut.

  • Kompensasi Senioritas

Kompensasi yang didasarkan pada senioritas ini diberikan dalam bentuk sejumlah penyesuaian gaji/upah, yang dihitung berdasarkan masa kerja serta loyalitas kepada perusahaan.

  • Kompensasi Berdasarkan Kebutuhan

Kompensasi ini berupa sejumlah gaji/upah yang disesuaikan dengan kebutuhan standar hidup layak karyawan.

Dalam hal ini, gaji dan upah dalam hal ini memiliki arti berbeda. Jika upah, merupakan kompensasi yang diberikan dalam bentuk uang dan dibayarkan oleh perusahaan berdasarkan jumlah waktu kerja karyawan tersebut. Sedangkan gaji, merupakan komponen dalam bentuk uang yang dibayar oleh perusahaan karena karyawan telah melaksanakan pekerjaan yang menjadi tanggungjawabnya.

Anda Bingung Cari Produk Kredit Tanpa Agunan Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KTA Terbaik! 

Kenali Program Tunjangan

Kepemilikan Rumah
Ilustrasi tunjangan kepemilikan rumah

Tunjangan merupakan bagian dari kompensasi itu sendiri yang lazimnya menjadi komponen dalam perhitungan penghasilan. Tunjangan merupakan salah satu bentuk kompensasi yang diberikan kepada karyawan dengan tujuan meningkatkan loyalitas dan mempertahankan hubungan kerja atau mengabdi kepada perusahaan dalam jangka waktu yang panjang.

Secara umum, tunjangan bisa diartikan sebagai keuntungan tambahan yang diterima karyawan, seperti makan siang gratis, fasilitas kendaraan perusahaan, layanan kesehatan, pinjaman tanpa bunga, layanan konsultasi, liburan, tujangan hari raya, dan lainnya.

Baca Juga: Nilai UMR Terkini yang Pekerja Wajib Tahu

Bagaimana Cara Memanfaatkan Tunjangan dan Kompensasi dengan Benar?

Kompensasi Pekerja
Ilustrasi pekerja

Apapun jenis tunjangan dan kompensasi yang Anda terima dari perusahaan, tentu sangat penting untuk mengelolanya dengan tepat. Sehingga tunjangan itu benar-benar memberikan manfaat yang maksimal.

Penghematan dana tunjangan dan kompensasi ini bisa saja memberikan Anda kesempatan yang lebih luas untuk menabung, terutama untuk tunjangan yang diterima setiap bulan, seperti tunjangan transportasi maupun kompensasi jabatan.

Sedangkan tunjangan atau kompensasi yang bersifat tahunan dan tujuan jangka panjang seperti Tunjangan Hari Raya (THR) atau kompensasi pensiun, Anda bisa memanfaatkannya untuk lebih mempermudah dan mempercepat mencapai berbagai tujuan keuangan di masa yang akan datang.

Kelola dan Manfaatkan Tunjangan serta Kompensasi secara Maksimal

Tunjangan maupun kompensasi menjadi komponen penting di dalam penghasilan Anda. Berapa pun jumlahnya, sangat penting untuk memanfaatkannya dengan tepat dan lebih baik. Sehingga bisa memberikan dampak positif bagi keuangan serta kehidupan Anda di masa sekarang maupun masa depan.

Selalu kelola setiap tunjangan dan kompensasi Anda dengan baik, agar kedua hal itu bisa menambah kualitas hidup Anda dengan baik dan maksimal. Karena menjadi karyawan bukan berarti jauh dari kata mapan. Maka, jadilah karyawan yang jenius dan sejahtera!

Baca Juga: Ingin Beli Mobil Dengan Gaji Rp3 Juta? Ini Pertimbangannya!