Apa Benar Buka Tab Lebih Dari 5 di Komputer dan Ponsel Bisa Bikin Stres?

Saat berselancar di dunia maya menggunakan browser, pasti kamu sering membuka banyak tab. Maunya cepat dapat informasi, sehingga belum selesai tab satu, sudah klik lagi tab yang lain.

Tanpa sadar, tab yang sudah kamu buka kebanyakan. Pantas, kalau kinerja komputer jadi lambat. Begitupun saat berinternet ria di ponselmu.

Bukan cuma pekerjaan loh yang bisa bikin stres. Internetan dengan banyak tab browser juga bisa membuatmu kesal, sampai stres lantaran komputer atau ponsel jadi lemot.

Apalagi jika pekerjaan belum selesai, masuk waktu deadline, tapi komputermu justru lemot. Yang ada malah uring-uringan, marah-marah gak jelas.

Selain kinerja komputer atau ponsel jadi lambat, ini alasan mengapa membuka banyak tab bisa membuat kamu stres:

Baca Juga: Tinggal di Indonesia, Perlukah Beli Ponsel 5G?

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Buang-buang Waktu

Tab Browser
Buang-buang Waktu

Membuka tab browser terlalu banyak tentu saja buang-buang waktu. Satu tab diklik, mungkin langsung cepat terbuka. Begitu sudah sampai 10 tab, mulai deh lambat sekali. Loading jadi lama. Harus menunggu sampai benar-benar terbuka.

Belum lagi ketika kembali mencari tab yang berisi informasi sesuai dengan keinginanmu, harus membuka satu per satu lagi. Memang sih, tergantung juga jaringan wifi yang digunakan. Tapi ketika tab browser dibuka lebih dari satu, maka konsekuensinya terjadi pada kinerja komputer.

2. Bikin Bingung Bagi Kamu yang Tidak Terbiasa

Tab Browser
Bikin Bingung Bagi Kamu yang Tidak Terbiasa

Buat kamu yang tidak terbiasa memegang banyak pekerjaan sekaligus, membuka banyak tab akan membuat kamu pusing. Misalnya kamu lebih sering mencari informasi dengan membuka tab satu per satu. Tidak sekaligus. Nah begitu langsung banyak, bingung deh.

3. Jadi Tidak Fokus

Tab Browser
Jadi Tidak Fokus

Sifat dan kemampuan setiap orang berbeda beda. Termasuk urusan fokus. Ingin cepat mendapatkan informasi untuk tugas atau pekerjaan kamu, buka banyak tab adalah jawabannya. Tapi ada orang yang malah jadi tidak fokus karena membuka lebih dari satu tab.

Ketika melihat banyak tab terbuka, justru blank. Tidak konsen. Mana informasi yang sesuai dengan tugas atau pekerjaanmu. Menurut penelitian, membuka banyak tab di browser akan membuatmu bingung dan tidak fokus dengan halaman web yang akan dibaca. 

Karena terlalu banyaknya halaman atau tab yang dibuka, bisa saja halaman yang penting dan sesuai dengan apa yang kamu cari jadi terpendam dan tidak sempat terbaca. Pernah kamu mengalami kondisi di atas?

Baca Juga: Fitur PayLater Gojek Bikin Transaksi Layanan Gojek Makin Mudah

Setiap masalah pasti ada solusinya. Begitupula dengan persoalan membuka banyak tab browser ini. Kamu dapat mengatasinya dengan beberapa cara, di antaranya:

1. Mengaktifkan Penutup Tab dengan Otomatis

Tab Browser
Mengaktifkan Penutup Tab dengan Otomatis

Kamu dapat mengaktifkan penutup teks secara otomatis di browser. Misalnya mengatur 15 menit untuk menutup otomatis semua tab yang dibuka. 

Contohnya, kamu membuka 10 tab browser. Maka ketika kamu mengatur fitur penutup tab, secara otomatis tab akan tertutup dalam waktu 15 menit, entah apakah kamu sudah membacanya atau belum.

2. Mengatur Minimal Tab di Browser

Ponsel Pintar
Mengatur Minimal Tab di Browser

Cara ampuh ini seringkali digunakan banyak orang. Kamu dapat mengatur minimal tab yang dapat dibuka. Tujuannya sebagai pengingat otomatis jika kamu tidak sadar membuka tab secara berlebihan. 

Dengan begitu, secara tidak langsung akan dibatasi dan otomatis tidak dapat membuka tab lagi. Karena sebenarnya, membuka terlalu banyak tab itu tidak perlu. 

Bukalah maksimal 5 tab, sehingga kamu lebih fokus, tidak bingung dengan informasi-informasi dari masing-masing web untuk keperluan tugas atau pekerjaanmu.

Hindari Stres Akibat Penggunaan Internet Berlebihan

Kamu berselancar di dunia maya, mendapatkan manfaat internetan untuk mempermudah pekerjaanmu. Tapi kamu akan mendapatkan sesuatu sebaliknya, ketika kamu justru berlebihan dalam menggunakan internet.

Membuka banyak tab browser di komputer atau ponsel dapat membuat kinerjanya menjadi lemot, hang, sampai error. Biasanya kamu harus restart komputer atau ponsel, bahkan mematikan dengan paksa. Di ponsel, kamu bisa harus cabut baterai. Berpotensi bikin komputer atau ponsel rusak kan?

Efek lainnya bukan hanya itu. Dari kejadian tersebut, jika pekerjaanmu belum tersimpan, maka kemungkinan apa yang sudah kamu kerjakan, seperti data-data bisa hilang. Ujung-ujungnya, dapat membuat kamu stres akibat hal itu.  

Masa hidup saja sudah bikin kamu stres, mau ditambah lantaran buka tab terlalu banyak? Jangan sampai deh.

Baca Juga: Belajar Bisnis Makin Asyik di 5 Channel YouTube ini!