Apa itu ‘Bootstrap’ dan Apa Manfaatnya?

Pengertian dari Bootstrap adalah sama dengan pendanaan sendiri. Ketika Anda berencana ingin menyelenggarakan suatu kegiatan atau acara, maka tidak harus mengandalkan pendanaan dari pihak luar. Karena bisa mencari pendanaan sendiri.

Bagi Anda yang ingin memulai bisnis, juga bisa memanfaatkan strategi bootstrap. Dengan demikian, Anda bisa mendapat tambahan modal untuk membuka usaha. Meminta tambahan modal dari pihak eksternal memang lebih enak, karena dana yang diperoleh jauh lebih besar ketimbang bootstrap.

Akan tetapi, proses meminta dana dari pihak luar ini tentunya akan cukup merepotkan dan terbilang ribet. Anda perlu mengurus proposal dan menyiapkan beberapa berkas, belum lagi menyiapkan presentasi terkait usaha yang dijalankan.

Walaupun modal yang didapatkan dari bootstrap cenderung lebih kecil, namun Anda juga bisa mendapatkan keuntungan yang lumayan. Berikut beberapa manfaat yang yang didapat dari sistem bootstrap ini, diantaranya:

Anda Bingung Cari Produk Kredit Multi Guna Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KMG Terbaik! 

1. Memiliki Kontrol Mutlak pada Bisnis

Kontrol Bisnis
Ilustrasi pebisnis yang tidak punya kontrol sendiri

Manfaat pertama yang akan didapat dengan bootstrap ini adalah Anda memiliki kuasa mutlak atau penuh pada bisnis yang dijalankan. Semua kebutuhan dan strategi bisnis berdasarkan keputusan dan pertimbangan Anda sendiri.

Ringkasnya, Anda bertindak sebagai bos. Tentu, ini berbeda dengan sistem bantuan pihak eksternal atau venture capital, di mana Anda harus melaporkan hasil bisnis secara rutin. Selain itu, ada juga sistem bagi hasil yang telah disepakati di awal.

Melihat perbandingan di atas, pastilah Anda akan lebih memilih bootstrap. Benar, tidak?

Baca Juga: 13 Cara Mudah Memulai Bisnis Travel

2. Terbebas dari Tekanan Bisnis

Tekanan Bisnis
Ilustrasi tekanan usaha

Mendapat dana dari investor memang menguntungkan. Tapi ingat, konsekuensinya tentu Anda akan terikat hubungan alias kontrak dengan investor tersebut. Terlebih lagi jika dana yang diberikan investor itu besar jumlahnya.

Setiap pergerakan yang Anda lakukan untuk mengembangkan bisnis, akan selalu diamati oleh investor yang bersangkutan. Jika Anda menentukan pilihan yang salah, investor memiliki hak untuk menegur Anda. Mengapa? Karena ia menanamkan uangnya ke dalam bisnis Anda.

Apabila bisnis tidak dijalankan dengan benar, maka perputaran bisnis akan lambat dan membuat investor tersebut merugi. Belum lagi adanya pro dan kontra apabila terjadi perbedaan pendapat.

Hal seperti itu merupakan suatu tekanan bagi seorang pengusaha. Padahal, tekanan dalam bisnis tidaklah bagus bagi keberlanjutan usaha. Oleh sebab itu, bootstrap ini dinilai lebih menguntungkan. Karena Anda mengambil alih penuh pada bisnis yang dijalankan, dan terhindar dari yang namanya perselisihan pendapat.

3. Keuntungan Jauh Lebih Besar

Profit
Ilustrasi pengusaha yang meraup untung

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, apabila Anda memilih sistem venture capital, sistem keuntungannya dibagi dua dengan investor. Hal ini terlihat sedikit merugikan, apalagi jika keuntungan bisnis yang didapat kecil. Maka semakin sedikit pula persentase keuntungan yang Anda dapatkan.

Walaupun jumlah modal yang didapatkan dari pendanaan sendiri (bootstrap) sendiri terbatas, namun Anda memiliki hak mutlak 100% atas keuntungan yang diperoleh. Dalam kata lain, Anda dapat menikmati hasil jerih payah sendiri tanpa harus membagikannya dengan mitra kerjasama lain dari usaha ini.

Baca Juga: Ingin Memulai Usaha? Lakukan 8 Cara Ini!

4. Lebih Fokus untuk Mengembangkan Bisnis

Pertumbuhan Bisnis
Fokus kembangkan bisnis sendiri

Semakin besar keuntungan yang Anda dapatkan, semakin besar pula peluang untuk mengembangkan bisnis. Keuntungan yang didapat bisa dijadikan sebagai modal untuk menambah aset saat menjalankan bisnis.

Selain itu, Anda juga dapat lebih fokus untuk memperluas jangkauan bisnis dengan memanfaatkan keuntungan yang didapat. Oleh sebab itu, bisnis yang dijalankan akan semakin besar dari waktu ke waktu.

Baca Juga: Asuransi Perjalanan: Manfaat dan  Cara Memilihnya

5. Membantu untuk Lebih Fokus pada Pelanggan

Customer Focus
Bisa fokus pada kebutuhan konsumen

Apa hubungannya bootstrap dengan pelanggan? Keterbatasan dana yang Anda miliki secara langsung akan berpengaruh pada kemampuan produksi. Sehingga Anda akan lebih berusaha untuk fokus memproduksi barang yang dibutuhkan pelanggan.

Untuk mengetahui kebutuhan pelanggan, Anda dapat melakukan riset pasar. Terjun langsung ke lapangan sangat disarankan untuk mengetahui keadaan pasar sebenarnya.

Ciptakan Peluang Bisnis Anda dan Manfaatkan Bootstrap

Pada awalnya, bootstrap memang terlihat tidak menguntungkan. Sebab terbatasnya dana membuat Anda sedikit sulit untuk mengembangkan bisnis. Akan tetapi, sejatinya justru cara ini akan membuat Anda untuk berpikir lebih kuat dan luas lagi, apa yang sebaiknya dilakukan serta yang benar-benar dibutuhkan oleh calon konsumen Anda. Sehingga Anda akan lebih mampu untuk mempertahankan laju usaha, juga mendapatkan hasil maksimal. Pahami bootstrap dan mulailah wujudkan usaha impian Anda!

Baca Juga: 5 Website yang Berisi Ide Kreatif untuk Memulai Usaha