Apa Itu Clean Sleeping? Pengertian dan Tips Clean Sleeping

Saat tubuh dalam keadaan lelah, kamu berharap agar waktu tidur lebih cepat daripada jam biasanya. Namun, apa yang terjadi? Tentu saja harapan ini hanya sebatas harapan yang tidak pernah terwujud karena kamu terlalu memprioritaskan pekerjaan dibandingkan dirimu sendiri. Akibatnya, stamina tubuh menurun hingga pada akhirnya jatuh sakit.

Namun, kamu patut bersyukur karena aktris berkebangsaan Amerika Serikat, Gwyneth Paltrow memunculkan tren clean sleeping yang bisa kamu praktekkan di rumah. Metode ini dipercaya akan membantumu untuk mendapatkan waktu tidur yang cukup dan pastinya berkualitas.

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Asuransi Kesehatan Terbaik!  

Apa Itu Clean Sleeping?

tidur

Jika diartikan ke dalam Bahasa Indonesia, clean sleeping berarti tidur bersih. Maksudnya adalah kamu harus memastikan bahwa kondisi tubuh dalam keadaan bersih sebelum naik ke atas tempat tidur. Jika tubuh dalam keadaan bersih, kamu dapat tidur secara nyenyak sehingga waktu tidur yang kamu dapatkan sesuai dengan waktu tidur yang disarankan untuk orang dewasa, yaitu 6-8 jam per hari.

Itulah sebabnya kenapa metode clean sleeping ini sangat masuk akal. Coba bayangkan jika kamu tidur tanpa mandi, tidur pasti tidak nyenyak. Akibatnya, tubuh menjadi tidak bugar saat bangun pada esok hari.

Baca Juga: 7 Olahraga Efektif yang Bisa Turunkan Berat Badan

Apakah Clean Sleeping Perlu Dilakukan?

istirahat tidak cukup

Tentu saja. Clean sleeping akan membantumu untuk memperbaiki kualitas tidur, dari yang buruk menjadi lebih baik. Dalam prakteknya, kamu harus menentukan jam tidur setiap hari dan berusaha konsisten untuk tidur di jam yang sudah ditetapkan.

Tidur yang cukup membuatmu terhindar dari berbagai jenis penyakit seperti depresi, diabetes, dan penyakit jantung. Tidak hanya itu, daya pikir dan konsentrasi kerja juga ikut meningkat. Jika kamu tertarik mempraktekkan metode clean sleeping, ikuti tips-tips di bawah ini.

5 Tips Agar Sukses Menerapkan Clean Sleeping

istirahat

1. Tetapkan waktu tidur minimal 8 jam per hari

Pada umumnya, orang dewasa menghabiskan tidur selama 6-8 jam per hari. Namun, metode clean sleeping menyarankan agar waktu tidurmu diperpanjang minimal 8 jam setiap hari. Jika sedang tidak sibuk, kamu bisa memperpanjang waktu tidur hingga 1 jam sehingga total waktu tidur yang didapatkan menjadi 9 jam.

Menurut Gwyneth Paltrow, tidur selama 9 jam membantumu mendapatkan bentuk tubuh yang ideal. Selain itu, kulit dan rambut juga semakin sehat.

2. Biasakan tidur sebelum jam 10 malam

Sadar atau tidak, insomnia disebabkan karena kebiasaan tidur yang terlalu larut sehingga mata sulit dipejamkan sebelum jam tidur tiba. Akibatnya, waktu tidur selalu kurang sehingga kamu sering merasakan kantuk selama beraktivitas.

Sekarang saatnya untuk mengubah jam tidur. Pastikan kamu sudah berada di atas tempat tidur sebelum jarum jam menunjukkan angka 10. Usahakan tetap konsisten agar jam tidur dapat berubah secara perlahan.

3. Hindari penggunaan gadget sebelum tidur

Pantulan cahaya dari gadget mengurangi produksi melatonin sehingga kamu sulit tidur di malam hari. Untuk itu, hindari penggunaan gadget saat berada di tempat tidur. Pejamkan mata secepat mungkin untuk menghilangkan keinginan memegang gadget.

Jika sudah terlanjur candu pada gadget, usahakan untuk menyingkirkan gadget setelah pulang kerja. Sebagai gantinya, kamu bisa membaca buku atau mendengarkan musik dari radio.

4. Kurangi konsumsi kopi di pagi dan sore hari

Secangkir kopi paling nikmat jika diteguk pada pagi dan sore hari. Namun, kamu harus mengubah kebiasaan minum kopi jika ingin mendapatkan tidur yang berkualitas. Kandungan kafein yang ada pada kopi menyebabkan mata melek seharian sehingga keinginan untuk tidur menjadi hilang.

Tidak hanya kopi, kamu juga harus mengurangi konsumsi makanan yang mengandung kafein. Sebut saja roti, permen, dan biskuit yang sering dijual di supermarket.

5. Pastikan tubuh dalam keadaan rileks

Rasa keram dan pegal pada sendi sangat mengganggu kualitas tidur sehingga kamu mudah sekali terbangun setelah tidur selama 1-2 jam. Jika tubuh terasa pegal, kamu bisa pergi ke salon untuk menikmati massage agar tubuh kembali rileks seperti biasanya.

Selain massage, kamu juga bisa mengonsumsi suplemen yang mengandung magnesium. Tetapi, batasi jumlah magnesium yang dikonsumsi. Dalam jangka panjang, magnesium dapat menyebabkan diare.

Baca Juga: Tips Memulai Fitnes Bagi Pemula

Kuncinya: Mau Mengubah Kebiasaan Sehari-Hari

Tips-tips yang Gwyneth Paltrow sarankan pada metode clean sleeping tidak perlu dipraktekkan secara menyeluruh dalam kehidupan sehari-hari. Kuncinya ada pada dirimu sendiri. Jika ingin mendapatkan tidur yang sehat, ubah kebiasaan sehari-hari khususnya menjelang tidur, seperti menghindari gadget, kafein, dan makan di malam hari.

Baca Juga: Sehatkan Jantung dengan Jenis Olahraga Ini