Apakah Bijak Mengutang Rp10 juta untuk Liburan? Ini Jawabannya

Berlibur menjadi momen yang menyenangkan dan memberi dampak yang positif bagi kehidupan Anda. Dengan liburan, Anda bisa meninggalkan sejenak kepenatan kerja dan berbagai aktivitas lainnya yang selama ini begitu membosankan. Anda juga bisa mengatur waktu yang lebih berkualitas bersama dengan keluarga atau teman-teman Anda. Bagi sebagian orang, liburan menjadi agenda tahunan yang akan dinikmati bersama dengan orang-orang terdekat. Karena itu, mereka mempersiapkannya sejak jauh-jauh hari.

Kegiatan berlibur membutuhkan sejumlah biaya dan ini patut menjadi pertimbangan sejak awal. Jangan sampai keinginan Anda untuk melupakan sejenak berbagai masalah di tempat kerja justru ditambah sejumlah masalah utang yang timbul akibat berlibur tersebut. Saat berlibur di dalam kota, biaya yang dibutuhkan tentu tidak terbilang besar. Namun, jika ternyata Anda berniat untuk berlibur ke luar kota atau luar negeri, kegiatan tersebut akan membutuhkan sejumlah biaya yang lumayan besar. Untuk itu, sangat penting bagi Anda untuk merencanakan segala sesuatunya sejak awal, terutama masalah biaya.

Baca Juga: 7 Tips Liburan Hemat dan Menyenangkan

Biaya yang Dibutuhkan Ketika Berlibur

Biaya Liburan

Mengumpulkan Dana Liburan via forbes.com

 

Meskipun setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda-beda ketika berlibur, tetap saja hal tersebut memerlukan sejumlah biaya. Jumlah biaya ini sangat tergantung pada bagaimana cara Anda menikmati liburan tersebut. Tentunya berhubungan juga dengan tujuan dan waktu yang Anda pilih untuk momen tersebut. Semakin tinggi biaya hidup di tempat tujuan liburan Anda maka kemungkinan akan semakin besar pula biaya liburan yang akan Anda butuhkan. Begitu juga dengan pemilihan waktu liburan. Jika Anda memilih berlibur pada musim liburan, akan semakin besar pula biaya yang akan Anda butuhkan. Sebab semuanya akan lebih mahal, termasuk tiket dan biaya akomodasi lainnya.

Hal-hal seperti inilah yang harus Anda perhitungkan sejak awal agar semua kebutuhan liburan Anda bisa terpenuhi dengan baik dan tepat, terutama terkait dengan biayanya. Setidaknya ada beberapa komponen biaya besar yang wajib Anda perhitungkan sejak awal saat Anda akan berlibur ke luar kota, antara lain:

  • Biaya tiket pesawat.
  • Biaya transportasi di tempat liburan.
  • Biaya akomodasi selama berlibur.
  • Biaya tiket masuk ke lokasi wisata.
  • Biaya kuliner.
  • Biaya belanja oleh-oleh dan juga kebutuhan lainnya.
  • Biaya tak terduga.

Berbagai komponen biaya tersebut tentu akan membantu Anda dalam membuat anggaran yang efisien. Dengan begitu, Anda bisa mulai mempersiapkan dananya dengan baik.

Persiapkan Dananya dengan Tepat

Setelah memiliki gambaran yang jelas mengenai besaran biaya liburan yang dibutuhkan, Anda sudah bisa mulai memikirkan bagaimana mempersiapkan dana tersebut. Hal ini akan sangat berpengaruh pada waktu liburan yang Anda pilih. Jika ternyata sudah memiliki dana yang cukup, Anda hanya tinggal menentukan waktunya saja. Namun, apabila memang sama sekali belum memiliki dana untuk liburan, Anda harus memperhitungkan juga waktu untuk liburan tersebut dengan teliti. Sebab Anda akan membutuhkan waktu untuk mempersiapkan sejumlah dana tersebut.

Contoh:

Jika Anda ingin berlibur 10 bulan yang akan datang dan membutuhkan dana sebesar Rp25 juta, dengan penghasilan Rp8 juta per bulan, Anda dapat mempersiapkannya sebagai berikut.

  • Sisihkan sebagian gaji.

Dengan biaya bulanan sebesar Rp6 juta per bulan, Anda bisa menyisihkan Rp2 juta penghasilan Anda setiap bulannya. Tempatkan Rp1 juta sebagai dana liburan Anda dan pisahkan pada rekening tersendiri yang tidak bercampur dengan dana lainnya. Sementara Rp1 juta lainnya, tetap harus dimasukkan sebagai dana darurat. Dengan menabung sebanyak Rp1 juta per bulan, 10 bulan yang akan datang Anda sudah memiliki dana liburan sebesar Rp10 juta. Jumlah ini tentu masih jauh dari cukup. Sebab Anda masih membutuhkan Rp15 juta lagi.

  • Lakukan penghematan anggaran bulanan.

Anda juga bisa melakukan penghematan uang bulanan dan mengalokasikannya untuk biaya liburan tersebut. Jangan memotong uang bulanan terlalu besar, sebab bisa berdampak buruk bagi kebutuhan bulanan. Anda bisa menyisihkan setidaknya Rp300.000 per bulan sehingga selama 10 bulan ke depan Anda akan memiliki dana sebanyak Rp3 juta. Dengan begitu, dana liburan Anda sudah terpenuhi sebesar Rp13 juta.

  • Jual barang bekas.

Dana tambahan bisa Anda dapatkan dengan menjual berbagai barang bekas milik Anda yang sudah tidak digunakan lagi. Jumlah ini mungkin tidak akan besar, tetapi cukup untuk membantu Anda dalam memenuhi biaya liburan. Cobalah untuk menjual barang-barang bekas tersebut kepada teman, saudara, atau situs online. Setidaknya Anda bisa mendapatkan Rp2 juta dari sana dan menambah biaya liburan Anda agar menjadi Rp15 juta. Artinya, kekurangan dana liburan Anda masih sebesar Rp10 juta.

Baca Juga: 15 Cara Liburan Murah nan Menyenangkan

Pinjaman untuk Menutupi Kekurangan Dana Liburan

Pinjaman Bank

Ilustrasi Mengajukan Pinjaman ke Bank via binaryoptionstrading.ga

 

Dengan menggunakan cara di atas, Anda masih memiliki kekurangan dana sebesar Rp10 juta. Anda mungkin akan berpikir untuk mencari pinjaman dalam memenuhi kekurangan dana tersebut. Kredit Tanpa Agunan (KTA) bisa saja menjadi pertimbangan bagi Anda. Prosesnya yang mudah dan cepat membuat Anda akan menginginkan pinjaman ini sebagai pilihan. Namun, apakah bijak jika menggunakan KTA sebagai dana liburan?

Selayaknya, liburan akan menjadi waktu Anda untuk bersenang-senang dan melupakan sejenak kesibukan selama ini. Namun, dengan pengajuan KTA sebagai dana liburan, Anda akan dihadapkan sejumlah tagihan sepulang liburan nanti. Penggunaan dana KTA bukanlah pilihan yang tepat untuk kebutuhan ini. Sebab utang sepatutnya diadakan untuk kegiatan yang menghasilkan (produktif) dan bukan untuk kegiatan yang bersifat konsumtif.

Penggunaan kartu kredit untuk menutupi kekurangan dana liburan Anda akan lebih tepat. Sebab berbagai fitur di dalam kartu kredit akan membantu Anda untuk bisa lebih mudah dalam mengelola kekurangan dana tersebut. Anda dapat mengandalkan kartu kredit dengan beberapa cara di bawah ini:

  • Menggunakan fitur cash back dan diskon di dalam kartu kredit.

Dengan menggunakan kedua fitur tersebut untuk berbelanja berbagai kebutuhan bulanan, Anda bisa berhemat dan mengumpulkan sejumlah uang selama sepuluh bulan ke depan.

  • Gunakan poin rewards dan air miles.

Beberapa kartu kredit juga memiliki fitur poin rewards dan air miles di dalamnya. Anda bisa menggunakan hal tersebut untuk mendapatkan tiket pesawat dengan harga yang lebih murah.

  • Cicilan nol persen.

Jika ternyata sejumlah cara di atas belum cukup juga untuk mendanai perjalanan liburan, fasilitas cicilan nol persen juga bisa dijadikan sebagai pilihan.

Rencanakan dengan Tepat

Mengagendakan liburan di dalam kehidupan Anda setiap tahunnya sah-sah saja dilakukan. Selama Anda dapat mengatur dana dan waktu yang tepat untuk kegiatan tersebut. Pilih destinasi yang tepat sehingga Anda mudah mengatur perjalanan dan biayanya. Rencanakan dengan tepat dan cerdas sehingga liburan tersebut dapat memberi manfaat dan kepuasan.

Baca Juga: 5 Tempat Liburan Edukasi Anak di Jabodetabek