Asuransi Mobil Tua: Apa Saja yang Perlu Diketahui?

Pemilik mobil tua rata-rata adalah kolektor mobil antik yang sangat sayang dan peduli dengan kendaraan yang dimilikinya. Ada kepuasan tersendiri bagi pemilik kendaraan ini jika bisa merawatnya dengan baik.

Jumlahnya tidaklah banyak. Karena itu, sangat penting untuk mendaftarkannya ke program asuransi. Hal ini dilakukan sebagai bagian dari kepedulian akan mobil tua tersebut. Berikut ini beberapa tips yang perlu diperhatikan dalam memilih produk asuransi mobil tua yang tepat.

Baca Juga: Asuransi Mobil All Risk atau TLO: Pilih yang Mana Ya?

Pahami Hal Ini sebelum Memilih Asuransi untuk Mobil Tua

Asuransi Mobil Tua

Ilustrasi Mobil Tua via shutterstock.com

 

Biar tidak salah pilih, berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memilih asuransi mobil tua.

1. Pahami Proteksi dari Comprehensive Insurance/All Risk

Walaupun biaya preminya cukup tinggi, sebagian besar customer suka memilih jenis asuransi ini dengan jaminan ganti rugi sebagian atau keseluruhan atas kerusakan yang terjadi. Misalnya saat mengalami kecelakaan di jalan raya, tertimpa musibah kebakaran, aksi pencurian, atau peristiwa yang tidak disengaja lainnya.

2. Pahami Proteksi Asuransi Total Loss Only (TLO)

Asuransi ini hanya bisa melakukan pergantian klaim jika mobil customer yang terkait mengalami kerusakan lebih dari 75% akibat bencana alam atau persoalan yang lain. Apabila kerusakannya kurang dari 75%, penyedia layanan asuransi tidak membayar kerugian yang dihadapi dan dibebankan pada yang mempunyai mobil.

3. Bandingkan Beberapa Layanan dari Penyedia Jasa Asuransi

Dapatkan penyedia layanan asuransi yang terbaik dengan membandingkannya. Untuk mendapatkannya, pertimbangkan sejumlah hal berikut.

  • Nilai premi yang perlu dibayar dibandingkan dengan proteksi yang diterima.
  • Keuntungan dan kerugian tipe asuransi yang ditawarkan penyedia layanan dan dibandingkan dengan fitur dan proses klaim.
  • Jumlah customer dan cabang yang dimiliki penyedia layanan. Makin banyak customer yang menggunakan layanan dan banyaknya cabang berarti perusahaan layanan asuransi tersebut memiliki manajemen keuangan dan layanan yang baik.

Cermati Faktor Penyebab Besarnya Nilai Premi Mobil Tua

Asuransi Mobil Tua

Ilustrasi Asuransi via shutterstock.com

 

Perlu diketahui bahwa nilai premi yang harus dibayarkan ditentukan beberapa hal berikut ini.

1. Harga Mobil

Harga mobil berbanding lurus dengan besarnya premi. Artinya, makin tinggi nilai mobil, keseluruhan premi yang wajib dibayar per bulan juga semakin mahal. Jika mobil yang diasuransikan adalah mobil antik, harga preminya bisa lebih mahal karena harga perlengkapan atau onderdil mobil tersebut juga langka dan mahal.

2. Tahun Mobil

Tahun mobil juga berbanding lurus dengan nilai premi. Jadi, makin tua usia mobil, nilai premi yang dibayar makin tinggi atau sesuai sama kepentingan customer.

3. Jenis Pelat

Jenis pelat mobil sesuai dengan wilayah juga berpengaruh terhadap besarnya premi karena terkait dengan keseluruhan bengkel yang ada di kota tempat pelat mobil berasal.

 

Baca Juga: 6 Tips Memilih Asuransi Kredit Mobil Terbaik

Pakai Asuransi Mobil Bekas? Ini Keuntungannya

Asuransi Mobil Tua

Berikan Perlindungan Terbaik terhadap Kendaraan dengan Asuransi via shutterstock.com

 

Harga mobil baru dan bekas sangat jauh berbeda. Sekadar ilustrasi, tiap tahun mobil baru mengalami penyusutan harga purna jual sebesar kurang lebih 10%. Tak heran kalau kebanyakan orang ingin membeli mobil bekas karena memang ingin dapat mobil dengan harga lebih miring.

Walaupun status mobil adalah bekas, tetap saja itu mobil wajib dilindungi asuransi mengingat mobil merupakan aset bergerak yang paling rawan risiko kecelakaan ataupun kehilangan. Idealnya, dalam memilih asuransi mobil bekas, pilihlah asuransi mobil seken yang memenuhi 3T: terbaik saat mobil digunakan, terbaik dari sisi proteksinya, dan terbaik dari sisi harga.

Manfaat menggunakan prinsip 3T di atas, yaitu:

  • Memperoleh kenyamanan, ketenangan, dan terhindar dari kerugian finansial yang cukup gara-gara kerusakan atau kehilangan mobil.
  • Adanya keuntungan tambahan yang lain, seperti fasilitas atau layanan istimewa dari perusahaan asuransi pada nasabahnya.

Pahami Perlakuan Asuransi Mobil Bekas dan Mobil Baru

Mobil Baru

Ilustrasi Mobil Baru via shutterstock.com

 

Secara teori, proses dan perlakuan antara asuransi mobil bekas dan yang baru adalah sama. Namun, pada praktiknya, pengurusan asuransi mobil bekas sedikit panjang ketimbang mobil baru dan preminya juga sedikit lebih tinggi. Karenanya sering membuat pemilik mobil bekas enggan mengurus asuransi.

Proses asuransi mobil bekas mengikuti alur berikut ini.

  • Menaksir dahulu harga pasaran mobil seken ketika diasuransikan pihak asuransi. Hal ini sedikit berbeda dengan mobil baru yang harganya telah fixed alias pasti berdasarkan harga waktu pembelian on the road (OTR).
  • Pihak asuransi juga akan melakukan proses survei terhadap mobil yang hendak diasuransikan itu buat menakar risikonya yang mencakup survei fisik, termasuk juga pre-existing damage alias mengecek kerusakan mobil seken yang sudah ada sebelumnya.

Untuk memudahkan mendapatkan asuransi mobil bekas, salah satu cara yang mudah adalah dengan membeli mobil bekas di showroom pabrikan resmi.

Manfaat Membeli Mobil Bekas di Showroom Pabrikan Resmi

Showroom Mobil Tua

Ilustrasi Showroom Mobil Tua via shutterstock.com

 

Membeli mobil bekas melalui showroom resmi, seperti Mobil 88 (Grup Astra), AutoSafe (Hyundai), Indomobil Used Car (Grup Indomobil), dan BMW Used Car Centre, memiliki beberapa manfaat dibandingkan dengan yang bukan dari showroom resmi. Manfaat tersebut di antaranya:

  • Mobil bekas yang dibeli melalui showroom resmi pabrikan biasanya tidak disertai survei risiko sehingga lebih cepat proses ikut program asuransi.
  • Pihak asuransi punya anggapan mobil dari showroom pabrikan telah direkondisi.
  • Pihak asuransi dapat memastikan itu dikarenakan mobil bekas yang dijual di showroom pabrikan sudah direkondisi sehingga keadaannya dinilai baik dan tidak butuh lagi survei risikonya.

Penting diperhatikan juga bahwa umur kendaraan juga bisa jadi poin pertimbangan mobil dapat diasuransikan atau tidak. Tiap-tiap perusahaan asuransi memiliki kebijakan berbeda-beda dalam menentukan umur maksimal kendaraan mobil bekas yang bisa ikut asuransi. Ada yang maksimal 7 tahun dan ada juga yang hingga 10 tahun.

Produk Asuransi yang Cocok Jadi Andalan Mobil Tua dan Manfaatnya

Asuransi Mobil Terbaik

Cari Tahu Asuransi Mobil Terbaik di cermati.com via shutterstock.com

 

Risiko paling besar dari kendaraan adalah saat menjelang hari raya besar keagamaan. Tak peduli mobil baru ataupun bekas, risiko kecelakaan saat mudik atau pencurian makin meningkat. Berikut ini beberapa tips memilih produk asuransi yang cocok.

  • Cek dan pastikan produk yang akan dibeli. Biasanya pihak asuransi dapat memberikan kelonggaran bagi para nasabahnya untuk memperoleh perlindungan asuransi mobil All Risk dengan dikenakan penambahan untuk mobil tua.
  • Konsultasikan juga ke pihak asuransi, apakah pemilik kendaraan tua yang usia kendaraannya lebih dari 8 tahun dan maksimum 10 tahun masih bisa mendapatkan perlindungan asuransi khusus Total Loss Only (TLO) yang cocok untuk asuransi mobil tua. Jika iya dan risiko kendaraan Anda relatif minim, produk ini cocok buat diambil.

Jika pilihan Anda adalah jenis asuransi TLO, sebaiknya mengajukan peluasan jaminan yang dapat ditambahkan dan tentunya dengan penambahan pembayaran premi yang pas untuk asuransi mobil tua, yaitu:

  1. Perluasan tanggung jawab hukum pihak ke tiga.
  2. Huru-hara, terorisme, dan sabotase serta bencana alam.
  3. Personal Accident bagi pengendara dan penumpang.

Walaupun Tak Selengkap All Risk, Perhatikan Keuntungan TLO Berikut Ini

Atas dasar pertimbangan premi lebih murah dan risiko relatif rendah, pemilik kendaraan banyak yang memilih proteksi jenis TLO dengan berbagai keuntungan berikut.

  1. Jika terjadi risiko kehilangan, akan diberikan penggantian oleh pihak asuransi. Biasanya penggantian lebih rendah 10 % dari harga sebenarnya.
  2. Jika terjadi risiko kecelakaan yang membuat kerusakan di atas 75% dan kondisi mobil tersebut rusak parah sampai tidak bisa diperbaiki kembali, pihak asuransi akan memberikan penggantian penuh.
  3. Rate premi akan jauh lebih murah.
  4. Apabila terjadi kecelakaan yang merugikan orang lain dengan penambahan perluasan jaminan Tanggung Jawab Hukum (TJH), perusahaan asuransi akan memberikan penggantian kerugian yang diderita pihak ketiga atau orang ketiga tersebut.

Asuransi Memberikan Kenyamanan

Memiliki mobil tua selain perawatan fisik juga butuh proteksi. Kehadiran asuransi mobil tua bisa membuat anggaran perawatan mobil terkontrol dan memberikan kenyamanan dalam berkendara. Anda bisa memilih produk asuransi TLO atau asuransi mobil All Risk sesuai dengan kebutuhan berdasarkan ulasan di atas.

Baca Juga: Perbedaan Kredit Mobil Bekas dan Kredit Mobil Baru