Asuransi Motor: Ini Alasan Kenapa Anda Perlu Menggunakannya

Pengguna kendaraan di Indonesia termasuk salah satu yang terbesar di dunia. Pertumbuhan yang sangat pesat telah ikut mendongkrak industri asuransi sebagai bagian yang tak terpisahkan dari industri otomotif. Di satu sisi muncul pertanyaan,  perlukah mendaftar asuransi untuk sepeda motor kesayangan anda? Banyak pemilik mempertanyakan hal ini. Perlu diingat bahwa motor termasuk aset berharga yang patut dilindungi dari kejadian tak diinginkan seperti kecelakaan, tindak kejahatan pencurian, atau bahkan bencana alam, sehingga tak ada salahnya ikut program asuransi.

Dan kini seiring dengan peningkatan signifikan jumlah kendaraan roda dua di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir, maka semakin banyak perusahaan asuransi yang ikut menyediakan program perlindungan bagi sepeda motor. Sekarang pemilik sepeda motor juga berhak merasakan manfaat asuransi kendaraan seperti halnya pemilik mobil.

Jenis Asuransi yang Bisa Digunakan

Asuransi Motor

Manfaatkan Asuransi Motor via weber-insurance.com

 

Asuransi sepeda motor tersedia dalam dua pilihan yang bisa ditentukan sendiri oleh nasabah, yakni Total Lost Only dan All Risk. Masing-masing punya keunggulan dan kekurangan, namun demikian hendaknya nasabah harus bis menyesuaikan sesuai dengan kebutuhannya. Yuk pelajari lebih lanjut tentang asuransi kendaraan tersebut.

1. Asuransi Total Loss Only, Cocok Bagi Nasabah yang Menginginkan Proteksi dengan Premi Low Budget

Bagi anda yang ingin mendapatkan proteksi dengan anggaran terbatas (low budget) maka jenis asuransi ini bisa menjadi pilihan. Jenis asuransi sepeda motor ini mencakup kerusakan akibat kecelakaan parah dan tindak kejahatan pencurian maupun perampasan. Ingat, kasus penggelapan tidak masuk dalam proteksi asuransi ini. Jadi anda harus jeli dalam mempelajari ketentuan yang tertuang dalam polis asuransi. Pihak asuransi akan menutupi kerugian jika si pemilik menjadi korban tindak kejahatan dari orang-orang tak bertanggung jawab seperti pencurian dan perampasan.

Tak hanya itu saja, pihak asuransi juga akan mengganti biaya kerusakan akibat kecelakaan. Akan tetapi jumlah nominal yang ditanggung harus lebih dari 75% nilai sepeda motor. Jika di bawah angka persentase tersebut, biaya kerusakan enggan ditanggung dan sepenuhnya jadi tanggung jawab pemilik.

Pihak asuransi berhak menolak ganti rugi biaya kerusakan minor seperti goresen di bodi motor, lampu kaca pecah, spion hilang dicuri, ban bocor dan sebagainya. Meskipun demikian, Total Lost Only tetap menjadi pilihan tepat mengingat jumlah iuran tak memberatkan kantong.

2. Asuransi All Risk, Cocok Bagi Nasabah yang Ingin Mendapat Perlindungan Maksimal

Jenis asuransi sepeda motor ini memiliki cakupan lebih luas dan lengkap ketimbang Total Lost Only. Pemilik kendaraan memperoleh ganti rugi atas dampak bencana alam, kecelakaan, tindak kejahatan hingga kerusakan minor seperti lecet kecil di bodi motor. Tak hanya itu saja, nasabah juga dapat memperluas jaminan atas penyebab kerusakan sesuai keinginan pribadi. Pendek kata hampir semua risiko dilindungi oleh jenis asuransi ini kecuali dinyatakan masuk dalam pengecualian dalam polis asuransi kendaraan yang anda ambil.

Nah, sekarang anda tinggal menghitung budget dan kebutuhan proteksi anda? Apakah anda akan mengambil Total Lost Only atau All Risk. Jujur saja masing-masing punya keunggulan dan kekurangan, oleh karena itu nasabah harus cermat dalam menentukan jenis asuransi agar tidak salah pilih dan menyesal kemudian hari. Supaya tidak salah pilih, coba anda simak:

Baca Juga: Asuransi Banjir: Pengertian dan Tarif Preminya

Tips Ampuh dalam Mencari Asuransi Motor

Asuransi Motor

Asuransi Motor Mengurangi Kerugian Anda dari Risiko Kecelakaan via results-financial.com

 

Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan, diantaranya:

  1. Setiap perusahaan asuransi selalu menyertakan PSAKBI (Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia) sebagai bagian standar dari program. Coba baca dengan seksama dan jangan ragu bertanya jika ada poin kurang jelas. Nasabah wajib mengetahui bahasa hukum dan istilah standar tercantum pada PSAKBI. Nantinya semua peraturan disepakati langsung dengan polis asuransi.
  2. Jangan asal pilih jenis asuransi tanpa mengetahui kebutuhan utama. Nasabah juga perlu tahu sektor atau pos apa saja yang memperoleh jaminan pihak asuransi, entah itu tipe bencana alam, kerusuhan, tanggung jawab hukum atas pihak ketiga dan masih banyak lagi. Intinya sebelum beli polis asuransi, nasabah harus bertanya dan minta penjelasan terhadap poin yang belum dipahami.
  3. Demi kemudahan pengajuan klaim ganti rugi ke pihak asuransi, nasabah perlu membawa dokumen lengkap seperti STNK, SIM, fotokopi polis serta laporan total kerugian dan kronologi peristiwa dari pihak kepolisian. Agar proses pelaporan lebih cepat, minta nomor telepon perwakilan pihak asuransi yang gampang dihubungi. Bila perlu minta dan catat nomor telepon agen asuransi.

Setelah Anda mengerti proses pengurusan dan kebutuhan akan asuransi, maka tak lengkap rasanya jika anda tidak mengerti manfaat lebih dari ikut program asuransi motor. Berikut ini ulasannya:

Baca Juga: Asuransi Mikro: Pengertian dan Manfaat yang Diberikan

Manfaat Lebih Ikut Program Asuransi Motor

Asuransi Motor

Berkendara Pun Akan Semakin Nyaman via americaninsureall.com

 

Beberapa manfaat ikut asuransi motor berikut ini akan makin membuat anda yakin dalam memilih produk asuransi motor yang tepat:

1. Lebih Aman dan Nyaman Saat Berkendara

Risiko jalanan saat ini telah menjadi faktor pembunuh nomor tiga di dunia sehingga lalu lintas padat dan rawan kecelakaan merupakan kekhawatiran tersendiri untuk pengendara motor. Kebutuhan akan proyeksi ketika berkendara asuransi terhadap segala risiko yang terjadi akan membuat kita lebih aman dan nyaman dalam berkendara.

2. Hemat Biaya Saat Terjadi Risiko

Asuransi motor sangat bermanfaat karena jika terjadi risiko yang menimpa kendaraan anda, anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar dalam satu waktu untuk memperbaiki motor atau bahkan menggantinya jika hilang. Pihak asuransi akan membantu anda dalam proses klaim kendaraan. Jadi sewaktu waktu anda klaim, maskapai asuransi akan membayarnya.

3. Mempermudah dan Mempercepat Proses saat Terjadi Risiko Kecelakaan

Pendek kata, kalau ikut asuransi dan terjadi risiko kecelakaan, anda tinggal kontak saja perusahaan asuransi dan mereka yang akan membantu anda menyelesaikan permasalahan mulai dari mencarikan bengkel dan sparepart dan membantu menyelesaikan masalah jika menyangkut pengemudi atau pemilik mobil lain.

4. Mendapatkan Manfaat Asuransi Ganda

Ada manfaat ganda yang bisa anda dapatkan dengan membeli asuransi ini yaitu anda juga akan mendapatkan asuransi kesehatan. Jadi misalkan anda mengalami kecelakaan maka beberapa bahkan semua biaya pengobatan akan ditanggung oleh asuransi. Enak bukan?

Jangan Ragu Menggunakan Asuransi Motor

Jika melihat penjelasan di atas, maka tak usah ragu untuk ikut mendaftarkan sepeda motor kesayangan ke salah satu jenis program asuransi. Banyak sekali manfaat yang bisa dirasakan langsung oleh sang pemilik, sekaligus meminimalisir kejadian tak terduga yang mengandung kerugian besar. Jadi, jangan ragu dan segera gunakan produk asuransi motor terbaik yang Anda pilih.

Baca Juga: 9 Tips Jitu Memilih Asuransi untuk Balita Anda