Asyik, Beli ORI 016 Dapat Cashback Jutaan Rupiah

Cermati.com, Jakarta - Hore, pemerintah jualan Obligasi Ritel Indonesia (ORI) lagi nih. Sekarang sudah masuk seri 016. Kalau mau investasi, modalnya tetap sama minimal Rp1 juta, dapat kupon atau imbal hasil 6,80% per tahun.

ORI merupakan salah satu instrumen pembiayaan negara yang ditawarkan kepada individu atau perorangan WNI melalui mitra distribusi di pasar perdana. Jadi Anda yang bekerja sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS), pegawai swasta, ibu rumah tangga, sampai generasi milenial bisa jadi investor ORI.

Penawaran ORI sudah memasuki seri ke-16. ORI016 disebut-sebut seri pertama ORI yang diterbitkan secara online melalui sistem e-SBN. Sebelumnya masih secara manual dengan mendatangi kantor pusat atau cabang agen penjual yang sudah ditunjuk.

Keuntungan investasi ORI, antara lain aman karena dijamin negara, kupon tetap sampai jatuh tempo, kupon lebih tinggi dibanding bunga deposito bank, imbal hasil dibayar setiap bulan, dapat diperdagangkan di pasar sekunder (antar investor domestik), berpotensi mengantongi capital gain mudah.

Sedangkan risikonya, hanya likuiditas (kebutuhan dana sebelum jatuh tempo) dan pasar (potensi kerugian capital loss saat dijual di pasar sekunder).

Baca Juga: Biar Nggak Salah, Ikuti 3 Cara Hitung Jumlah Pinjaman Modal Usaha Berikut!

Anda Bingung Cari Produk Kredit Tanpa Agunan Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KTA Terbaik! 

Serba Serbi ORI016 

ORI016
Timeline ORI016 via kemenkeu.go.id

Sebelum menanamkan modal di ORI016, perhatikan dulu hal-hal berikut ini:

1

Masa Penawaran

2-24 Oktober 2019 pukul 10.00 WIB

2

Kupon/Imbal Hasil

6,80% per tahun (fixed)

3

Minimum Pemesanan

Rp 1 juta dan kelipatan Rp 1 juta

4

Maksimum Pemesanan

Rp 3 miliar

5

Tanggal Setelmen/Penerbitan

30 Oktober 2019

6

Tenor/Jatuh Tempo

15 Oktober 2022 (3 tahun)

7

Pembayaran Kupon Pertama

15 Desember 2019 (long coupon)

8

Pembayaran Kupon

Tanggal 15 setiap bulannya

9

Minimum Holding Period (MHP)

1 kali periode pembayaran kupon (15 Desember 2019)


MHP maksudnya adalah investor baru boleh memindahbukukan atau menjualnya ke investor domestik lain setelah 1 kali pembayaran kupon. Jadi begitu kamu membeli ORI016, lalu imbal hasil pertama dibayar pada 15 Desember 2019, saat itu juga bisa kamu jual lagi (dipindahbukukan).

Beli ORI016, Dapat Promo Seru di Agen Penjual Ini

ORI016
Ada 23 agen penjual ORI016 via kemenkeu.go.id

Ada 23 agen penjual ORI016 yang ditunjuk pemerintah, baik dari perbankan, sekuritas, maupun perusahaan fintech. Antara lain:

1. Bank BTN

2. Bank BCA

3. Bank Panin

4. CIMB Niaga

5. Bank Permata

6. Maybank Indonesia

7. Bank Mandiri

8. Bank BNI

9. Bank BRI

10. Bank HSBC Indonesia

11. OCBC NISP

12. Bank DBS Indonesia

13. Bank UOB Indonesia

14. Commonwealth Bank

15. Trimegah Securities

16. Danareksa Sekuritas

17. Mandiri Sekuritas

18. Bahana Sekuritas

19. Investree

20. Tanamduit

21. Bareksa

22. Modalku

23. Invisee.

Baca Juga: Memahami Obligasi Negara Ritel ORI015, Investasi Bermodal Rp 1 Juta untuk Milenial

Nah kalau kamu beli atau investasi ORI016, beberapa agen penjual memberikan promo menarik loh. Ada cashback, cash rewards, hadiah langsung, dan lainnya.

ORI016
Cash Reward Pembelian ORI016 dari Bank DBS  Indonesia via dbs.id

Untuk seluruh nasabah Digibank, Treasures, TPC yang membeli produk ORI016, berkesempatan mendapatkan cash reward hingga Rp6 juta.

Direct gift sebesar 0,1% untuk 50 orang pertama yang bertransaksi ORI016 di Bank BRI dengan nominal Rp1 miliar-3 miliar.

Promo cashback sebesar 0,1% dari jumlah pembelian ORI016 bagi nasabah premier atau advance Bank HSBC Indonesia dengan jenis rekening tunggal. Promo ini berlaku selama masa penawaran ORI016.

Dapatkan cashback untuk investasi ORI016 melalui CommBank SmartWealth. Untuk pembelian ORI016 sebesar Rp3 miliar, cashback sebesar 0,15%. Dan cashback 0,10% kalau beli ORI016 senilai Rp500 juta hingga kurang dari Rp3 miliar. Berlaku hingga 24 Oktober 2019.

Membeli atau investasi ORI016 di Trimegah mulai dari Rp100 juta bisa dapat cashback sampai dengan jutaan rupiah. Berlaku hingga masa penawaran ORI016 berakhir, yakni 24 Oktober 2019.

  • Investree

Dapatkan cashback hingga 1% dari jumlah pemesanan ORI016 di Investree. Maksimal pemesanan Rp30 juta. Berlaku untuk transaksi pemesanan pertama, tidak berlaku kumulatif.

  • Modalku

Cashback 10%, maksimal Rp100 ribu untuk transaksi pemesanan ORI016 senilai Rp1 juta di Modalku.

Cara Beli ORI016

ORI016
Cara beli ORI016 melalui e-SBN via kemenkeu.go.id

Ada 4 tahapan yang harus dilalui jika ingin membeli ORI016 di agen penjual:

1. Registrasi

Proses pendaftaran calon investor melalui sistem elektronik yang disediakan oleh agen. Bisa klik di sini. Selanjutnya masukkan data-data antara lain, data diri, nomor SID (Single Investor Identification), nomor rekening dana, dan nomor rekening surat berharga. 

Calon investor yang belum memiliki nomor SID, rekening dana, dan/atau rekening surat berharga, akan dibantu oleh agen. SID adalah kode tunggal dan khusus yang diterbitkan oleh Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) sebagai lembaga penyimpanan dan penyelesaian.

2. Pemesanan

Setelah registrasi berhasil, calon investor melakukan pemesanan ORI016 dengan sebelumnya membaca ketentuan dalam memorandum informasi. Pemesanan hanya dapat dilakukan pada saat masa penawaran ORI016.

3. Pembayaran

Setelah pemesanan diverifikasi (verified order), calon investor mendapatkan kode pembayaran (billing code) melalui email/sms sesuai kebijakan masing-masing agen. Kode pembayaran digunakan untuk penyetoran dana investasi melalui bank persepsi (teller, ATM, internet bankingmobile banking) dalam batas waktu yang ditentukan.

4. Konfirmasi

Setelah pembayaran, calon investor akan memperoleh NTPN (Nomor Transaksi Penerimaan Negara) dan notifikasi completed order, serta akan memperoleh alokasi ORI016 pada tanggal setelmen.

Contohnya pembelian ORI016 melalui aplikasi Digibank by DBS. Nasabah yang ingin investasi ORI016 hanya perlu membuat SID dengan mengisi data diri di aplikasi tersebut. Lalu konfirmasi nomor SID akan dikirim ke alamat email kamu dalam satu hari kerja.

Setelah menerima konfirmasi nomor SID, nasabah dapat melakukan registrasi e-SBN dan melanjutkan pemesanan. Pembayaran dapat dilakukan menggunakan dana yang ada di rekening digibank savings.

Investasi ORI Juga Bisa Jadi Dana Darurat

ORI punya karakteristik yang berbeda dibanding surat utang negara yang lain, lantaran dapat diperjualbelikan di pasar sekunder. Maka, ORI bisa dibilang pilihan tepat mileniah berinvestasi karena bisa dijadikan dana darurat.

Dana darurat ini berasal dari keuntungan atau kupon yang dibayarkan pemerintah setiap bulan. Bahkan kalau pasar lagi bagus, kamu menjual ORI ke investor domestik lain, harganya bisa naik. Sehingga kamu mendapatkan capital gain. Yuk, mulai investasi dan nikmati keuntungannya.

Baca Juga: Menabung Bertahun-tahun tapi Tak Ada Hasil? Mungkin Ini Penyebabnya