Awas! Ada Penipuan Catut Nama OVO dan GoPay. Lindungi Saldomu dengan 4 Tips Ini!

Siang ini ketika saya lagi asyik menyeruput segarnya es kopi sembari menikmati suasana panasnya ibu kota, tiba-tiba ada telepon dari nomor tak dikenal masuk. Otomatis saya langsung angkat dan menjawab panggilan nomor telepon tak dikenal tersebut dengan suara ramah.

Ternyata, tanpa basa-basi, terdengar suara ‘mas-mas’ yang langsung memperkenalkan diri dengan nada suara meyakinkan, “Siang, saya dari OVO Indonesia dan ingin memverifikasi apa benar ini nomor telp Anda 081********* ?.”

Otomatis saya menjawab “YA betul, ada apa?,” Si penelpon kembali mengatakan dengan nada suara cepat nan tegas “Anda mendapatkan hadiah dari OVO senilai Rp2 juta atas transaksi belanja dari department store X, apakah Anda memilih pengiriman hadiah Rp 2 juta melalui transfer via OVO atau di rekening bank Anda?.”

Dari sini saya sudah curiga, tanpa basa-basi saya jawab “Maaf tidak tertarik Mas!,” Respon singkat saya dibalas dengan aksi si ‘mas-mas’ penelpon menjawab dengan nada keras “OK” dan sambungan telpon langsung terputus!

dompet digital

Apakah pengalaman ini pernah kamu alami juga? Kabar telepon menang undian berhadiah? Semoga hal ini belum atau tidak terjadi padamu. Sebab sekelumit cerita diatas adalah bagian dari cerita kronologi modus penipuan berkedok bagi-bagi hadiah ratusan hingga jutaan rupiah.

Buat kamu semua pengguna dompet digital atau e-wallet seperti OVO, Go Pay. Well, kamu wajib paham cara melindungi saldo e-wallet mu dengan baik agar tidak tertipu. Berikut tips penting yang bisa kamu lakukan:     

1. Jangan Mudah Tergiur Hadiah

Tips pertama ini terkesan klise tapi kamu wajib tahu, apabila kamu tidak gampang tergiur hadiah maka peluang kamu terhindar dari modus penipuan lebih besar. Hanya saja kenyataannya, banyak orang pasti ingin sekali mendapatkan hadiah gratisan apalagi kalau mendengar jumlahnya fantastis!

Makin meyakinkan lagi, ditambah suara penipu yang terkesan sangat profesional terlatih dan dengan nada cepat bisa-bisa membius otak kamu agar tergiur dan meng-iya-kan hadiah penipuan tersebut.

Kamu perlu ketahui jika dari pihak perusahaan dompet digital seperti OVO, Go-Pay atau perusahaan lainnya, apabila mereka bagi-bagi hadiah umumnya hanya berupa potongan promo, cashback, kuis yang pastinya ada informasi di sosial media resmi. Pastinya, bukan dilakukan pemberitahuan menang undian via telp atas transaksi A atau atas nama lainnya seperti apresiasi jasa kepada pelanggannya.   

Ingat Guys! penipu zaman now semakin kreatif dan bisa menghalalkan segala cara agar kamu yakin modus hadiah berasal dari pihak perusahaan resmi. Jadi kamu harus lebih cermat dan tidak gampang tergiur iming-iming hadiah!   

2. Jangan Bocorkan Kode OTP / Password e-wallet

kode otp / password e-wallet

Tahukah kamu ternyata kasus penipuan e-wallet sudah banyak memakan korban. Berawal dari telp dan pemberitahuan berhadiah senilai uang/barang, kemudian penipu akan menyakinkan seketika itu juga kamu akan mendapatkan kiriman SMS PEMBERITAHUAN HADIAH dari pihak yang mencatut nama OVO atau GoPay. Isi SMS tersebut adalah kode OTP (One Time Password) yang terdiri dari beberapa angka. Selanjutnya, penipu akan meminta kamu menyebutkan kode OTP yang sebagai syarat transfer hadiah ke rekening OVO / Go Pay kamu.

Ingat resiko pembocoran kode OTP itu sadis! Kalau kamu sudah membocorkan kode OTP atau memberitahukan orang lain password dompet digitalmu, resikonya semua uang/saldo yang tersimpan di e-wallet bisa ludes atau hilang dalam hitungan detik. Bahaya lainnya, akun dompet digital kamu di hack dan bisa timbul ancaman lainnya yang dilakukan penipu seperti meminta data-data pribadi lainnya.  

Hati-hari penipuan yang marak terjadi dengan mengatasnamakan perusahan dompet digital seperti OVO dan GoPay. Ingat! perusahaan resmi tidak pernah meminta kamu men-transfer sejumlah uang untuk kepentingan apapun.

Catatan penting yang wajib kamu ingat: jangan berikan user ID, PIN, email, password email, pass code , OTP ke siapapun dengan alasan apapun melalui pembicaraan telepon/SMS.

3. Cek Kebenaran Undian Berhadiah

Apabila kamu nantinya tiba-tiba mendapatkan telepon dan menginformasikan kamu menang hadiah fantastis berupa sejumlah uang tunai, mobil, motor, smartphone atau bentuk hadiah lainnya. Pastikan cek dulu kebenaran hadiah tersebut dengan cara hubungi pihak resmi seperti layanan service dompet digital OVO atau Go-Pay. 

Call Center OVO : 1500696 , e-mail : cs@ovo.id 

Call Center Go-Pay: 1500-304 , e-mail : cs@go-pay.co.id 

4. Laporkan ke Pihak e-Wallet dan Berwajib Jika Jadi Korban

Tips selanjutnya, jika kamu terjebak atau mengalami modus penipuan, segera laporkan. Ya! kamu bisa melaporkan kepada pihak terkait ke perusahaan e-wallet maupun pihak bank (apabila kasusnya menyangkut berbagi nomor rekening bank dan OTP). Bahkan apabila diperlukan kamu wajib lapor kepada pihak kepolisian apabila dana di akun OVO atau Go-Pay sudah lenyap. Intinya, kamu harus berani lapor ke pihak terkait dan gerak cepat menyikapi hal ini agar kamu tidak merugi berkepanjangan.

Baca Juga: Awas Marak Pencurian Data Pribadi, Begini Cara Lapor dan Menghindarinya

Selalu Waspada, Cermat Gunakan e-wallet

Kehadiran dompet digital jelas membuat semua transaksi menjadi lebih praktis, cashless dan pastinya bikin happy ketika ada banyak cashback , promo dan diskon. Tapi ingat, kamu juga perlu berhati-hati dengan modus penipuan dengan iming-iming hadiah ratusan hingga jutaan tetapi hasilnya kamu malah merugi. Tak hanya itu saja, cermat menggunakan e-wallet atau dompet digital juga penting agar kamu bisa memaksimalkan penggunaan e-wallet dan mendapatkan banyak untung dari transaksi nontunai.

Baca Juga: Transaksi Nontunai Makin Gampang dan Menguntungkan, Ini Cara Top Up Go-Pay