Bagaimana Memilih Agen Asuransi yang Tepat? Lakukan Hal Ini

Agen asuransi merupakan pihak yang berperan untuk menjembatani nasabah dengan perusahaan asuransi. Peranan dari agen asuransi ini sangat penting. Sebab selain bergerak sebagai perantara, agen tersebut juga sebagai pihak yang akan menjelaskan produk dengan jelas dan detail. Agen harus bisa menjelaskan dengan baik sehingga nantinya tidak terjadi kesalahpahaman tentang produk.

Rasa kurang nyaman terkadang timbul saat didatangi agen asuransi. Beberapa orang terkadang menyamakan agen asuransi dengan salesman yang bagi sebagian orang cukup. Dan memang tidak bisa disalahkan sepenuhnya, sebab agen asuransi memang bekerja untuk menjual produk asuransi.

Terlepas dari plus minus hadirnya agen asuransi, tetap saja perlu diakui bahwa kehadiran dari agen asuransi diperlukan masyarakat yang membutuhkan produk asuransi. Mereka adalah perantara yang menghubungkan antara perusahaan asuransi dan nasabah. Jika ingin melakukan pembelian produk, ada banyak keuntungan jika melalui agen asuransi.

Baca Juga: Asuransi Banjir: Pengertian dan Tarif Preminya

Sejumlah Pertimbangan dalam Memilih Agen Asuransi

Agen Asuransi

Agen Asuransi yang Tepat Akan Membantu Urusan Anda Nantinya via shutterstock.com

 

Memilih agen asuransi yang tepat memang memerlukan tips tersendiri. Sebab membeli asuransi tidak semudah membeli sebuah baju atau barang lainnya. Asuransi ini menyangkut masalah finansial untuk tujuan jangka panjang. Di samping itu, dana yang dikeluarkan juga tidak sedikit.

Anda perlu mempertimbangkan beberapa hal berikut ini sebelum menentukan agen asuransi yang akan Anda pilih. Terdapat beberapa pertimbangan yang harus dipenuhi. Berikut ini adalah beberapa hal yang harus dipertimbangkan.

1. Pastikan, Agen Asuransi yang Akan Dipilih Memiliki Lisensi

Pilih agen asuransi yang memiliki lisensi semisal dari Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI). Lisensi ini menjadi bukti bahwa si agen asuransi telah memiliki pengetahuan, pelatihan, dan dapat dipercaya.

2. Adakah Agen Asuransi Memiliki Asuransi yang Dijualnya?

Cari tahu apakah agen asuransi memiliki asuransi yang dijualnya. Alangkah baiknya jika meminta agen asuransi untuk menunjukkan polisnya. Dengan begitu, Anda bisa mencari tahu lebih jauh mengenai asuransi yang ditawarkan. Jadi, dengan agen asuransi memiliki asuransi yang dijualnya, Anda bisa percaya apa yang disampaikannya.

3. Kalau Tidak Paham dengan Apa yang ditawarkan, Maukah Memilihnya?

Agen asuransi yang ideal pada umumnya adalah yang paham betul mengenai asuransi. Penjelasannya bukan hanya mengenai manfaat asuransi, melainkan memberi pertimbangan kepada calon nasabah. Sangat diharapkan agen asuransi dapat memberi pengetahuan baru mengenai asuransi kepada calon nasabah.

Apabila paham dengan informasi yang agen asuransi sampaikan, pilihlah agen asuransi tersebut. Jika tidak, cobalah bertanya di bagian mana Anda tidak paham. Bila tetap tidak menangkap maksudnya, lebih baik cari agen asuransi yang lain.

4. Cari Tahu Pengalaman Agen Asuransi

Berapa lama agen asuransi melakoni perannya? Ini penting. Lamanya pengalaman sebagai agen asuransi yang dijalaninya dan banyaknya asuransi yang sudah terjual membuktikan bahwa agen asuransi tersebut boleh jadi pilihan.

5. Jangan Memilih yang Sulit Dihubungi

Saat sedang kebingungan menyangkut asuransi yang dimiliki, saat-saat seperti itulah Anda membutuhkan bantuan dari agen asuransi. Kecewanya andaikan agen asuransi tersebut sulit dihubungi. Anda pun merasa bahwa layanan yang diberikan jauh dari kata memuaskan. Agar terhindar dari hal tersebut, ada baiknya bertanya apakah agen asuransi tersebut mudah dihubungi?

6. Tahu Bagaimana Merencanakan Keuangan

Agen asuransi harus tahu bagaimana merencanakan keuangan. Nasabah dapat memperoleh penjelasan kalau asuransi itu memang bagian dari strategi keuangan. Di samping itu, agen yang baik juga akan ikut serta membantu kalkulasi besaran premi sehingga tidak akan mengganggu cash flow keuangan calon nasabah.

Baca Juga: Asuransi Perjalanan: Manfaat dan Cara Memilihnya

Pastikan Agen Asuransi Bisa Diandalkan

Apabila saat ini Anda ingin mencari atau memilih agen asuransi yang terpercaya, pastikan bahwa agen tersebut sanggup dan tampak dengan nyata peran pentingnya bagi Anda sesuai dengan yang dibutuhkan. Pastikan agen asuransi bisa diandalkan dari proses awal sampai akhir pengajuan klaim.

Pastikan juga hal ini bisa terjadi tanpa adanya bermacam-macam alasan yang akan menyulitkan klien. Agen asuransi yang dipilih harus bisa menjadi pemecah masalah dan pemberi solusi kepada nasabahnya.

Baca Juga: Memilih Asuransi Kesehatan Terbaik? Ini Kriterianya