Bagi Investor Pemula, Lakukan Ini agar Meraih Untung Sesuai Harapan

Salah satu cara untuk menjaga nilai aset atau kekayaan yaitu dengan berinvestasi. Namun, masih banyak orang yang ragu untuk berinvestasi.

Ada yang bilang kalau investasi itu menakutkan. Apa yang dikatakan orang tidaklah benar. Nyatanya, investasi tidak semenakutkan itu. Investasi juga cocok untuk semua kalangan, baik muda maupun tua, keduanya dapat berinvestasi sesuai kebutuhannya.

Bahkan, para investor muda kini mulai melebarkan sayapnya di dunia investasi, mengingat tingkat keuntungan yang didapatkan sangat menggiurkan. Akan tetapi, investasi tidak semudah yang dibayangkan pula.

Banyak di antara kita yang belum merasakan untung, bahkan mengalami kerugian, kapok untuk berinvestasi. Apalagi para pemula.

Bagi investor pemula, lakukan enam hal ini agar meraih untung sesuai harapan.

1. Mengetahui Tujuan Investasi

Cara aman untuk memulai investasi ialah mengetahui tujuan dari investasi tersebut. Tujuan dari investasi dapat berupa tujuan jangka pendek, menengah, dan panjang.

Instrumen investasi untuk setiap tujuan juga berbeda-beda. Karena itu, ketahui apa tujuan berinvestasi agar dapat mengetahui instrumen seperti apa yang layak untuk diambil.

Pada dasarnya, ukuran keuntungan dan risiko yang didapat dari investasi tergantung pada tenggang waktu dan jenis investasi itu sendiri. Di mana keuntungan yang besar berbanding lurus dengan risiko yang didapat.