Bangga! Ini 6 Perusahaan RI yang Masuk Daftar Perusahaan Terbaik Dunia 2018 Versi Forbes

Siapa yang tidak kenal dengan majalah Forbes? Ya, bagi sebagian orang yang selalu mengikuti perkembangan informasi dari dalam negeri maupun luar negeri tentu tahu menyoal majalah yang berasal dari Amerika Serikat ini.

Forbes dikenal sebagai sebuah majalah bisnis dan finansial yang selalu mengeluarkan edisi tahunan dengan berbagai macam kategori yang berbeda, seperti daftar-daftar orang terkaya di dunia, pengusaha terkaya, wanita terkaya, orang berprestasi di dunia dan masih banyak lagi.

Nah, belum lama ini Forbes kembali merilis dengan daftar Global 2000 List of the World’s Best Employers 2018 atau perusahaan terbaik di dunia pada 10 Oktober 2018 kemarin. Kira-kira perusahaan apa saja ya yang masuk di daftar tersebut? Apakah ada salah satu perusahaan Indonesia yang terdaftar di antara 2000 perusahaan terbaik di dunia?

Selamat, nyatanya tak hanya satu perusahaan saja yang nyangkut di daftar tersebut, melainkan ada enam perusahaan Indonesia yang terpilih sebagai perusahaan terbaik dunia 2018 versi Forbes, di antaranya Bank Mandiri, Bank Central Adia, Gudang Garam, Telkom Indonesia, BNI (Bank Negara Indonesia) dan BRI (Bank Rakyat Indonesia).  

Sebagai masyarakat RI tentu turut bangga dong atas pencapaian sebuah prestasi yang diraih enam perusahaan tersebut. Yuk, simak ulasannya berikut ini:

Anda Bingung Cari Produk Kredit Tanpa Agunan Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KTA Terbaik! 

1. Mandiri

logo mandiri
Logo Bank Mandiri

Berdiri sejak 20 tahun lalu, Bank Mandiri yang dipimpin Kartika Wirjoatmodjo merupakan sebuah bank yang berasal dari hasil penggabungan empat bank pemerintah, yaitu Bank Bumi Daya, Bank Dagang Negara, Bank Ekspor Impor Indonesia dan Bank Pembangunan Indonesia. Seiring perkembangannya, sekarang ini Bank Mandiri telah memiliki kapitalisasi pasar mencapai 24,1 miliar.

Berkat kerja kerasnya yang dilakukan sejak awal, siapa yang menyangka kalau perusahaan yang melayani korporasi, bisnis dan komersial, ritel dan mikro, consumer dan treasury ini masuk Forbes di posisi 11 dari 2000 perusahaan dunia lainnya yang terpilih di daftar perusahaan terbaik dunia 2018?

Dilansir dari laman www.bankmandiri.co.id, Direktur Kepatuhan PT Bank Mandiri (Persero) Tbk Agus Dwi Handaya dan Direktur Hubungan Kelembagaan Bank Mandiri Alexandra Askandar mengungkapkan, pencapaian prestasi ini tak luput dari 38.307 pegawainya yang sebagian besar hampir 70% merupakan karyawan milenial yang memiliki potensi besar.

Dengan begitu, Bank Mandiri terus berinovasi dalam pengelolaan SDM untuk menciptakan lingkungan kerja yang kondusif sehingga karyawan dapat bekerja dengan happy dan produktif.

2. BCA

bca
Gedung Kantor Cabang BCA

Tak bisa dipungkiri kalau BCA (Bank Central Asia) terpilih menjadi perusahaan terbaik dunia 2018 versi majalah forbes. Perusahaan yang dipimpin Jahja Setiaatmadja ini berhasil menduduki peringkat 32 dari 2000 perusahaan terbaik dunia lainnya.

Perusahaan yang sudah berdiri sejak 1955 ini memiliki komitmen yang kuat terhadap sebuah visi yang sudah ditetapkan sejak awal, yaitu sebagai bank pilihan utama andalan masyarakat dan pilar penting perekonomian Indonesia.

Dengan begitu, BCA menjadi bank terbesar di Indonesia yang selalu memberikan kemudahan bertransaksi dengan layanan terbaik yang selalu memanfaatkan perkembangan teknologi terkini. Bukan hanya itu saja, perusahaan yang memiliki jumlah karyawan yang mencapai 26.962 juga menerapkan prinsip kehati-hatian dalam melakukan penyaluran kredit

Kedua hal teresbut menjadi kunci kesuksesan perseroan yang akhirnya bisa menumbuhkan laba yang tinggi dan kinerja yang cemerlang. Maka tak heran bila sekarang ini BCA memiliki kapitalisasi pasar yang cukup besar, yaitu mencapai kisaran US$ 40 miliar.

3. Gudang Garam

gudang garam
Gedung Perkantoran Gudang Garam

Tidak ada yang menyangka, perusahaan yang berdiri sejak 1971 dan dimulai dengan indutri rumahan ini mampu menjadi perusahaan terbaik dunia versi forbes pada peringkat ke 109. Hal ini tentu berkat kerja keras dari seluruh karyawannya yang sekarang ini mencapai 35.272 orang.

Dilihat dari perkembangan dalam tata kelola perusahaan yang lambat laun semakin baik dan selalu berlandaskan pada filosofi Catur Dharma yang menerapkan empat baktikan baik seperti tekun dan tanggung jawab, memiliki kedamaian hati, menjamin kesejahteraan dan ketenangan, serta melaksanakan kewajiban, membuat Gudang Garam terus mengalami peningkatan yang sangat pesat.

Hingga saat ini, perusahaan yang dipimpin oleh putra dari Surya Wonowidjodji, yaitu Susilo Wonowidjojo memiliki kapitalisasi sebesar US$ 9,7 miliar.

4. Telkom Indonesia

telkom indonesia
Telkom Indonesia

Telkom Indonesia merupakan BUMN yang bergerak di bidang jasa layanan teknologi informasi dan komunikasi dan jaringan telekomunikasi di Indonesia. Perusahaan yang berdiri sejak 1884, kini berhasil masuk daftar perusahaan terbaik dunia pilihan Forbes pada peringkat 112.

Prestasinya tersebut tentu hasil dari kerja keras Alex Sinaga sebagai CEO dan seluruh karyawan yang berjumlah 24.065 orang dalam menjadikan Telkom Indonesia sebagai digital telecommunication company. Sekarang ini, Telkom Indonesia telah memiliki kapitalisasi yang lumayan besar, yaitu mencapai US$ 25,8 miliar.

Baca Juga: Cara Cepat Dapat Kerja bagi Fresh Graduate

5. BNI

bni
Gedung BNI

BNI (Bank Negara Indonesia) berdiri sejak 72 tahun yang lalu. Menurut UU No 17 tahun 1968 tentang Bank Negara Indonesia 1946, BNI memiliki peran sebagai Bank yang ditugaskan untuk memperbaiki ekonomi rakyat dan berpartisipasi dalam pembangunan nasional.

Sejak saat itu, BNI selalu memberikan pelayanan terbaik untuk para nasabahnya, baik dari usia dini, remaja, dewasa, hingga pensiun. Hal ini menjadikan BNI terpilih menjadi salah satu perusahaan terbaik dunia yang berada di posisi 157. Dipimpin oleh Achmad Baiquni, kini perusahaan yang memiliki jumlah karyawan mencapai 27.803 orang sudah memiliki kapitalisasi pasar mencapai US$ 11, 1 miliar.

Baca Juga: 5 Tips Menjadi Pemimpin Ideal yang Disukai Bawahan

6. BRI

BRI
Gedung BRI

BRI (Bank Rakyat Indonesia) berhasil masuk Forbes di daftar perusahaan terbaik dunia. Perusahaan yang dipimpin Suprajarto berada di posisi 186 dari 2000 perusahaan terbaik yang terpilih lainnya. Sejak berdirinya pada 1895 hingga sekarang ini, BRI memiliki karyawan sejumlah 60.683 orang.

Selain menjadi bank BUMN yang terbesar di Indonesia, BRI juga memiliki jumlah kapitalisasi yang lumayan besar, yaitu mencapai US$ 27,7 miliar. Hal ini tentu upaya BRI yang selalu memprioritaskan nasabahnya untuk memberikan pelayanan yang terbaik, mulai dari simpan-pinjam, kartu kredit dan sebagainya.

Bersaing untuk Menjadi yang Terbaik

Terpilih menjadi perusahaan terbaik di dunia 2018 versi Forbes dan berada di 200 besar merupakan sebuah prestasi yang sangat mengagumkan untuk bangsa Indonesia. Hal ini juga bisa menjadi acuan buat semua perusahaan Indonesia lainnya untuk terus bersaing meningkatkan kinerja yang lebih baik lagi, sehingga suatu saat nanti bisa menjadi yang terbaik.

Baca Juga: 15 Perusahaan Terbesar di Indonesia