Bank Syariah Mandiri (BSM) Mobile Banking, Cara Download, dan Aktivasinya

Seiring berkembangnya kemajuan teknologi, saat ini tak hanya bank-bank konvensional saja yang menawarkan kemudahan dalam bertransaksi. Bank syariah seperti BSM atau Bank Syariah Mandiri pun saat ini telah menggunakan layanan tersebut. Salah satunya adalah dengan menghadirkan fitur e-banking yang terdiri dari 3 layanan utama, yakni sms banking, mobile banking dan net banking.

Untuk jenis BSM sms banking terbilang cukup rumit lantaran harus menginput kode perintah pada halaman SMS, kemudian diharuskan mengirim ke nomor yang telah ditentukan. Jika salah menginput kode perintah, bukan tidak mungkin transaksi akan gagal.

Namun berkat dunia teknologi yang dinamis, Anda tak perlu susah payah menggunakan SMS untuk melakukan transaksi keuangan. Cukup mendownload aplikasi BSM mobile banking maka semua transaksi yang Anda butuhkan ada dalam satu aplikasi. BSM mobile banking saat ini tersedia di beberapa perangkat smartphone seperti Blackberry, Android, iPhone, dan sebagainya.

Anda Bingung Cari Produk Kredit Tanpa Agunan Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KTA Terbaik! 

Syarat Daftar BSM Mobile Banking

BSM Mobile Banking
BSM Mobile Banking via twitter.com

Untuk yang tertarik menggunakan BSM mobile banking, bisa membuka layanan tersebut saat mendaftarkan diri sebagai nasabah BSM. Hal tersebut tentunya akan mempersingkat waktu karena tak perlu datang ke bank kembali hanya untuk mengurus pendaftaran dan pengaktifan BSM mobile banking.

Namun untuk yang belum mendaftarkan diri menjadi pengguna BSM mobile banking, cukup mendatangi cabang Bank Mandiri Syariah terdekat dan sampaikan kepada customer service bahwa Anda hendak menggunakan BSM mobile banking. Namun sebelum mendaftarkan diri menjadi pengguna BSM mobile banking, berikut ini adalah beberapa syarat yang harus Anda penuhi:

  • Sudah memiliki rekening tabungan atau giro BSM.
  • Rekening tersebut harus memiliki fitur ATM.
  • Kartu identitas berupa KTP/SIM/Paspor.
  • Membawa buku tabungan beserta kartu debit BSM.
  • Siapkan handphone dengan fitur minimal GPRS/EDGE/3G/BIS dan WIFI.

Cara Daftar BSM Mobile Banking

Selanjutnya jika syarat-syarat di atas telah Anda siapkan, tinggal datang ke cabang Bank Syariah Mandiri terdekat tanpa perlu mendatangi cabang dimana Anda membuka rekening. Saat mendaftarkan diri sebagai user BSM mobile banking, Anda akan diminta untuk mengisi formulir pendaftaran, jika telah selesai isi maka Anda akan mendapatkan kertas mailer yang berisi kode aktivasi dari pihak BSM.

Jika pendaftaran tersebut telah selesai, akan diminta mengisi tanda tangan pernyataan bahwa Anda telah menerima kerta mailer tersebut dan dinyatakan telah mendaftar BSM mobile banking.  

Baca Juga: Danamon Mobile Banking: Layanan, Aktivasi, dan Registrasi

Download Aplikasi BSM Mobile Banking

Sampai tahap di atas Anda tentunya masih belum bisa menggunakan BSM mobile banking. Hal tersebut mengingat media transaksi BSM adalah menggunakan mobile apps oleh karenanya diharuskan mendownload aplikasi terlebih dahulu untuk dapat menggunakan layanan BSM mobile banking. Berikut ini adalah langkah langkah untuk mendownload aplikasi BSM mobile banking yang perlu Anda ketahui :  

  • Untuk Anad pengguna perangkat Blackberry, Anda bisa mendownload aplikasi BSM mobile banking di App World, sedangkan untuk yang menggunakan android, bisa mendownload aplikasi BSM mobile banking di playstore, dan untuk yang mengginakan perangkat iPhone, bisa mendownload aplikasi BSM mobile banking di App Store.
  • Untuk ponsel Nokia, Sony Ericson atau ponsel dengan platform Symbian yang support java: http://mobile.syariahmandiri.co.id

Cara Transaksi Menggunakan Aplikasi BSM Mobile Banking

Mobile Banking

Setelah mendownload aplikasi BSM mobile banking, rekening pun telah Anda aktifkan layanan BSM mobile bangking nya, berikutnya yang perlu diketahui adalah cara brtransaksi menggunakan aplikasi BSM mobile banking. Berikut ulasan selengkapnya :

1. Untuk mengecek saldo tabungan BSM, harus masuk ke menu informasi rekening, lalu pilih informasi saldo. Selanjutnya pilih nomor rekening yang hendak dicek saldonya, dan masukkan PIN ATM BSM Anda.

Untuk mengecek informasi saldo tabungan akan dikenakan biaya sebesar Rp500, dan sistem mobile banking akan mengkonfirmasi hal ini. Kemudian informasi saldo pun akan ditampilkan.

2. Setelah mengetahui cara mengecek saldo, transaksi berikutnya yang sering digunakan oleh user mobile banking adalah transfer ke sesama nasabah BSM. Untuk transfer dana dengan menggunakan BSM, pertama harus masuk ke menu transfer, lalu pilih BSM kemudian pilih nomor rekening.

Langkah berikutnya, masukkan nomor rekening tujuan dan masukkan nominal dana yang hendak ditransfer. Langkah terakhir untuk mengakhiri, masukkan PIN ATM BSM, kemudian konfirmasi transaksi tersebut, maka transfer pun berhasil dilakukan.

3. Selain transfer ke sesama nasabah BSM, mobile banking BSM pun memberikan layanan berupa transfer antar bank. Caranya, cukup masuk ke menu transfer kemudian pilih bank tujuan (pilih lah menu Non BSM), lalu input nomor rekening dan pilih jenis bank penerima bisa berupa bank syariah, bank lokal, foreign bank atau other.

Selanjutnya masukkan nomor rekening tujuan dan masukkan nominal yang hendak di transfer. Lalu masukkan PIN ATM dan konfirmasi transaksi, maka transaksi transfer pun berhasil.

4. Selain menyediakan fasilitas transfer ke sesama nasabah BSM dan antar bank, Anda pun bisa melakukan transaksi pembelian seperti pembelian token listrik PLN. Berikut ini adalah langkah untuk membeli token listrik dengan menggunakan apliaksi BSM mobile banking.

Pertama, masuk ke menu pembelian, lalu pilih lah menu PLN Prepaid, kemudian masukkan nomor rekening listrik yang dimiliki. Berikutnya akan diminta memiliki nominal token listrik atau diminta untuk memasukkan nominal token.

Lalu pilih ID pelanggan PLN dan pilih masukkan nominal pembelian token listrik sesuai nominal yang dikehendaki. Dan yang terkahir, masukkan pin ATM BSM untuk mengakhiri transaksi pembelian token listrik. Kode token akan tertera di bukti pembelian, jaga kode tersebut dan jangan sampai hilang karena terhapus.

5. Selain untuk membeli pulsa listrik atau yang biasa dikenal dengan token listrik, Anda pun bisa membeli voucher isi ulang pulsa di aplikasi BSM mobile banking. Pertama, masuk lah ke menu pembelian, lalu pilih menu voucher HP.

Berikutnya, pilih nomor rekening BSM. Langkah selanjutnya, pilih operator yang di gunakan dan masukkan nomor handphone yang hendak Anda isi ulang. Berikutnya, masukkan nominal pulsa yang hendak dibeli, dan masukkan PIN ATM BSM untuk mengakhiri transaksi.

Baca Juga: Internet Banking CIMB Niaga: Kenali Layanan dan Cara Daftarnya

 

Hal yang Perlu Diketahui dari BSM Mobile Banking

  • Jika biasanya salah memasukkan PIN sebanyak 3 kali di aplikasi mobile banking bank-bank konvensional nomor rekening akan di blokir, berbeda dengan mobile banking BSM, dimana rekening Anda tidak akan langsung diblokir begitu saja. BSM hanya akan melakukan pembekuan akun dimana Anda tidak bisa menggunakan kartu debit dan mobile banking di hari tersebut. Namun keesokan harinya jika mengingat kembali nomor rekening, mobile banking BSM masih dapat dipergunakan kembali.
  • Namun jika di hari berikutnya tetap masih lupa PIN yang benar, Anda pun bisa menghubungi pihak BSM untuk meminta PIN yang baru. Namun untuk meminta PIN tersebut, harus mendatangi kantor cabang BSM terdekat. Syarat yang harus dibawa adalah kartu identitas, buku tabungan serta kartu debit sebagai bukti bahwa Anda benar-benar sebagai nasabah BSM.
  • Demi keamanan rekening BSM, sangat dianjurkan untuk segera menghapus segala informasi penting yang dikirimkan oleh BSM melalui sms untuk pengguna BSM sms banking. Sedangkan untuk pengguna BSM mobile banking, sangat dianjurkan untuk melapisi aplikasi mobile banking BSM dengan password tambahan guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Selalu jaga kerahasiaan Personal Identification Number (PIN) mobile banking maupun PIN ATM Anda agar Anda terhindar dari berbagai praktek scam yangs saat ini marak terjadi. Semoga berguna!

Baca Juga: Belum Punya Internet Banking Muamalat? Begini Cara Daftarnya