Begini Caranya Mengatur Keuangan Selama Bulan Ramadhan

Tanggal 18 Juni kita akan memasuki Bulan Suci Ramadhan. Segala persiapan harus kamu persiapkan dengan matang. Terutama hati, fisik, dan mental harus kamu persiapkan dengan baik agar bulan puasa dapat kamu jalani dengan sempurna. Selain itu semua, kamu juga harus menjaga dan mempersiapkan keuanganmu selama bulan ini. Meskipun selama 1 bulan ini kamu akan lebih jarang makan karena puasa, bukan berarti pengeluaran kamu akan berkurang loh. Biasanya banyak orang yang pengeluarannya malah jadi membengkak selama bulan ini. Mahalnya biaya makan dan ajakan makan bersama di luar menjadi faktor utama meningkatnya pengeluaranmu. Maka itu, jangan lupa untuk tetap mengatur keuanganmu ya. Mau tahu caranya? Yuk simak.

1. Buat Rencana Keuangan 

Rencana Keuangan Untuk Bulan Ramadhan via thedimecolorado.com

Rencana Keuangan Untuk Bulan Ramadhan via thedimecolorado.com

 

Sebelum memulai bulan Ramadhan, kamu harus membuat daftar yang jelas untuk menentukan prioritas kamu dalam mengalokasikan penghasilanmu. Sisihkan uang untuk makanan sahur dan berbuka. Tetapkan anggaran yang masuk akal dan sesuai, tidak terlalu kecil namun juga jangan terlalu besar. Lalu jangan lupa juga alokasikan uangmu untuk membeli baju baru atau barang-barang bagi kamu ataupun sanak keluarga. Dan juga jangan sampai lupa untuk menyisihkan uang untuk bersedekah ya, masih banyak orang yang membutuhkan bantuanmu. Perhitungkan anggaran untuk sebulan ini dengan jelas dan masuk akal.

Baca Juga: Mengapa Mengatur Keuangan Itu Penting? Inilah Alasannya

2. Kelompokan Pengeluaran Untuk Hari Raya

Pisahkan Pengeluaran Untuk Hari Raya via quanticuk.co.uk

Pisahkan Pengeluaran Untuk Hari Raya via quanticuk.co.uk

 

Hal yang biasa terjadi selama bulan Ramadhan adalah harga bahan pokok yang meningkat. Pengeluaran kamu akan semakin banyak untuk keperluan yang satu ini. Selain itu, perhitungkan juga biaya untuk membeli hadiah bagi sanak saudara, membeli pakaian baru, membeli atau membuat kue lebaran, dan biaya untuk pulang kampung. Pengeluaran untuk menyambut Hari Raya Lebaran ini harus mulai kamu persiapkan perhitungannya agar lebih teratur. Lebih baik gunakan uang bonus atau Tunjangan Hari Raya (THR) dari perusahaanmu untuk memenuhi keperluan ini. Jangan sampai berhutang hanya untuk hal ini ya. Ingat lakukanlah sesuai dengan kemampuan finansialmu.

3. Selalu Catat Pengeluaran Harian

Disiplin Catat Pengeluaranmu via wisegeek.com

Disiplin Catat Pengeluaranmu via wisegeek.com

 

Hal ini perlu dilakukan untuk memantau kemana saja uang yang kamu habiskan selama satu hari. Catatan ini dapat dipakai untuk mengingatkan diri kamu untuk terus berhemat dan mengeluarkan uang seperlunya saja. Selain itu, dengan mencatat pengeluaranmu, maka kamu pun secara tidak sadar akan jadi lebih teratur dan berhemat karena selalu tahu berapa banyak uang yang keluar.

4. Jangan Terlalu Sering Berbuka Di Luar

Buka Puasa Bersama via wowfand.com

Buka Puasa Bersama via wowfand.com

 

Setelah seharian menjalani puasa, berkumpul dengan teman atau keluarga untuk melakukan buka bersama di restoran atau tempat makan lainnya tentu sangat menyenangkan. Meski menyenangkan, hal ini akan membuat pengeluaranmu jadi besar jika sering dilakukan. Harga makanan di luar tentu akan lebih mahal pada saat puasa karena harga bahan pokok yang juga melonjak. Akan lebih baik dan lebih hemat jika kamu berbuka puasa di rumah dengan makanan yang sederhana. Yang penting kebersamaannya bukan?

5. Tahan Keinginanmu Untuk Berbelanja

Jangan Boros Berbelanja via wordpress.com

Jangan Boros Berbelanja via wordpress.com

 

Sama halnya dengan menahan hasrat untuk makan dan minum, kamu juga harus bisa menahan keinginanmu untuk berbelanja selama bulan ini. Meski banyak promosi dan diskon menarik yang akan membuat kamu tergiur, kamu harus bisa menahan diri untuk tidak boros. Penuhi dulu semua kebutuhanmu selama bulan ini, setelah itu barulah pakai uangmu untuk berbelanja. Kendalikan dirimu agar keuanganmu tetap teratur ya.

6. Berkomitmen Dengan Rencana Keuanganmu

Jaga Komitmen Pada Rencana via thecreativepenn.com

Jaga Komitmen Pada Rencana via thecreativepenn.com

 

Semua akan sia-sia jika kamu tidak berkomitmen dalam menjalankannya. Memiliki komitmen yang teguh akan membuat kamu tetap menjalani perencanaan yang sudah kamu buat. Dengan begitu, mengatur keuangan menjadi lebih mudah dan pengeluaran bisa lebih terkontrol. Jaga terus komitmenmu pada rencana di awal bulan.

 

Buat Puasa Jadi Penuh Makna

Mengatur keuanganmu adalah hal yang sangat penting dan sangat perlu dilakukan, terutama pada bulan puasa ini. Karena justru pada bulan inilah keuanganmu bisa jebol dan hidup jadi susah. Mengatur keuangan bukan berarti kamu menjadi pelit dan tidak bisa bersedekah ya. Jangan jadikan mengatur keuangan alasan untuk tidak berbagi dengan orang lain. Membantu orang yang lebih membutuhkan adalah perbuatan baik yang membuat hidupmu semakin bermakna. Buat puasamu jadi penuh makna dengan berbagi kepada orang yang membutuhkan.

Baca Juga: 6 Tips hemat Selama Puasa