Belanja Keperluan Anak via Toko Online, Perhatikan 7 Hal ini Sebelum Membeli!

Adanya situs online shop atau marketplace yang menyediakan berbagai macam kebutuhan sehari-hari hingga kebutuhan untuk sang buah hati membuat orang tua tak perlu keluar rumah lagi untuk sekedar membeli kebutuhan tersebut.

Hanya dengan mengunjungi situs online, lalu pilih produk kebutuhan yang ingin dibeli, kemudian produk dikirim melalui jasa ekspedisi dan dalam hitungan hari barang sampai di rumah. Bahkan beberapa marketplace saat ini juga telah menyediakan layanan same day delivery yang artinya jika Anda membeli di hari tersebut, barangnya pun akan dikirim dan diterima di hari yang sama.

Namun karena online shop saat ini menjadi lahan basah bagi para penjual, tak sedikit yang memanfaatkan keadaan untuk melakukan tindak kejahatan. Parahnya lagi terkadang barang yang dibeli tidak sesuai dengan deskripsi di online shop.

Agar terhindar dari hal yang tidak diinginkan, berikut ini ada tujuh hal yang perlu diperhatikan ketika ingin belanja kebutuhan si kecil melalui situs belanja online:

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Manfaatkan Program Promo

promo
Manfaatkan promo

Marketplace saat ini ada banyak sekali yang menyediakan merchant dengan jumlahnya yang mencapai ribuan. Biasanya tak sedikit merchant yang hampir setiap bulan mengadakan program tertentu, mulai dari cashback, free delivery charge, hingga promo untuk menggaet pelanggan lebih banyak.

Untuk para orang tua yang ingin belanja kebutuhan anak, manfaatkanlah program tersebut yang diberikan oleh masing-masing merchant dan marketplace. Hal ini tentunya bisa lebih menghemat pengeluaran setiap bulannya.

Baca Juga: 25 Situs Populer untuk Anda yang Gemar Belanja Online

2. Baca Review Produk dengan Teliti

Anda sering kecewa membeli barang via online? Cobalah untuk lebih teliti dalam membaca review produk. Semakin tinggi rating sebuah produk tentunya semakin bagus pula kualitas barang tersebut. Setiap orang yang sudah pernah membeli produk, umumnya diberikan sebuah kesempatan untuk memberikan ulasan mengenai produk yang mereka beli mulai dari bentuk, desain, kualitas produk, harga dan pelayanan yang diberikan.

Jangan ragu pula untuk membuka foto produk yang di share oleh pembeli lain yang telah membeli produk. Hal tersebut bermanfaat untuk memastikan bentuk asli produk yang sering kali berbeda dengan foto produk yang dicantumkan dalam marketplace.

3. Perhatikan Tanggal Kadaluarsa Produk

kadaluarsa
Perhatikan tanggal kadaluarsa produk

Jika produk yang dibeli adalah berupa makanan, pastikan Anda telah mengecek dan menanyakan langsung kepada penjual untuk masa kadaluarsa produk yang mereka jual. Di beberapa kasus, produk yang dijual dengan harga murah sering kali adalah harga cuci gudang yang artinya produk tersebut memiliki masa kadaluarsa yang tinggal sedikit. Untuk menghindari kerugian yang besar maka perusahaan menjual barang tersebut dengan harga yang lebih murah dibandingkan harga pada umumnya.

4. Pastikan Ukuran Produk Sebelum Memesan

Jika barang yang diorder berbentuk pakaian, pastikan Anda telah memilih ukuran yang sesuai sebelum menekan tombol order. Umumnya pihak marketplace tidak akan bertanggung jawab apabila ada kesalahan yang dibuat oleh customer terutama pada produk yang sudah diorder.

Saat memilih produk seperti baju, celana, atau sepatu untuk anak-anak sering kali hanya melihat dari segi tumbuh kembang anak saja. Padahal hanya melihat dari pandangan belum tentu sesuai dengan ukuran yang seharusnya. Maka, setiap orang tua harus memastikan dengan benar menyoal ukuran pakaian si buah hati.

5. Teliti Memilih Material Produk

bahan
Teliti memilih bahan produk

Kulit anak yang sensitif membuat para orang tua harus lebih teliti dalam memilih produk, terutama untuk jenis pakaian yang langsung bersinggungan dengan badan si kecil. Beberapa bahan terkadang membuat anak tidak nyaman bahkan menimbulkan alergi. Pastikan sebagai orang tua tahu dengan baik alergi anak terhadap bahan pakaian. hal ini bisa Anda tanyakan pada dokter ataupun melalui buku dan internet.

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Banyak Orang Beralih ke Belanja Online

6. Perhatikan Cara Pemakaian

Setiap perlengkapan bayi memiliki fungsi yang berbeda-beda, oleh karenanya pastikan kegunaan dan cara pemakaiannya dengan benar agar barang yang dibeli tidak mubazir. Biasanya barang yang tidak lama digunakan seperti box bayi, stroller, bouncer, dan beberapa mainan bayi yang masa penggunaannya tidak berlangsung lama. Agar perlengkapan yang dibeli tidak sia-sia, pertimbangkan kembali sebelum membeli.

7. Perhatikan Harga

harga
Perhatikan harga

Selain mempertimbangkan dari sisi manfaat dan kegunaan, Anda juga perlu memperhatikan harga yang ditawarkan. Sebab pada umumnya perlengkapan dan peralatan anak tidak dijual dengan harga yang murah. Kelebihannya membeli barang via online membuat Anda lebih mudah membandingkan harga antara marketplace satu dengan yang lain secara bersamaan. Dengan begitu, bisa mendapatkan produk dengan harga yang terbaik.

Teliti Sebelum Membeli

Membeli suatu kebutuhan atau peralatan anak tidak bisa hanya sekedar berdasarkan keinginan saja. Sebab, bila ini terus dipertahankan pastinya akan mengalami kerugian yang lumayan besar. Misalnya, bila salah beli barang, sudah harganya mahal, barangpun tidak terpakai. Sebaiknya teliti dalam membeli dengan melakukan beberapa pertimbangan di atas agar barang-barang yang dibeli bermanfaat untuk anak Anda dan terhindar dari mengalami kerugian.

Baca Juga: Cara Aman Belanja dan Transaksi Via Online