Belanja Online Aman? Selain Kartu Kredit Gunakan Alat Bayar ini 

Belanja online sudah menjadi kebutuhan banyak orang, terutama anak muda seperti kamu yang pada umumnya suka hal-hal praktis dan mudah. Dibandingkan dengan pembelanjaan di toko konvensional, aktifitas belanja online memang jauh lebih diminati belakangan ini. 

Untuk mendukung kenyamanan dan kemudahan dalam melakukan transaksi belanja, menggunakan pembayaran melalui kartu kredit kerap dijadikan pilihan. Namun produk keuangan yang satu ini tentu tidak dimiliki oleh semua orang, sehingga alternatif jalur pembayaran lainnya perlu dijadikan sebagai pertimbangan.

Tidak perlu khawatir, untuk kamu yang belum memiliki kartu kredit, kamu tetap bisa belanja online dengan nyaman dan mudah. Saat ini situs-situs belanja online pada umumnya menyediakan beberapa jalur pembayaran yang bisa dijadikan sebagai pilihan, sehingga para konsumen seperti kamu lebih mudah dalam melakukan transaksi belanja. 

Kamu tidak perlu repot ketika melakukan pembayaran dengan rumit ketika melakukan pembelian secara online, bahkan meski kamu tidak memiliki rekening bank sekalipun. Ada banyak pilihan alat pembayaran yang bisa kamu pertimbangkan, beberapa di antaranya bahkan bisa dengan menggunakan uang tunai saja.

Berikut ini adalah beberapa alat pembayaran selain kartu kredit, yang dapat kamu jadikan sebagai pilihan ketika belanja online:

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Bayar Tunai Melalui Kasir Minimarket

kasir minimarket

Untuk kamu yang tidak memiliki kartu kredit atau bahkan rekening bank, jalur pembayaran yang satu ini akan menjadi pilihan yang paling tepat. Kamu bisa membayar tagihan belanja online kamu secara langsung dengan menggunakan uang tunai melalui kasir minimarket terdekat. 

Saat ini, hampir semua situs belanja online ternama menyediakan pilihan jalur pembayaran yang satu ini. Kamu tidak akan kesulitan untuk melakukan pembayaran melalui minimarket, mengingat minimarket sudah bisa ditemukan dengan mudah di berbagai lokasi. Cukup memilih salah satu minimarket terdekat dan menunjukkan kode pembayaran saja, maka kamu sudah bisa melakukan pembayaran dengan menggunakan uang tunai yang kamu miliki.

Baca Juga: 5 Pilihan e-Money Terbaik Buat Mudik via Tol Trans Jawa 

2. Transfer Langsung di Bank

transfer di bank

Jika kamu termasuk orang yang rajin dan sering mendatangi bank untuk berbagai kebutuhan keuanganmu, maka kamu bisa memilih cara yang satu ini. Kamu bisa melakukan pembayaran dengan cara transfer langsung melalui teller bank. Ini tentu tidak akan sulit, terutama jika kamu memiliki keperluan lainnya di bank tersebut. 

Cukup ini resi transfer yang tersedia dan lakukan transfer sesuai dengan jumlah pembelanjaan kamu, maka transaksi pembayaran kamu akan berlangsung dengan cepat. Jangan lupa untuk memilih dan melakukan pembayaran melalui bank yang sama, sehingga pembayaran kamu bisa langsung diterima saat itu juga. 

3. Bayar Lewat ATM

transaksi di atm

Kartu debit kamu juga bisa dimanfaatkan untuk membayar transaksi belanja online yang kamu lakukan. Pada umumnya, pembayaran melalui ATM ini banyak dijadikan sebagai pilihan utama, mengingat hampir semua orang sudah memilikinya. Kamu bisa melakukan pembayaran kapan saja melalui mesin ATM terdekat di lokasi kamu. Selain mudah, transaksi pembayaran kamu ini juga bisa berjalan dengan aman.

Baca Juga: Mau Transaksi Pakai Uang Elektronik? Ketahui Plus Minusnya Dulu Ya!

 

4. Gunakan Paypal

paypal

Pilihan alat pembayaran yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang suka belanja online di situs belanja luar negeri.  Selain kartu kredit, Paypal menjadi alternatif pembayaran paling populer untuk berbagai situs belanja besar dunia. Alat pembayaran yang satu ini mungkin belum begitu populer di tanah air, namun sudah sangat banyak digunakan di berbagai negara lain. 

Untuk kamu yang tidak memiliki kartu kredit, Paypal bisa menjadi alternatif pembayaran online yang mudah dan cepat. Rekening berbasis online ini akan begitu mudah dan nyaman untuk digunakan, sebab ada berbagai fitur unik di dalamnya. Namun untuk menggunakannya, kamu harus terlebih dahulu membuka rekening Paypal dan mengisi sejumlah saldo di dalamnya.

5. Internet dan SMS banking

internet banking

Untuk kamu yang terbiasa melakukan transaksi pembayaran online, internet banking atau SMS banking bisa menjadi pilihan tepat saat belanja online. Kedua layanan perbankan yang praktis ini akan membuat proses pembayaran berjalan dengan begitu mudah dan cepat dan kamu tak lagi perlu repot-repot keluar rumah untuk sekedar mendatangi mesin ATM atau bahkan minimarket terdekat. 

Kamu bisa melakukan pembayaran belanja onlinemu di mana saja dan kapan saja, selama terhubung dengan layanan internet di smartphonemu. Untuk menikmati kenyamanan pembayaran yang satu ini, jangan lupa untuk mengaktifkan layanan tersebut di rekening bank milikmu terlebih dahulu. 

Pilih Alat Pembayaran yang Paling Tepat 

Untuk kamu yang suka melakukan aktifitas belanja online, saat ini kamu bisa menemukan banyak pilihan alat pembayaran. Tidak harus melalui kartu kredit saja, kamu bahkan bisa saja melakukan pembayaran dengan menggunakan uang tunai sekalipun. Pastikan kamu memilih alat pembayaran yang tepat dan sesuai dengan situs belanja yang kamu kunjungi, agar transaksi pembelanjaan yang kamu lakukan bisa berjalan dengan aman dan lancar.

Baca Juga: Milenial Wajib Tahu Keuntungan Punya Dompet Digital dengan Sistem QR Payment