Belanja Online Jadi Hemat dengan Kartu Kredit dengan 8 Cara Ini

Kemudahan dalam mengakses berbagai informasi dan fasilitas melalui jaringan internet telah membawa banyak sekali perubahan di dalam kehidupan kita. Hampir semua hal bisa dilakukan dari rumah, di mana kita tidak perlu bepergian jauh dan menghabiskan banyak waktu hanya untuk mendapatkan sesuatu.

Belanja online. Ya, itu adalah solusi bagi beragam kesibukan dan juga kemacetan yang selalu menjadi hal melelahkan bagi kita yang tinggal di wilayah perkotaan padat. Lupakan perjalanan yang membosankan ke tempat belanja atau waktu yang sempit dan membuat kita terburu-buru pada saat berbelanja, kegiatan belanja online akan mempermudah banyak hal di dalam kehidupan kita. Belanja online menjadi hal yang menyenangkan, di mana kita bisa melakukannya hanya dengan cara membuka laptop dan melakukan transaksi belanja di toko-toko online pilihan kita. Beragam barang bisa kita temukan dengan mudah, bisa kita pilih dengan santai dan bahkan kita akan memiliki banyak waktu untuk mempertimbangkan setiap barang yang akan kita beli secara online.

Baca Juga: Tips Belanja Online yang Aman dan Nyaman

Metode Pembayaran Belanja Online

Ragam Cara Pembayaran Belanja Online

Ragam Cara Pembayaran Belanja Online via wordpress.com

 

Pada dasarnya, transaksi belanja secara online dapat menerima pembayaran dengan menggunakan beberapa metode, seperti:

  • Pembayaran Melalui Transfer Bank
    Pembayaran ini bisa dilakukan dengan cara melakukan transfer sejumlah dana yang jumlah sesuai dengan pembelanjaan ke rekening milik toko online yang kita pilih. Hal ini bisa dilakukan melalui setoran dana di teller, melalui ATM dan juga melalui internet/mobile banking.

  • Pembayaran di Tempat
    Sistem ini bisa dilakukan jika toko online tersebut memiliki layanan ini di toko mereka. Pada umumnya, toko online yang terbilang besar menyediakan layanan ini, di mana kita bisa melakukan pembayaran secara langsung pada kurir yang mengantarkan barang belanjaan kita ke alamat yang dicantumkan, dengan begitu kita tidak perlu repot-repot melakukan pembayaran melalui transfer.

  • Pembayaran Menggunakan Kartu Kredit
    Hampir sama dengan metode pertama, pembayaran dengan menggunakan kartu kredit juga bisa kita lakukan dengan mudah saat berbelanja online. Cukup dengan mencantumkan nomor kartu kredit dan juga nominal pembayaran yang akan kita lakukan, maka  transaksi kita akan diproses dengan segera.

Dari ketiga jenis pembayaran di atas, pembayaran dengan menggunakan kartu kredit merupakan cara pembayaran yang paling menguntungkan, di mana kita bisa menggunakan berbagai fasilitas yang terdapat di dalam kartu kredit secara maksimal pada saat melakukan transaksi pembelanjaan. Hal ini tentu harus didukung dengan perhitungan dan juga pertimbangan yang matang, agar kita tidak terjerat dalam sejumlah tagihan yang akan menyulitkan kita di hari yang akan datang.

Baca Juga: 6 Cara Menjaga Kartu Kredit Tetap Aman

Belanja Online Hemat dengan Kartu Kredit

Lebih Hemat dengan Memanfaatkan Kartu Kredit

Lebih Hemat dengan Memanfaatkan Kartu Kredit via save.ca

 

Penggunaan kartu kredit dalam transaksi belanja online bukanlah sebuah hal yang baru lagi. Berbagai keuntungan bisa didapatkan pada saat melakukan transaksi online dengan menggunakan kartu kredit. Untuk bisa melakukan penghematan pada saat belanja online menggunakan kartu kredit, lakukan beberapa poin di bawah ini:

1. Catat Kebutuhan dan Buat Perhitungan

Sebelum berbelanja, akan sangat penting untuk mengetahui apa saja sebenarnya kebutuhan yang bisa kita dapatkan secara online. Hal ini akan mempermudah kita dalam mencari dan juga menemukan barang-barang yang memang kita butuhkan. Catat semua barang yang akan dibeli, pastikan hanya mencatat barang yang memang sangat dibutuhkan dan akan berguna nantinya.

Lakukan perhitungan awal sebelum akhirnya berbelanja, pastikan besaran dana yang akan kita keluarkan sesuai dengan anggaran pengeluaran yang telah kita susun sebelumnya. Jangan mengeluarkan dana di luar jumlah anggaran belanja, karena hal ini akan menimbulkan sejumlah masalah di dalam keuangan.

2. Patuhi Daftar Belanja

Setelah mengetahui kebutuhan dan besaran dana yang akan dibelanjakan, maka mulailah mencari barang-barang tersebut pada situs belanja online. Selalu patuhi setiap daftar belanja yang telah dibuat agar uang belanja tidak membengkak dan menguras kantong di akhir bulan.

Pilih toko yang memberikan layanan terbaik dan juga memberi keuntungan lebih. Kita bisa belanja beberapa barang sekaligus pada toko yang sama agar biaya pengirimannya lebih ringan, atau kita juga bisa memilih belanja di toko yang memberikan layanan pengiriman gratis untuk menghemat biaya yang dikeluarkan. Jangan berbelanja di sembarang toko online. Pilih toko yang benar-benar bisa dipercaya dan memiliki pelanggan yang cukup banyak. Perhatikan juga tingkat kepuasan pelanggan toko melalui kolom testimoni, ini bisa dijadikan pertimbangan dalam memilih toko online terpercaya.

3. Buat Jadwal Belanja

Hindari untuk melakukan kegiatan belanja online yang terlalu sering, karena hal tersebut berpotensi membuat pengeluaran menjadi jauh lebih besar dan tidak terkontrol. Belanjalah secara berkala, misalnya di akhir bulan atau pada tanggal tertentu yang kita anggap paling tepat untuk melakukannya.

Buat jadwal belanja tetap setiap bulannya, agar bisa menghindari frekuensi belanja yang terlalu sering dan juga menghabiskan banyak waktu dan dana. Selalu ikuti jadwal belanja tersebut dengan disiplin, hal ini akan membantu kita untuk terbiasa memiliki kontrol yang baik dalam mengatur waktu dan juga uang yang kita miliki.

4. Belanja di Saat Santai

Jangan berbelanja pada saat sedang marah, lelah, atau ketika sedang banyak masalah. Tindakan seperti ini hanya akan membuat kita bernafsu, emosi dan juga tidak fokus dalam melakukan pembelanjaan. Sehingga bisa dipastikan akan ada banyak pembelanjaan barang yang tidak begitu perlu dan juga uang yang terbuang untuk hal tersebut.

Lakukan kegiatan belanja dengan santai dan juga tenang. Pertimbangkan dengan matang setiap barang yang akan dibeli. Selalu pilih dan lakukan perbandingan dengan cermat, agar barang yang didapatkan benar-benar sesuai dengan kebutuhan dan juga uang yang akan kita keluarkan untuk membawanya pulang. Nikmati saat-saat berbelanja, sehingga hal tersebut menjadi sebuah kegiatan yang menyenangkan dan membuat kita puas setelah melakukannya.

5. Manfaatkan Diskon

Ada banyak situs belanja online yang rajin memberikan diskon bagi pelanggannya, dan kita bisa memanfaatkan hal ini untuk menghemat uang belanja, terutama bagi yang wajib melakukan belanja kebutuhan bulanan. Berbagai diskon tersebut akan membantu kita mendapatkan harga terbaik dan juga menguntungkan.

Namun selalu lakukan perbandingan harga di toko lain sebelum memutuskan untuk membeli di satu toko, karena bisa saja harga diskon di satu toko tertentu sama dengan harga non diskon di toko lain, atau bahkan mungkin lebih murah. Pastikan selalu melakukan perbandingan dan jangan mudah tergoda dengan sejumlah diskon yang ditawarkan oleh toko online, terutama jika toko online tersebut sepi dari pengunjung.

6. Belanja di Toko yang Memiliki Program Kartu Kredit

Bank penerbit kartu kredit banyak melakukan kerja sama dengan berbagai situs belanja online, di mana mereka bekerjasama untuk memberikan penawaran menarik bagi pengguna kartu kreditnya. Momen seperti ini bisa kita jadikan sebagai langkah penghematan, gunakan program tersebut untuk belanja dan dapatkan penawaran menarik yang diberikan oleh kartu kredit yang kita gunakan.

Namun, jangan sampai penawaran menarik ini justru membuat kita melakukan pemborosan, misalnya dengan membeli berbagai macam barang yang sama sekali tidak kita butuhkan. Tetap gunakan pertimbangan pada saat belanja di toko yang memiliki program kerjasama dengan kartu kredit yang kita gunakan, agar tagihan yang datang tidak sampai mengganggu keuangan. Informasi ini bisanya bisa kita dapatkan melalui katalog yang dikirimkan bersamaan dengan tagihan bulanan.

7. Manfaatkan Masa Tenggang Kartu Kredit

Jika dana yang kita miliki sedang terbatas, maka kita bisa manfaatkan kartu kredit untuk memenuhi berbagai macam kebutuhan yang mendesak. Gunakan kartu kredit untuk belanja, terutama pada masa tenggang, agar pembayaran bisa ditunda selama beberapa pekan ke depan. Dengan begitu, kita tetap bisa memenuhi kebutuhan kita, meski pada masa-masa sulit/saat gaji belum cair dari kantor.

8. Gunakan Poin Reward

Ada banyak keuntungan yang ditawarkan oleh kartu kredit, salah satunya adalah poin reward. Kita bisa manfaatkan poin reward yang kita miliki untuk berhemat, tukarkan poin tersebut dengan berbagai barang atau voucher belanja di toko online tertentu yang bisa kita gunakan sewaktu-waktu. Hal ini akan membantu kita berhemat cukup banyak, terutama jika kita memiliki poin reward dalam jumlah yang cukup banyak.

Belanja dengan Perhitungan Tepat

Ada banyak alasan mengapa kita suka melakukan belanja secara online, namun hal utama yang tetap harus dipertimbangkan adalah mengenai keuntungan yang akan kita dapatkan dari kegiatan tersebut. Belanjalah dengan penuh perhitungan, agar pembelanjaan yang kita lakukan bisa memberi manfaat dan juga keuntungan yang maksimal.

Baca Juga: Apa Itu Rekening Bersama? Ini penjelasannya