Beli Mobil Bekas? Ini Untung dan Ruginya

Sebagai kendaraan yang penting dan dibutuhkan untuk mobilitas, mobil saat ini memang menjadi primadona banyak orang untuk memilikinya. Tingkat kenyamanan yang tinggi dibanding dengan kendaraan umum sepertinya menjadi alasan mengapa sekarang banyak orang berlomba-lomba mempunyai kendaraan beroda empat ini.

Untuk membeli mobil bekas kini semakin mudah. Karena Anda tidak harus membelinya dengan uang tunai secara langsung, namun Anda bisa memiliki mobil ini dengan cara mengangsurnya atau kredit. Dan saat ini membeli mobil secara kredit memang lebih diminati daripada tunai. Faktor kemudahan dan layanan serta fasilitas yang diberikan lembaga kreditur menjadi alasan orang lebih memilih membeli mobil secara kredit ini.

Namun sayangnya banyak orang yang masih bingung saat akan memutuskan apakah akan mengambil kredit mobil baru atau mobil bekas? Jika keuangan Anda cukup besar dan stabil, mengambil kredit mobil baru mungkin tidak menjadi masalah, namun bagaimana jika keuangan Anda sangat minim. Mungkin mengambil kredit mobil bekas bisa menjadi solusi. Tidak hanya masalah pembiayaan dalam hal memenuhi cicilan, beberapa pertimbangan lain yang perlu Anda lakukan. Seperti keuntungan dan kerugian apa saja yang Anda dapatkan dari membeli mobil bekas

Baca Juga :  7 Hal Ini Wajib Kamu Pikirkan Sebelum Membeli Mobil

Keuntungan Mengambil Mobil Bekas

Nah, bagi Anda yang masih ragu untuk membeli mobil bekas. Berikut ini kami berikan beberapa uraian mengenai keuntungan membeli mobil bekas. Apa saja? Ini dia.

1. Mendapat Harga Yang Murah

Mendapat Harga Yang Lebih Murah

Mendapat Harga Yang Lebih Murah via canowm.com

Keuntungan pertama mengambil kredit mobil bekas adalah mendapatkan harga dan angsuran yang lebih murah. Nilai mobil yang turun dari waktu ke waktu memang akan membuat cicilan mobil bekas akan lebih murah daripada kredit mobil baru. Jika tahun 2005 harga mobil tersebut 100 juta, bisa jadi tahun ini sudah tinggal 80 juta. Inilah mengapa membeli mobil bekas sangat menguntungkan. Apalagi jika membelinya dengan kredit mobil bekas murah, maka Anda akan memperingan pembayaran karena Anda tidak perlu menyiapkan banyak dana untuk uang muka dan cicilannya.

2. Proses Lebih Mudah dan Cepat

Proses Lebih Mudah Dan Cepat

Proses Lebih Mudah Dan Cepat via pierremoneymartcars.com

Berikutnya keuntungan mengambil kredit mobil bekas adalah proses yang lebih cepat. Dalam proses pengajuan dan administrasi kredit mobil bekas ini umumnya memang akan berjalan lebih cepat dan mudah dibanding proses pengajuan kredit mobil baru. Dengan proses pengajuan yang cepat dan mudah ini tentu Anda yang ingin segera menggunakan mobil ini untuk kebutuhan akan segera terlaksana.

3. Dapat Segera Digunakan

Dapat Segera Digunakan

Dapat Segera Digunakan via pierremoneymartblog.com

Saat mobil ini cepat Anda dapatkan, bagi Anda seorang pebisnis yang akan menggunakannya untuk keperluan usaha dengan segera tentu akan sangat menguntungkan Anda. Kredit mobil bekas juga bisa langsung Anda gunakan di jalan karena plat nomor kendaraan akan langsung ada dan tertera. Beda dengan kredit mobil baru yang mengharuskan Anda menunggu plat nomor kendaraan dari kepolisian datang untuk bisa Anda gunakan.

Kerugian Mengambil Kredit Mobil Bekas

Bagi Anda yang sudah yakin dalam memilih mobil bekas, kami menyarankan untuk tetap memperhatikan beberapa hal karena bisa merugikan Anda ketika masalah ini tidak dipikirkan. Ini dia.

1. Bunga Cicilan Lebih Besar

Bunga cicilan lebih besar

Bunga Cicilan Lebih Besar via thinkglink.com

Perbedaan dalam proses pembelian mobil baru dan mobil bekas adalah pada besaran bunga cicilan. Mobil bekas memiliki bunga cicilan yang lebih besar dibandingkan mobil baru. Jika kredit mobil baru memiliki bunga cicilan 3% per tahun, maka bunga setoran untuk kredit mobil bekas dapat mencapai 6% per tahun. Selain tingkat bunga, sebagaimana dijelaskan sebelumnya, setoran dari kredit mobil bekas juga akan ditambah dengan premi asuransi. Besaran premi asuransi mobil salah satunya ditentukan oleh usia kendaraan. Makin tua usia mobil, maka tingkat atau suku premi asuransinya juga makin besar. Oleh karena itu, ada baiknya untuk mempertimbangkan hal ini saat hendak membeli mobil bekas

2.  Harga Jual Kembali Yang Rendah

  Harga Jual Kembali

Harga Jual Kembali via img.autobytel.com

Saat Anda telah melunasi seluruh angsuran dari kredit mobil bekas Anda setelah melewati beberapa tahun, tentu Anda akan melihat bahwa harga mobil Anda dipasaran yang berbeda. Bukan harga tinggi yang didapat, tapi harga yang rendah yang akan Anda dapat. Harga mobil memang akan terus turun dari tahun ke tahun seperti layaknya harga produk elektronik. Munculnya mobil dengan fitur dan model yang baru membuat harga mobil sebelumnya akan menjadi terus menurun dari waktu ke waktu. meskipun mengambil kredit mobil baru juga akan mengalami hal yang sama, namun untuk harga jual tentunya harga kredit mobil baru akan lebih tingi daripada harga jual kredit mobil bekas.

Baca Juga : Perhatikan 5 Hal Penting Ini Sebelum Kredit Mobil

Solusi : Gunakan Mobil Untuk Usaha

Rental Mobil

Rental Mobil via wordpress.com

Untuk menghindari atau meminimalisir kerugian saat mengambil kredit mobil bekas, Anda bisa mensiasatinya dengan menjadikan mobil yang Anda cicil sebagai penghasil uang. Bisnis pertama yang memungkinkan Anda menghasilkan uang dari mobil kredit Anda adalah penyewaan (rental mobil). Jika dalam seminggu ada 2 orang saja yang menyewa mobil dengan harga masing-masing Rp 500.000, maka dalam sebulan pemilik mobil bisa meraup rejeki sekitar Rp 4 juta. Biaya ini sudah cukup untuk membayar cicilan mobil.

Bisnis lain yang bisa membuat mobil kredit Anda menghasilkan uang adalah bisnis catering, kurir, atau berjualan. Jika bisnis yang Anda jalankan tersebut terus lancar, maka bisa jadi Anda tidak perlu repot-repot mengeluarkan uang untuk membayar cicilan. Malah bisa jadi Anda akan mampu mendapatkan uang lebih dari bisnis yang Anda jalankan. Dari sini tentu bukan kerugian lagi yang muncul dari kredit mobil bekas namun malah keuntungan yang akan Anda dapatkan.

Pilih Mobil Dengan Kondisi Mesin Yang Masih Bagus 

Cara lain untuk Anda yang akan mengambil kredit mobil bekas agar terhindar dari kerugian adalah dengan membeli mobil bekas yang kondisinya masih prima dan bagus. Terutama untuk bagian mesin, Anda harus benar-benar memastikan bahwa kondisinya tidak bermasalah dan masih bagus. Mesin memang bagian yang krusial bagi sebuah kendaraan termasuk mobil. Maka untuk bagian yang satu ini Anda tidak boleh kompromi. Anda harus bisa memastikan kondisi mesin mobil bekas yang akan Anda ambil masih bagus dan prima.

Namun meski bagian mesin adalah yang utama bukan berarti Anda juga mengabaikan bagian mobil lainnya. Bagian mobil lain seperti cat, ban serta bagian dalam seperti jok dan kursi juga perlu Anda perhatikan. Intinya semakin Anda detail dan mampu mendapatkan mobil bekas dengan kualitas yang masih baik maka peluang Anda mendapatkan keuntungan dari kredit mobil tersebut juga akan semakin besar.

Baca Juga : 5 Kesalahan Umum Saat Membeli Mobil Bekas