Beli Mobil Bekas Tanpa Perantara, Ini Dia Caranya

Sebagai sebuah kendaraan yang penting untuk digunakan berbagai keperluan dari bisnis hingga kepentingan pribadi, mobil saat ini memang menjadi sesuatu yang penting untuk dimiliki. Dengan kondisi transportasi umum yang tak juga kunjung membaik membuat keberadaan mobil menjadi yang terdepan bagi sebagian orang. Dan salah satu pilihan memiliki mobil yang kini juga mendapatkan tempat adalah pembelian mobil bekas. Untuk bisa memiliki mobil bekas ini sekarang banyak cara dan pilihan yang bisa dipakai. Anda bisa mencari mobil bekas ini dengan cara menggunakan jasa perantara atau penengah (makelar), mendatangi showroom atau langsung mendatangi penjual yang berniat menjual mobilnya. Tentunya diantara tiga cara tersebut semua memiliki masing-masing kelebihan dan kekurangan.

Membeli mobil bekas melalui jasa perantara atau penengah (makelar) tentunya harus membuat Anda menyediakan budget tersendiri untuk komisi makelar tersebut yang telah mencarikan mobil untuk Anda. Namun bagi Anda yang sangat membutuhkan mobil bekas ini dengan cepat, maka memakai jasa perantara memang akan menjadi solusinya. Sedangkan membeli ke showroom memang akan membuat Anda memiliki banyak pilihan mobil bekas untuk bisa Anda pilih, namun lagi-lagi budget yang harus Anda sediakan saat membeli mobil di showroom ini juga harus besar. Mengapa demikian? Ini karena showroom juga harus memberikan komisi pada setiap mobil yang terjual, maka harga mobil yang harus ditanggung pembeli akan membengkak.

Bagaimana dengan pembelian secara langsung pada penjual mobil bekas tanpa perantara? Tentunya jika Anda bisa melakukannya, itu akan lebih baik. Selain harga yang akan Anda dapatkan akan jauh lebih murah karena tidak ada bagi komisi yang harus ditanggung, Anda juga berpeluang besar mendapatkan mobil dengan kondisi yang bagus dan berkualitas. Dengan banyaknya media massa yang bisa dimanfaatkan dan kemudahan dalam mendapatkan informasi, membeli mobil tanpa perantara bukanlah menjadi hal yang sulit.

Berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan dalam membeli mobil bekas tanpa perantara 

1. Cermati Penjual Di Sepanjang Jalan

  Mobil dijual

Mobil Dijual via mobil.org

 

Cara dan trik pertama untuk mendapatkan mobil bekas tanpa perantara atau penengah ini adalah dengan mencermati penjual di sepanjang jalan. Saat Anda berada di perjalanan jangan lupa coba untuk mengamati apa yang ada disekitar Anda. Umumnya memang beberapa pemilik mobil ini memang menjual mobilnya dengan menempelkan informasi penjualan mobil dibagian kaca mobilnya di pinggir jalan. Memang agak sulit untuk bisa mendapatkan mobil bekas dengan cara ini, terlebih saat Anda sedang berkendara yang membutuhkan konsentrasi menyetir. Namun cara ini bisa Anda lakukan dengan baik saat Anda mungkin sedang jalan-jalan atau sedang naik kendaraan umum atau sedang dibonceng atau nebeng kendaraan teman. Saat dalam keadaan itulah cobalah menengok kanan-kiri di sepanjang yang Anda lewati untuk mengamati mobil-mobil yang terparkir di pinggir jalan yang sedang dijual oleh pemiliknya.

2. Lihat Iklan di Media Massa

  Lihat Iklan di Media Massa

Lihat Iklan Di Media Massa via ayolahmenulis.com

 

Iklan media massa seperti koran merupakan tempat atau sarana berikutnya untuk Anda mencari informasi penjualan mobil. Beberapa media cetak atau koran nasional memang memberikan halaman tersendiri untuk space iklan penjualan. Anda bisa mencari di kolom iklan tersebut. Biasanya informasi atau iklan penjualan otomotif ini berada di halaman belakang koran berupa iklan baris. Tapi tak menutup kemungkinan juga ada kolom iklan besar yang muncul. Disana carilah iklan dari penjual yang benar-benar dari pemiliknya langsung. Ini karena di halaman iklan tersebut beberapa dealer atau showroom juga tidak sedikit yang menampilkan iklannya. Jadi saat mengamati iklan di media koran ini Anda harus cermat untuk mencari iklan yang benar-benar dari pemilik mobilnya langsung. Di halaman iklan ini Anda juga akan mendapatkan banyak pilihan mobil. Asalkan Anda membeli koran yang berskala nasional dan besar, maka pengiklan mobil biasanya akan semakin banyak.

Baca Juga : 5 Kesalahan Umum Saat Membeli Mobil Bekas

3. Cari Lewat Online

Lewat media online

Cari Lewat Online via images.wisegeek.com

 

Saat ini dunia online sangat berkembang sangat pesat. Jika Anda sudah terhubung dengan internet melalui smartphone, cobalah mencarinya melalui mesin pencari dengan mengetikkan kata kunci tertentu yang mengarah pada pembelian dan penjualan mobil bekas. Tidak sampai lima detik setelah menekan enter, Anda akan disuguhkan daftar link yang menjual mobil bekas. Selain melalui mesin pencari, Anda juga bisa mencari mobil bekas ini melalui marketplace atau situs penjualan online. Dari dua cara online itu, cobalah cari yang benar-benar merupakan penjual yang langsung sebagai pemiliknya, bukan dealer atau showroom.

4. Lakukan Pengecekan dan Tes Drive Mobil Secara langsung

Lakukan tes drive

Lakukan Tes Drive via allcarleasing.co.uk

 

Setelah mendapatkan penjual mobil bekas dari beberapa cara diatas, maka saatnya melakukan kontak dan berbicara tentang pertemuan untuk bisa melihat kondisi mobil dan lainnya. ketika pertemuan berlangsung maka saatnya melakukan pengamatan seluruh keadaan mobil. Bagian mesin, eksterior, interior hingga aksesoris adalah empat bagian penting yang harus Anda periksa dan cek kondisinya. Terutama sekali bagian mesin, Anda tak bisa kompromi dengan hal ini. Anda wajib memastikan bagian mesin ini memiliki kondisi yang masih bagus meskipun mobil dalam kondisi bekas. Dengarkan suara mesin dari mobil tersebut. Jika mesin masih terdengar halus maka Anda bisa lanjut ke tahap tes drive. Lakukan saja tes drive bersama pemilik untuk benar-benar mengetahui performa mesin dan mobil yang sebenarnya.

5.  Tanyakan Kelengkapan Mobil dan Tawar Harga

Kelengkapan Dokumen

Tanyakan Kelengkapan Dokumen via leonardkim.com

 

Tahap terakhir, cara membeli mobil bekas tanpa perantara atau penengah adalah dengan menanyakan kepada pembeli tentang kelengkapan mobil yang ada. Saat Anda sudah melihat secara keseluruhan kondisi mobil dan juga melakukan tes drive dan Anda sudah merasa cocok, saatnya Anda menanyakan segala kelengkapan mobil yang ada seperti surat-surat kendaraan, asuransi dan bukti cek fisik dan lainnya. Jika semuanya telah ada, lengkap dan asli maka saatnya lakukan ke tahap terakhir yaitu penawaran harga. Tawarlah harga yang diberikan oleh pihak penjual, sesuaikan dengan kemampuan keuangan Anda.

Baca Juga : 7 Hal Ini Wajib Kamu Pikirkan Sebelum Membeli Mobil

Sesuaikan Dengan Kebutuhan Anda

Salah satu alasan orang membeli mobil bekas adalah karena harganya yang relatif terjangkau dibandingkan membeli mobil baru, namun bukan  berarti itu menjadi satu-satunya pertimbangan penting dalam membeli mobil bekas. Selain harganya terjangkau, pilihlah mobil yang benar-benar Anda butuhkan. Pertimbangkan dengan baik dari segi kapasitas dan fungsinya, karena meskipun lebih murah Anda harus tetap memperhitungkan biaya yang akan dikeluarkan untuk perawatan nantinya. Pilihlah mobil bekas yang memiliki kondisi mesin yang baik agar Anda tidak perlu mengeluarkan biaya lebih banyak dari saat membelinya, saat mobil bekas yang Anda beli mengalami kerusakan.

Baca Juga :  Tips Agar Kredit Mobil Anda Disetujui