Belum Lengkap Rasanya Belajar Investasi Tanpa Baca 5 Buku Ini

Ada banyak alasan mengapa seseorang memutuskan untuk menunda atau tidak berinvestasi dulu. Sekalipun orang tersebut paham betapa pentingnya melakukan investasi. Di antara banyak alasan yang kerap dilontarkan, pemahaman yang kurang dan risiko yang terkandung dalam investasi menjadi dua hal yang paling sering terdengar.

Investasi bisa menjadi kegiatan yang membawa dampak baik dan mendukung keuangan menjadi lebih mapan. Itulah mengapa hal ini perlu dilakukan supaya kondisi finansial terjaga. Daripada menunda atau tidak melakukan investasi, cobalah untuk mempelajari dan memahaminya supaya lebih bijak dan mengambil keputusan yang tepat dalam berinvestasi.

Sejumlah buku investasi bisa dijadikan pilihan. Mengingat buku-buku ini berisi pengalaman dan berbagai tips terbaik untuk memulai investasi. Jika sudah memiliki pemahaman yang baik sejak awal, berbagai keputusan investasi yang kelak akan dilakukan tentu akan tepat sasaran.

Berikut ini adalah lima buku terbaik yang pas dijadikan sebagai pilihan untuk belajar investasi.

Baca Juga: Kesalahan dalam Melakukan Investasi dan Cara Memilih Investasi yang Tepat

1. The Essays of Warren Buffett: Lessons For Corporate America

Warren Buffett
Warren Buffett Adalah Salah Satu Orang Terkaya di Dunia dengan Kekayaan Miliaran Dolar

Buku yang ditulis Warren Buffett ini menjadi salah satu pilihan tepat bagi yang ingin terjun untuk berinvestasi secara profesional. Buffett mengungkapkan secara luas mengenai berbagai poin penting dalam berbagai keputusan keuangan sebuah perusahaan.

Buku ini berisi berbagai tips-tips dan kebijakan-kebijakan penting yang harus dijalankan dalam perusahaan. Semua hal tersebut akan membuat nilai dan keuangan perusahaan menjadi meningkat dari sebelumnya. Bukan hanya bagi profesional, buku ini juga akan sangat tepat dibaca para investor pemula.

2. Rich Dad, Poor Dad

Robert Kiyosaki
Rich Dad, Poor Dad Robert Kiyosaki Tercatat Sebagai Salah Satu Buku Bestseller

Buku yang ditulis Robert Kiyosaki ini memberikan pandangan yang berbeda mengenai uang dan kemapanan. Buku yang menceritakan tentang dua orang ayah ini mencoba untuk menggambarkan bagaimana seseorang bisa saja bekerja dan mencapai kesuksesan dalam hidupnya. Namun, tidak mencapai kesuksesan dalam kehidupan finansialnya.

Kesuksesan dalam karier dan finansial adalah dua hal yang sangat berbeda, bahkan kedua hal ini bisa saja memberi akhir yang saling bertolak belakang di kehidupan yang akan datang. Melalui buku ini, Kiyosaki mencoba untuk memberikan pandangan-pandangan yang nyata dan berbeda mengenai keuangan, termasuk pentingnya untuk mengupayakan yang terbaik dalam pengelolaan keuangan.

Anda Bingung Cari Produk Kredit Multi Guna Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KMG Terbaik! 

3. Think and Grow Rich

Napoleon Hill
Buku Think and Grow Rich Dinobatkan Menjadi Buku Terlaris Sepanjang Masa

Buku ini berisikan hasil penelitian Napoleon Hill terhadap berbagai aspek yang dianggapnya penting dan berpengaruh dalam kesuksesan seseorang. Hal ini dituliskan Hill berdasarkan pengalaman hidupnya dalam menjalin hubungan bersama dengan orang-orang kaya di lingkungannya.

Setidaknya, Hill mengungkapkan 13 prinsip penting yang akan memengaruhi kesuksesan dan juga kemapanan seseorang. Hingga saat ini Think and Grow Rich masih banyak dicari dan dibaca banyak orang yang ingin belajar sukses.

4. The Intelligent Investor

Benjamin Graham
Buku Intelligent Investor Adalah Salah Satu Bacaan Warren Buffett

Buku yang telah ditulis lebih dari setengah abad yang lalu ini masih menjadi salah satu buku pilihan yang banyak digunakan untuk belajar mengenai investasi. Melalui buku ini, Benjamin Graham mencoba untuk memaparkan betapa pentingnya untuk mengenali setiap saham yang akan dibeli dan melihat dengan jelas bagaimana analisis fundamental saham tersebut. Sebab ini akan memberikan efek yang besar terhadap keputusan yang akan diambil.

5. Beating The Street

Peter Lynch
Peter Lynch Disebut sebagai "Legendary" dalam Dunia Investasi

Melalui buku yang ditulisnya ini, Peter Lynch akan membagikan pengalamannya dalam mengelola saham dan menjadikan investasi tersebut berjalan dan meningkat dengan tajam. Ada banyak hal yang coba dibagi Lynch dalam Beating The street, termasuk cara mengambil keputusan-keputusan penting dalam investasi yang dilakukannya agar semua investasi tersebut tumbuh dengan maksimal dan memberikan imbal hasil yang tinggi setiap tahunnya.

Peter Lynch memiliki pandangan khusus terkait setiap investasi yang dilakukannya. Hal inilah yang menjadi dasar keputusannya dalam menjual dan membeli saham-saham yang dianggapnya berpotensi.

Baca Juga: Kenali Lebih Dalam Apa Itu Investasi Bodong

Tingkatkan Kemampuan Investasi dengan Buku yang Tepat

Investasi bukanlah sebuah hal yang mustahil untuk dipelajari meskipun terdapat banyak resiko di dalamnya. Cobalah untuk belajar untuk mengelola berbagai risiko dalam investasi agar bisa berjalan dengan lancar dan mendatangkan keuntungan. Pilih buku bacaan yang tepat agar kemampuan dalam berinvestasi juga semakin meningkat.

Baca Juga: Mau Pilih Investasi atau Trading? Kenali Perbedaannya