Belum Punya Internet Banking Muamalat? Begini Cara Daftarnya

Belakangan ini terdengar beberapa informasi menarik terkait trend bank syariah di Indonesia. Meskipun hingga saat ini pangsa pasar nya hanya mencapai 5,1% dari total keseluruhan industri perbankan di Indonesia, namun pertumbuhannya memperlihatkan trend positif.

Salah satu bank syariah terbesar dan tertua di Indonesia adalah Bank Muamalat. Didirikan pada tahun 1991 dan diprakarsai oleh Majelis Ulama Indonesia yang bekerja sama dengan pemerintah Indonesia, dan hingga saat ini telah menjadi salah satu bank devisa.

Jika dulu Kita mengenal bank dengan prinsip syariah masih menggunakan sistem perbankan konvensional dan terkesan kuno, kini semuanya telah bergeser menjadi sistem online. Salah satu yang menerapkan hal tersebut adalah Bank Syariah yang juga telah menjalankan sistem Internet Banking.

Secara garis besar, Internet Banking yang dijalankan oleh Bank Muamalat sistemnya sama seperti bank konvensional lainnya. Yakni sama sama memberikan akses layanan perbankan selama 24 jam setiap harinya yang menggunakan SMS Token serta sistem autentikasi oleh nasabah.

Sedangkan jangkauan layanannya pun bebas Anda tentukan sendiri selama terhubung dengan internet. Nasabah pun dapat memonitoring setiap transaksi keuangan pribadi maupun bisnis dari seluruh rekening Bank Muamalat dalam 1 CIF (Customer Information File).

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Kelebihan Layanan Internet Banking Muamalat

Mobile Banking Bank Muamalat
Mobile Banking Bank Muamalat via youtube.com

Sama seperti Internet banking yang dikeluarkan oleh bank-bank lain yang ada di Indonesia. Internet Banking Muamalat pun memiliki beberapa kelebihan yang dapat dijadikan sebagai acuan. Berikut selengkapnya :

  • Anda hanya cukup memiliki media seperti laptop, tablet, hingga smartphone dan koneksi internet tentunya untuk menggunakan layanan internet banking bank Muamalat. Sehingga Anda pun bisa menggunakan layanan internet banking dimana pun dan kapan pun selama terkoneksi dengan internet.
  • Berbeda dengan internet banking pada umumnya yang masih menggunakan token fisik untuk mengautentifikasi transaksi. Untuk menggunakan Internet Banking Bank Muamalat, Anda hanya membutuhkan soft token atau mPassCode berupa SMS dengan limit transaksi.
  • Satu Akses. Satu user ID untuk semua produk

Syarat yang Harus Dipenuhi

Untuk yang tertarik untuk memiliki Internet Banking bank Muamalat, berikut adalah beberapa syarat yang harus dipenuhi :

  • Nasabah Perorangan
  • Memiliki Rekening Tabungan
  • Memiliki Kartu ATM Muamalat
  • Melakukan Registrasi Internet Banking di ATM Muamalat
  • Memiliki e-mail
  • Memiliki jaringan internet
  • Akses web internet banking https://ib.muamalatbank.com

Biaya

Berbicara mengenai biaya transaksi, salah satu kelebihan dari Bank Muamalat adalah tidak mengenakan biaya administrasi bulanan. Selain biaya transaksi bulanan, berikut adalah rincian biaya penggunaan Internet Banking Muamalat yang perlu diketahui :

  • Biaya atas penggunaan soft token (mPassCode) sebesar Rp550/SMS
  • Biaya penggunaan layanan data (internet) sesuai operator telekomunikasi yang digunakan
  • Pada transaksi tertentu ada biaya transaksi yang dikenakan, misal : transfer ke Bank lain

Fitur, Limit & Biaya Transaksi

Fitur Transaksi

Limit Transaksi Per Hari

Biaya

Informasi

1

Informasi Saldo

---

Gratis

2

Informasi Mutasi Rekening

---

Gratis

3

Informasi Kurs

---

Gratis

Transaksi Finansial

1

Transfer antar Bank Muamalat

Rp  50.000.000,-

Gratis

2

Transfer ke Bank lain

Rp  25.000.000,-

Rp  6.500,-

3

Transfer ke Bank lain (SKN)

Rp  100.000.000,-

Rp  5.000,-

4

Transfer ke Bank lain (RTGS)

Rp  200.000.000,-

Rp  20.000,-

5

Transfer Terjadwal

---

Gratis

Pembelian

1

Pulsa Isi Ulang
(Telkomsel dikenakan biaya Rp 1.500,-)

Rp 2.000.000,-*

Gratis

2

TV Berlangganan (Orange TV)

Sesuai Saldo

Gratis

3

Topup Kartu Blitz

Sesuai Saldo

Gratis

Pembayaran

1

Telkom Group

(Telkom, Speedy, Flexi, TelkomVision/TransVision)

Sesuai Saldo

Rp 3.000,-

2

Tagihan Ponsel
(Telkomsel, Indosat, XL/Axis, Tri, Esia, Smartfren)

Sesuai Saldo

Gratis

3

TV Berlangganan
(Indovision, OkeVision, TopTV, NexMedia)

Sesuai Saldo

Gratis

4

TV Berlangganan (Topas TV)

Sesuai Saldo

Rp 3.500,-

5

ZIS (Zakat, Infaq & Shadaqoh)

(RZI dan Dompet Dhuafa dikenakan biaya Rp 1.500,-)

Sesuai Saldo

Gratis

6

Asuransi Jiwa Sinarmas

Sesuai Saldo

Gratis

7

Virtual Account Muamalat

Sesuai Saldo

Rp 1.000,-

Cara Registrasi dan Aktivasi Internet Banking

Registrasi dan Aktivasi Internet Banking
Registrasi dan Aktivasi Internet Banking

1. Pendaftaran melalui ATM Muamalat

  • Datang lah ke ATM Muamalat terdekat
  • Masukkan kartu ATM Bank Muamalat Anda dan pilih lah transaksi lain
  • Kemudian pilih menu “Registrasi”
  • Selanjutnya pilih menu “Internet Banking”
  • Lalu pilih “Buat Password”, kemudian masukkan password tersebut
  • Selanjutnya struk akan keluar dan bertuliskan User ID dan mPassCode untuk log in saat aktivasi Internet Banking Muamalat
  • Setelah mendapatkan struk yang berisi User ID dan mPassCode, simpan lah struk tersebut. Anda bisa mengaktifkan Internet Banking Muamalat dengan cara masuk ke https://ib.muamalatbank.com, kemudian masukkan User ID dan mPassCode yang telah Anda dapatkan dari ATM saat mendaftar sebagai pengguna Internet Banking Muamalat.
  • Selanjutnya pilih menu buat password dan masukkan 8 karakter unik sesuai keinginan. Ingat, selalu jaga keamanan password tersebut dan jangan sampai lupa saat akan menggunakannya.
  • Selanjutnya masukkan User ID baru dan alamat email untuk memverifikasi akun.

2Pendaftaran Internet Banking Melalui PINPAD

Pendaftaran Internet Banking Bank Muamalat pun bisa di lakukan melalui Pin Pad yang tersedia di beberapa merchant yang telah bekerja sama dengan Bank Muamalat maupun yang berada di bank muamalat terdekat. Berikut ini adalah cara registrasi Internet Banking Muamalat melalui Pin Pad :

  • Masuk lah ke menu “Registrasi”
  • Kemudian Pilih “Registrasi Internet Banking”
  • Lalu pilih “Konfirmasi Internet Banking”
  • Setelah itu, Anda akan diminta untuk menggesek kartu ATM Bank Muamalat. Gesek kartu ATM dan masukkan PIN kartu tersebut.
  • Selanjutnya, masukkan Nomor Handphone yang akan digunakan untuk menjadi nomor handphone verifikasi pengiriman mPassCode.
  • Selanjutnya input PIN Internet Banking kemudian ulang kembali untuk memverifikasi pin tersebut.
  • Konfirmasi registrasi internet banking.
  • Dan terakhir, Struk akan keluar yang menandakan registrasi telah berhasil.

Perhatikan!

  • Seletah registrasi Internet Banking Muamalat berhasil di lakukan di ATM Bank Muamalat, Anda hanya baru bisa melakukan transaksi non-finansial, seperti mengecek saldo dan mengecek mutasi rekning.
  • Untuk dapat bertransaksi finansial, Anda harus datang ke CS Bank Muamalat dan mengisi formulir pendaftaran SMS token melalui Cabang Bank Muamalat terdekat.

Datanglah ke kantor cabang Bank Muamalat.

Selain mendaftarkan Internet Banking Bank Muamalat melalui ATM, Anda pun bisa mendaftarkan akun bank Muamalat Anda untuk menikmati layanan Internet Banking dengan cara mengunjungi kantor cabang Bank Muamalat terdekat.

Namun untuk mepercepat proses pendaftaran internet banking, Anda bisa meregistrasikan tahap awal internet banking di ATM Bank Muamalat. Selanjutnya, tinggal membawa beberapa perlengkapan tersebut ke bank Muamalat dan sampaikan kepada Customer Service bahwa Anda hendak menaktifasi internet banking untuk transaksi finansial.  Anda akan diminta untuk mengisi formulir dan memberikan mPassCode yang didapatkan melalui SMS.

Baca Juga: Bank Mandiri: Kenali Internet Banking dan Cara Mendaftar

Login dan Perbarui Akun

Jika telah mengaktivasi akun internet banking Muamalat di kantor cabang terdekat, sangat dianjurkan untuk mengunjungi situs resmi bank muamalat di https:\\ ib.muamalatbank.com atau bankmuamalat.co.id yang dapat diakses melalui komputer maupun laptop pribadi.

Sangat disarankan untuk menggunakan komputer pribadi, hal tersebut guna menghindari peretasan terhadap akun bank yang Anda miliki.

Selanjutnya masuk ke menu internet banking. Setelah muncul menu pilihan, masukkan username dan password sesuai yang telah Anda buat sebelumnya. Kemudian setujui syarat dan ketentuan penggunaan internet banking Bank Muamalat.

Saat log in pertama kali, biasanya Anda akan diminta untuk mengganti password bawaan dengan password baru yang dikehendaki. Ingat, password tersebut harus lah kombinasi dari uppercase, lowercase, serta nomor. Hal tersebut guna menghindari penyusupan terhadap akun Bank. Kemudian Anda juga dapat mengganti username, lalu masukkan juga alamat email. Selanjutnya log in kembali dengan menggunakan username dan password baru.

Baca Juga: Cara Top Up BNI Tapcash Cara Cek Mutasi BNI Tapcash dan Penggunaannya

Semakin Mudah dan Praktis

Demikian lah beberapa hal yang perlu diketahui dari sistem Internet Banking Bank Muamalat. Penggunaan Bank Syariah yang semakin masif lantaran bersih dari riba pun cukup menarik banyak pengguna. Ditambah lagi saat ini sudah bisa menikmati layanan Internet Banking untuk mempermudah setiap transaksi secara realtime.

Baca Juga: Mengenal Layanan UOB Internet Banking