Benda Yang Wajib Ada Saat Mudik Menggunakan Mobil

Mudik dengan kendaraan pribadi seperti mobil semakin diminati dan menjadi pilihan utama, khususnya bagi Anda yang telah berkeluarga. Dari sisi keuangan, hal ini jauh lebih hemat dibandingkan membeli tiket transportasi umum yang harganya sudah naik hingga dua-tiga kali lipat dari harga normal. Di sisi lain, mudik dengan mobil juga menimbulkan risiko stres karena macet yang panjang akibat padatnya arus mudik lebaran. Tidak jarang, untuk menghindari kemacetan panjang saat arus mudik, beberapa orang justru memilih mudik pasca Lebaran, atau hari ke-2 setelah lebaran dengan kendaraan pribadi. Agar tahun ini mudik Anda terasa nyaman dan terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan, ada baiknya jika Anda menyiapkan barang-barang penting untuk perjalanan mudik Anda. Simak daftar benda yang wajib ada saat mudik dengan mobil: 

1. Ban Serep dan Dongkrak

Ban Serep dan Dongkrak via carmudi.co.id

 

Simbiosis mutualisme berlaku untuk kedua benda ini. Ban serep akan tidak berguna jika tanpa dongkrak, begitu pun sebaliknya dongkrak hanya dapat digunakan pada saat Anda mengganti ban mobil Anda. Pastikan benda ini ada di mobil Anda, untuk mengatasi pecah ban atau bocor di jalan. 

2. Toolkit

Toolkit via rubbmilitary.com

 

Sama seperti Ban serep dan dongkrak. Benda ini akan Anda butuhkan ketika mobil Anda mengalami masalah di tengah perjalanan mudik. Pilihlah toolklit yang sesuai dengan kendaraan yang Anda gunakan.

3. Charger Mobil

Charger Mobil via murah50.com

 

Sudah  menjadi rahasia umum jika charger menjadi kebutuhan utama masyarakat modern sekarang ini. Terlebih jika smartphone yang Anda gunakan memiliki fitur-fitur canggih serta layar beresolusi tinggi, tentu akan menghabiskan lebih banyak daya baterai. Maka dari itu, charger atau colokan listrik di dalam mobil menjadi hal yang wajib ada saat Anda mudik menggunakan mobil.

4. Alat Navigasi

GPS via blog.advanceautoparts.com

 

Jika mobil Anda tidak dilengkapi dengan GPS. Jangan khawatir Anda bisa menggunakan aplikasi GPS yang ada di smartphone Anda. Alat ini akan sangat membantu Anda selama perjalanan mudik. Beberapa aplikasi bahkan menyediakan informasi daerah mana saja yang macet dan menyediakan rute yang paling efisien untuk perjalanan Anda.

5. Kotak P3K

Selalu Sedia P3K via blog.sitata.com

 

Obat-obatan menjadi hal terpenting yang  harus ada dalam mobil Anda. Terutama untuk Anda yang bepergian dengan anak kecil, persediaan obat-obatan seperti minyak kayu putih, balsem bayi, losion nyamuk hingga termometer hal yang wajib Anda bawa sebagai langkah antisipasi terhadap hal-hal yang tidak terduga.

6. Kunci Setir

Kunci Setir via klitikanjogja.com

 

Kita tidak pernah tahu situasi jalan atau daerah yang akan kita singgahi. Walaupun beberapa tempat yang akan Anda lewati atau kunjungi tergolong aman, namun tidak ada salahnya Anda mengantisipasi segala kemungkinan terburuk. Seperti pencurian mobil yang sering kali terjadi dengan membawa benda ini. Gunakan kunci setir ketika dimanapun Anda singgah untuk beristirahat selama perjalanan dan ketika tiba di tempat tujuan Anda.

7. Kabel Jumper

Kabel Jumper via speedarchitech.com

 

Alat ini bisa Anda pergunakan ketika mobil Anda mendadak mati karena kehabisan aki di tengah perjalanan. Kabel ini dapat Anda gunakan untuk “meminjam” listrik dari mobil lain. Terutama bagi Anda yang memiliki kendaraan bertransmisi otomatis.

8. Jerigen dan Pompa Penyedot Bensin

Jangan lupa membawa jerigen bensin via beritajogja.id

 

Membawa jerigen dan pompa penyedot bensin akan sangat berguna bagi Anda yang akan berkendara dengan jarak jauh. Anda tidak perlu takut kehabisan bensin selama perjalanan sebab kamu bisa menggunakan jerigen ini untuk diisi bahan bakar cadangan agar perjalanan lancar dan mengantisipasi kondisi sulit menemukan pom bensin.  

 9. Roof Box

Roof Box via blog.mercedes-benzsouthwest.co.uk

 

Bagi Anda yang sering melakukan perjalanan mudik menggunakan mobil, tentu saja tidak asing dengan Roof Box yang biasa di taruh di atap mobil. Roof Box sendiri berfungsi sebagai tambahan bagasi di mobil Anda, tanpa mengurangi kenyamanan Anda saat mudik.

10. Tempat Sampah

Tempat Sampah via aliimg.com

 

Jangan lupa menyertakan benda satu ini di dalam mobil Anda. Banyaknya sampah bekas bungkus permen, makanan atau botol minuman pada saat perjalanan jauh, tentu membuat akan membuat perjalanan Anda menjadi tidak nyaman. Oleh sebab itu, sediakan tempat sampah di dalam mobil Anda, atau jika tidak ingin repot Anda bisa menyediakan kantong plastik khusus sebagai gantinya. Adanya tempat sampah dalam mobil Anda tidak hanya berguna menjaga kebersihan mobil Anda, namun juga menghindarkan Anda dan keluarga Anda dari semut atau serangga sejenis lainnya.

Baca Juga: 7 Hal Ini Wajib Kamu Pikirkan Sebelum Membeli Mobil

11. Parfum Mobil

Parfum Mobil via team-bhp.com

 

Bau tidak sedap di dalam mobil tentu akan sangat mengganggu Anda selama perjalanan. Oleh karena itu selain menyediakan tempat sampah untuk mengantisipasinya, Anda juga dapat memanfaatkan parfum mobil untuk menghilangkan bau tidak sedap selama perjalanan mudik Anda.

12. CD/MP3 Player

Cd/Mp3 in Car via explorationsandescapism.files.wordpress.com

Kemacetan adalah salah satu hal yang tidak bisa dihindari pada saat mudik. Hal tersebut yang terkadang membuat kita jenuh dan stres selama perjalanan, dan mendengarkan musik adalah salah satu cara mengatasinya. Oleh karena itu, sertakan juga benda ini dalam daftar barang yang Anda bawa saat mudik.

Baca Juga : 7 Tips Mudik Aman Dengan Kendaraan Pribadi

Update

13. Uang Tunai 

 

Bawalah uang tunai secukupnya saat mudik via peruri.co.id

 

Dalam perjalanan mudik, kamu juga perlu menyiapkan uang tunai. Bawalah uang tunai secukupnya, sediakan uang receh di mobil untuk keperluan membayar uang tol dan uang parkir, atau untuk diberikan kepada pengamen selama perjalanan mudik.    

Cek Sekali Lagi 

Ada baiknya, satu hari sebelum Anda berangkat mudik. Tulis dan cek barang-barang yang akan Anda bawa, untuk memastikan tak ada satu pun yang tertinggal. Selamat Lebaran dan selamat mudik teman cermat. jangan lupa utamakan keselamatan di jalan.

Baca Juga : Lakukan Hal Ini Agar Tidak bangkrut Usai Mudik Lebaran