Berburu Tiket Murah Saat Lebaran? Ini caranya!

Berbicara tentang libur lebaran memang tidak lepas dari libur panjang yang selalu menjadi rutinitas tahunan di Indonesia. Baik libur panjang untuk para pekerja, maupun bagi mereka yang masih mengenyam pendidikan di bangku sekolah.

Kesempatan seperti ini biasanya dimanfaatkan oleh mereka yang setiap hari sibuk dengan berbagai aktivitas dipekerjaannya, untuk pergi ke berbagai tempat untuk sekedar rekreasi atau pun mengunjungi keluarga di tempat atau negara lain. Akan tetapi mahalnya tiket menjelang lebaran, menjadi sebuah dilema tersendiri bagi mereka yang tidak mempunyai waktu libur panjang selain di hari lebaran. Berburu tiket murah menjadi salah satu cara yang dilakukan untuk dapat berlibur tanpa merogoh kocek dalam-dalam.

Dan seperti banyak jalan banyak jalan menuju Roma, banyak juga cara mendapatkan tiket murah. Berikut tips bagi Anda yang ingin mendapatkan tiket murah ketika berlibur.

1. Belilah Tiket Dari Jauh-Jauh Hari

Belilah Tiket Dari Jauh-jauh Hari

Belilah Tiket Dari Jauh-jauh Hari via timedotcom.files.wordpress.com

 

Hal ini mungkin tidak terdengar baru lagi di telinga Anda. Jika Anda ingin mendapatkan tiket dengan harga 10-30 persen lebih murah, lakukanlah pemesanan dari jauh-jauh hari. Maksimal 3 bulan sebelum keberangkatan. Bahkan jika Anda beruntung Anda bisa mendapatkan potongan harga 50 persen lebih murah.

2. Beli Tiket Dengan Cara Katak

Belilah Tiket Secara Katak

Beli Tiket Dengan Beberapa Tujuan Berbeda via taketheleaptravel.files.wordpress.com

 

Saat ini banyak orang menggunakan cara Katak untuk membeli tiket. Cara katak yang dimaksud disini adalah Anda membeli tiket tidak hanya menggunakan  satu maskapai saja. Misalkan, Anda ingin pergi liburan ke jepang ketika libur panjang. Biasanya Anda akan membeli tiket dengan rute Indonesia- Jepang. Berbeda jika dilakukan dengan cara katak, Anda bisa menyiasiati pembelian tiket dengan membeli beberapa tiket dengan rute yang berbeda. Anda membeli tiket pertama untuk tujuan Indonesia-Malaysia, selanjutnya bisa membeli tiket kedua Malaysia –Jepang. Biasanya harga tiket di negara asal LCC tersebut lebih murah, dan untuk tiket pulang Anda bisa melakukan cara yang sama. Karena tidak jarang maskapai memberikan promosi di waktu bersamaan.

3. Berburu Tiket Di Malam Hari

Berburu Tiket Malam Hari via blisstree.com

 

Malam hari adalah waktu yang cocok untuk Anda berburu tiket. Pasalnya di waktu seperti ini jarang sekali orang yang berburu tiket, itu berarti Anda akan minim sekali pesaing. Anda hanya perlu mengorbankan sedikit waktu tidur di malam hari. Sebagai tambahan info, untuk promo besar, beberapa maskapai LCC (Low Cost Carrier) biasanya memulai penjualan tiket mulai pukul 23.00 WIB.

4. Berlangganan Newsletter Dari Berbagai Maskapai

Newsletter Dari Berbagai Maskapai via networldsolutions.org

 

Untuk yang sering berpergian menggunakan pesawat. Hal ini wajib Anda lakukan, buatlah akun di setiap situs maskapai penerbangan dan daftarkan email Anda. Pasalnya beberapa maskapai melakukan promosi melalui cara ini. Mereka akan mengirim berbagai promo atau produk serta paket terbaru kepada Anda. Walaupun sedikit mengganggu karena akan ada banyak email yang masuk, namun cara ini tidak membutuhkan waktu atau tenaga cukup banyak. Anda hanya perlu mengecek email yang masuk secara 

5. Ikutilah Kuis Berhadiah Tiket

Ikuti Kuis Berhadiah Tiket via bigfive.com

 

Cara yang satu ini memang tidak menjamin akan selalu berhasil, namun tidak ada salahnya untuk Anda coba. Menjelang Lebaran banyak perusahaan penerbangan atau travel yang mengadakan kuis berhadiah tiket murah bahkan tidak sedikit yang memberikan secara cuma-cuma. Anda bisa mengikuti kuis berhadiah tiket seperti ini di berbagai sosial media, seperti Facebook, twitter, atau instagram. Syaratnya hanya satu, Anda harus cukup rajin untuk mengikuti update terbaru dari kuis tersebut.

6. Dapatkan Dengan Kartu Kredit yang Tepat

Beli Dengan Kartu Kredit

Beli Dengan Kartu Kredit Yang Tepat via newsbtc.com

 

Sekarang ini, banyak maskapai yang melakukan kerjasama dengan kartu kredit tertentu dalam hal promosi. Promo yang dilakukan biasanya mulai dari cashback, diskon, hingga cicilan tanpa bunga. Biasanya kartu kredit yang harus Anda butuhkan disini adalah kartu kredit co-brand yang bekerja sama dengan sebuah maskapai. 

7. Ikuti Forum-Forum Traveling

Ikuti Forum-forum Travelling via img.gawkerassets.com

 

Salah satu keuntungan mengikuti forum-forum travelling adalah, Anda bisa mendapatkan info tiket murah dari para member yang ada di forum tersebut. Selain itu Anda juga harus aktif bertanya, berkomentar, serta ikut berdiskusi dalam thread yang muncul. Dengan cara ini Anda bisa mendapatkan informasi yang dibutuhkan lebih banyak.

Baca Juga: 5 Kartu Kredit Bagi Anda yang Suka Travelling

Pilih Jadwal Penerbangan Tepat di Hari H

  Pilih Penerbangan

Pilih Penerbangan Pada Hari H via images.trvl-media.com

 

Cara ini menjadi pilihan terakhir yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan tiket murah, Anda bisa membeli tiket jauh-jauh hari dan memilih jadwal penerbangan, tepat di hari H. Karena tidak jarang beberapa maskapai penerbangan justru memberikan harga murah pada saat hari H atau tepat di hari lebaran. Meskipun tidak ada jaminan Anda akan mendapatkan harga yang sesuai dengan yang Anda inginkan, namun tidak ada salahnya untuk salahnya untuk dicoba bukan?

Baca Juga : 12 Destinasi Liburan Ke Luar Negeri Dengan Biaya Rp200.000 Per Hari

Cara Kreatif Untuk Berhemat 

Selain tips diatas dapat menghemat anggaran keuangan rumah tangga Anda, tentunya membuat Anda juga lebih kreatif dalam mencari harga-harga tiket murah. Namun sebelum itu, pastikan Anda menetapkan tempat  tujuan Anda dan berapa lama Anda akan tinggal di sana. Karena akan berpengaruh pada waktu dan kepulangan Anda, yang pastinya juga akan berpengaruh pada harga tiket yang akan Anda beli.

Baca Juga : 10 Negara Bebas Visa Untuk WNI Selain di ASEAN