Berjualan di Instagram, Lakukan Hal Ini Agar Pelanggan Loyal

Sosial media memang kerap dijadikan sebagai alat promosi oleh berbagai jenis usaha. Tidak hanya usaha online, tapi usaha offline juga menggunakan sosial media untuk memperkenalkan usahanya. Promosi dapat dilakukan dengan mudah lewat sosial media. Selain itu dengan menggunakan sosial media, para pemilik usaha bisa lebih menekan biaya promosi secara efektif dan efisien. Salah satu sosial media yang populer dan banyak digunakan untuk usaha saat ini adalah Instagram.

Instagram adalah salah satu sosial media yang wajib dimiliki  saat ini. lewat instagram, kita bisa upload foto atau gambar yang kita sukai. Selain itu, Instagram juga menambahkan beberapa fitur canggih seperti boomerang, edit foto, hingga fitur terbaru berupa unggahan video secara live atau offline dari penggunanya. Fitur-fitur tersebut tentunya merupakan kabar baik bagi para pemilik usaha. Mereka bisa lebih mudah melakukan promosi untuk selalu terhubung dengan pelangganya.

Walaupun hanya berjualan di Instagram, tetap bisa memiliki pelanggan setia, asalkan Anda melakukan hal berikut ini:

Baca Juga: Mau Menjadi Startup Founder? Kuasai 9 Kemampuan Ini Dulu

1. Upload Foto ala Profesional

upload foto
Upload 
Foto ala Profesional

Jika ingin menggunakan Instragram sebagai alat untuk promosi bisnis Anda, maka rajinlah untuk mengupload foto ke Instagram. Tidak hanya sekedar foto, usahakan foto produk yang dijual terlihat berkualitas baik. jika Anda menjual makanan, maka buatlah fotografi makanan yang akan membuat pelanggan seolah ingin mencobanya. perhatikan tatanan cahaya, latar belakang, tingkat kecerahan, detail foto dan lain sebagainya. Untuk foto produk, sebaiknya tidak terlalu banyak editing. Gunakan kamera dengan kualitas terbaik seperti DSLR atau Mirorless kamera.

2. Nama Akun yang Mudah Diingat

username
Nama Akun yang Unik

Yang dicari oleh para calon konsumen, ketika ingin berbelanja online lewat Instagram adalah nama akunya. Nama akun yang unik dan sesuai dengan jenis usaha, akan mudah diingat. Gunakan nama akun yang pendek namun bermakna. Contohnya, jika Anda berbisnis pakaian wanita secara grosir maka gunakan nama akun Pakaianwanitagrosir atau bisa juga menggunakan nama brand dari produk Anda, seperti  Zanana, dengan produk andalan berupa keripik pisang aneka rasa.

3. Share Tentang Proses Bisnis Anda

sharing proses bisnis
Ilustrasi Berbagi Proses Bisnis

Sosial media ternyata tidak hanya menjadi ajang untuk upload foto dan kebanjiran like serta love saja. Sosial media seperti Instagram juga bisa untuk sharing segala hal. Untuk pemilik bisnis, Anda bisa sambil berpromosi secara langsung kepada konsumen lewat berbagai fitur baru yang tersedia. Sesekali tunjukan pada followers Anda, bagaimana proses dari usaha yang dijalankan selama ini. hal tersebut baik untuk membangun kedekatan terhadap konsumen.

Anda Bingung Cari Produk Kredit Tanpa Agunan Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KTA Terbaik! 

4. Tunjukkan Kegunaan Produk

kegunaan produk
Menunjukkan Kegunaan Produk

Jika ingin berjualan lewat Instagram, maka penting untuk menunjukan kegunaan produk yang dijual. Calon konsumen tentunya ingin mengetahui lebih dulu apa saja kegunaan produk tersebut, apa manfaatnya dan bagaimana cara menggunakanya. Berikan keterangan secara detail.

5. Berbagi Foto Event

berbagi foto event
Berbagi Foto Event

Satu hal lagi yang tidak boleh Anda lewatkan, yaitu berbagi foto event. Sebagai pengusaha, mungkin Anda akan menghadiri berbagai event yang berhubungan dengan bisnis yang dijalankan. Berbagilah lewat Instragram kepada para pelanggan Anda tentang kegiatan event yang sedang dihadiri. Berikan informasi penting seputar event kepada pelanggan atau followers instagram bisnis Anda.

Baca Juga: 4 Ide Bisnis Fashion Wanita yang Laku di Pasaran

Jadikan Pelanggan sebagai Teman Agar Lebih Loyal

Semakin berkembangnya teknologi, para konsumen atau pelanggan dari sebuah bisnis sebaiknya dijadikan sebagai teman. Pebisnis dan pelanggan bisa saling menginformasikan mengenai produk dan seputar bisnis yang dijalankan. Pelanggan juga akan merasa ada keterikatan dengan pebisnis sehingga mereka cenderung akan lebih loyal.

Baca Juga: Strategi Sukses Menjadi Miliarder dari Bisnis Online