Bernilai Hingga Miliaran Rupiah! Ini Dia Kiat Sukses Investasi Barang Mahal

Saat ini semakin banyak orang yang menyadari keuntungan dari sebuah investasi sehingga melahirkan berbagai jenis instrumen investasi baru yang lebih mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja. Jika dulu investasi hanya seputar saham, properti dan emas sekarang investasi telah memiliki banyak jenis baru yang tidak kalah menguntungkan.

Jenis investasi lain yang saat ini sedang digemari adalah investasi barang antik dan barang mewah. Bagi kamu yang memang memiliki penghasilan cukup tinggi tapi agak malas harus ngecek saham setiap pagi atau harga emas setiap hari, pilihan investasi barang mewah bisa jadi pilihan yang cukup menarik.

Kunci dari suksesnya sebuah investasi barang mahal adalah dimana barang pilihan kamu memang terjamin kualitas dan kredibilitasnya. Jadi pemilihan jenis barangnya juga harus hati-hati dan jeli. Berikut jenis-jenis barang mewah yang bisa kamu jadikan sebagai alat investasi:

Anda Bingung Cari Produk Kredit Tanpa Agunan Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KTA Terbaik! 

1. Tas Branded

Tas Branded

Saat ini pamer tas mahal sedang marak di sosial media. Fashion item satu ini memang bisa dikatakan yang paling populer saat ini untuk dijadikan investasi barang mewah. Beberapa brand dunia seperti Hermes, Gucci, Prada dan Chanel bisa memproduksi sebuah handbag dengan harga mencapai ratusan juta rupiah.

Jika kamu yang memang pecinta tas, bisa memilih salah satu diantara ketiga brand tersebut sebagai pilihan untuk investasi. Tapi ingat investasi tidak melulu merk saja, kondisi dari sebuah barangnya juga diperlukan. Percuma dibeli mahal-mahal, tapi rusak sedikit bisa mengurangi ‘value’ dari barangnya. Jadi selalu pastikan untuk merawatnya dengan baik agar bisa dijual kembali dengan harga tinggi.

2. Jam Tangan

Jam Tangan

Seperti yang diketahui, jam tangan memang selalu menjadi incaran banyak orang selain faktor kelangkaan edisi, desain dan brand juga menjadi faktor utama kenapa jam tangan sangat cocok menjadi barang untuk investasi mewah.

Terutama di kalangan pria, jam tangan memang menjadi aksesoris penting sebagai pelengkap penampilan mereka. Jadi jangan heran jika banyak laki-laki rela mengeluarkan uang yang banyak demi kepuasan mereka mendapatkan jam tangan impian.

Contoh brand jam tangan yang mewah yang bisa dijadikan investasi ada Rolex, Patek Philippe, Vacheron Constantin, dan beberapa brand jam tangan lain yang berasal dari Swiss.

Baca Juga: Pajak Barang Mewah, Hal-Hal yang Mesti Anda Ketahui

3. Sepatu Bermerk

sepatu bermerk

Masih seputaran fashion item ternyata sepatu juga bisa menjadi pilihan investasi barang mewah yang menguntungkan. Jika kebetulan kamu memiliki sepatu lama bermerk mahal dan merupakan edisi terbatas dengan kondisi masih bagus, selamat kamu baru saja menemukan ladang uang baru.

Para pecinta sepatu terutama orang-orang yang bisa menjadi maniak pada merk tertentu tidak segan-segan mengeluarkan kocek banyak untuk sepasang sepatu. Beberapa brand sepatu yang biasanya memiliki banyak penggemar berasal dari Amerika seperti Nike, Adidas, All Star Converse, Reebook, Air Jordan, Yeezy dan masih banyak lagi.

Selain itu, dari kalangan brand khusus sepatu wanita pun ada banyak brand populer lain yang bisa dijadikan investasi barang mewah seperti Valentino, Sergio Rossi, Jimmy Choo, Christian Louboutin dan Louis Vuitton.

Banyak pasang sepatu dari beberapa brand di atas sepasangnya bisa mencapai harga hingga ratusan juta rupiah, apalagi jika sepatu tersebut merupakan edisi terbatas dan di desain dari desainer ternama.

4. Dress atau Suit dari Merk Populer

Suit

Setiap merk populer biasanya mengeluarkan edisi terbaru untuk setiap season dan brand populer tentu tidak akan mengeluarkan edisi yang sama untuk season berikutnya, edisi-edisi terbatas yang hanya keluar sekali saja ini lah yang bisa membuat harga dari barang tersebut bisa meroket ketika dijual kembali.

Nah, setelan pakaian seperti dress atau suit dengan label edisi khusus dari brand ternama dunia bisa mencapai harga hingga 10x lipat dari harga awal jika kamu berani menjualnya kembali dan kondisi barang masih sangat baik. Brand-brand populer yang biasa jadi incaran ada Gucci, Supreme, Dior, Balenciaga, Givenchy, Fashion Nova, Versace dan Coach.

Ada juga suit atau setelan jas pria ternama yang juga tidak kalah mahal dan terkenalnya serta banyak dijadikan incaran para pecinta fashion seperti Armani, Hugo Boss, Diesel, Burberry dan Fred Perry.

5. Perhiasan Limited Edition Milik Brand Ternama

Perhiasan

Selain jam tangan, ada beberapa aksesoris jenis lain dari brand mahal yang cocok dijadikan investasi barang mewah. Selain terbuat dari emas atau perak, desain yang unik dan langka membuat harga dari aksesoris-aksesoris ini memiliki harga selangit.

Beberapa brand perhiasan ternama yang biasa dipakai artis-artis terkenal dunia bahkan anggota keluarga kerajaan adalah Amulette de Cartier, Trinity, Juste Un Clou dan Buccellati. Harga yang bahkan bisa mencapai miliaran rupiah ini tentu bisa jadi alternatif investasi yang bahkan bisa lebih menguntungkan dari investasi properti.

Baca Juga: 7 Cara Cermat Membeli Mobil Mewah Bekas

Tips Memulai Investasi Barang Mewah

Beda jenis investasinya tentu beda juga kiat-kiatnya. Ini dia beberapa hal yang bisa dilakukan agar investasi barang mewah jadi untung bukan buntung:

1. Memilih Brand yang Tepat

Ada sekitar puluhan bahkan ratusan brand mahal dan ternama tapi belum tentu semuanya cocok untuk dijadikan investasi barang mewah. Ada 2 jenis brand yang bisa kamu pilih antara brand yang benar-benar populer dan dikenal semua orang atau brand yang hanya diketahui oleh beberapa orang atau golongan saja.

Keuntungan memilih dari brand yang sangat populer tentu karena dia familiar di telinga banyak orang, dan tentunya memberikan gengsi tersendiri bagi pemiliknya. Sedangkan untuk brand yang hanya orang tertentu saja artinya barang-barang yang diproduksi dijamin langka dan hanya diproduksi dalam jumlah kecil atau limited edition.

2. Memiliki Sertifikasi/Dokumen/Bukti Fisik yang Menjamin Keaslian Barang

Semua barang yang datang dari brand paling biasa sekalipun pasti akan ditiru dan dibuat Kwnya. Itu kenapa keaslian dari sebuah barang sering menjadi isu dari penjualan dan investasi barang mewah. Itu kenapa banyak dari produsen barang mahal memberikan perbedaan pada setiap produknya yang tidak bisa ditiru untuk membuktikan keaslian barang.

Biasanya perbedaan itu dapat ditemukan di packaging produk seperti kotak atau paperbag itu kenapa jangan pernah membuang begitu saja kemasan dari barang mewah yang kamu beli, karena itu bisa menjadi bukti fisik dari originalitas barang tersebut sehingga ketika dijual kembali harga dari barang kamu tidak jatuh dari target.

Selain itu biasanya barang-barang fashion dengan harga hingga ratusan juta rupiah akan memberikan sertifikat sebagai bentuk bukti originalitas dari barang tersebut.

3. Asuransi Barang Mewah

Jika barang mewah tersebut sudah kamu niatkan untuk dijadikan sebuah investasi dan memiliki harga selangit artinya sama saja memiliki aset dalam bentuk barang yang tentunya wajib harus lindungi.

Sekarang telah ada asuransi khusus untuk melindungi barang mewah. Mau bentuk apapun barang tersebut jika memang memiliki bukti fisik sebagai barang original dengan harga yang tinggi dan sesuai persayaratan sebagai aset berharga maka artinya bisa diasuransikan.

Asuransi barang mewah juga bisa menunjang ‘value’ dari barang tersebut, karena artinya barang tersebut terbukti berharga, asli dan mahal.

4. Perawatan Ekstra

Risiko memiliki barang dengan harga ‘ekstra’ artinya perawatannya juga harus sama ekstranya. Tidak ada gading yang tak retak dan tidak ada barang yang tidak memiliki risiko rusak berasal dari brand manapun dia.

Tidak ada orang yang mau membeli barang rusak, semahal dan sepopuler apapun barang itu, kecuali jika barang tersebut memiliki sejarah atau background cerita yang luar biasa seperti barang seni atau benda antik. Jadi selalu perlakukan barang kamu secara hati-hati jika tidak memiliki kualifikasi khusus seperti yang disebutkan sebelumnya kalau tidak ingin harga jual kembali jatuh secara drastis.

Tidak Cuman Sekedar Gengsi, Tapi Bisa Jadi Sumber Kekayaan

Sifat konsumtif terkadang memang bisa dikatakan sebagai kebiasaan yang tidak baik. Tapi kamu bisa ubah itu dengan merubahnya dengan tindakan yang tepat. Seperti investasi barang mewah yang bisa merubah kebiasaan boros menjadi keuntungan hingga miliaran rupiah. Yang terpenting komitmen dalam merawat barang dan tepat dalam menghabiskan uang kamu untuk barang tepat.

Baca Juga: 10 Tempat Berlibur Terbaik dan Termahal Di Dunia