Berpenghasilan Ratusan Juta per Bulannya, Ini dia Youtubers Paling Kaya di Indonesia

“Anak-anak, kalau sudah besar mau jadi apa?”

“Youtubers pak!”

Youtube telah lama menjadi sumber informasi dan hiburan bagi banyak orang. Media broadcast online ini pertama kali berdiri pada tahun tahun 2005 youtube awalnya hanya sebagai tempat menyimpan video hasil project ilmiah para mahasiswa agar mudah dalam membagikan video ke kelompok sendiri dan dosen hingga sekarang menjadi tempat banyak orang untuk mengais rejeki.

Kepopuleran youtube sudah tidak main-main lagi, tidak hanya menjadi tempat untuk media-media hingga brand-brand ternama untuk promosi atau berbagai konten ke banyak orang. Kepopuleran dari website asal Amerika Serikat ini bahkan mampu menciptakan pekerjaan baru yaitu sebagai Youtuber.

Berkat kepopulerannya, Youtube sendiri pun memberikan berbagai reward untuk para pengisi konten (Youtubers) dengan banyak cara mulai dari google adsense, advertorial, sponsor, afiliasi hingga penjualan official merchandise. Setiap masing-masing sistem bisa memberikan mulai dari jutaan hingga ratusan juta rupiah untuk setiap satu video yang diupload membuat profesi youtubers ini dianggap sangat menyenangkan dengan potensi memiliki penghasilan yang tinggi.

Begitupun di Indonesia, kepopuleran youtube pun tidak lagi hanya untuk remaja dan orang dewasa, anak-anak pun menikmati mencari hiburan di media broadcast online ini. Jadi tidak salah jika sekarang di Indonesia banyak orang beralih menjadi Youtube. Bahkan ada beberapa Youtubers di Indonesia pun tidak kalah terkenal dan kaya dengan artis-artis dari media tv.

Bisa berpenghasilan hingga ratusan juta rupiah perbulannya, ini dia daftar youtubers paling kaya di Indonesia:

Anda Bingung Cari Produk Kredit Tanpa Agunan Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KTA Terbaik! 

1. Ria Ricis

Ria Ricis
Ria Ricis via dream.co.id

Dikenal tidak jaim dan berani beraksi konyol di videonya sendiri, adik dari aktris cantik Oki Setiana Dewi ini telah memiliki subscribres lebih dari 9,4 Juta di akun youtubenya. Dengan rata-rata jumlah viewer mencapai 500 ribu penonton per videonya, youtubers bernama asli Ria Yunita ini sempat mengaku bahwa perbulannya dia bisa mendapatkan keuntungan hingga milyaran rupiah dari berbagai videonya yang telah diupload selama sebulan.

Uang-uang itu tidak hanya berasal dari google adsense dan advetorial tapi juga dari jumlah viewers dan subscribers yang terus bertambah secara konsisten dan penghasilan terbesar berasal dari endorsment. Ria Ricis saat ini masih diperhitungkan sebagai youtuber paling kaya di Indonesia.

Baca Juga: 7 Cara Sukses Menjadi Youtuber

2. MiawAug

MiawAug
MiawAug via youtube

Pemilik nama lengkap Reggy Prabowo ini adalah youtuber dengan konten video bergenre game. Di akun youtubenya dia akan mereview beberapa game baru yang akan dikomersilkan di Indonesia atau yang sedang populer-populernya di Indonesia atau luar negeri. Video-video yang Reggy upload pun dikemas secara unik dan menghibur sehingga banyak juga anak-anak yang senang menonton videonya.

Saat ini MiawAug telah memiliki 4 juta subscribers dengan total viewers untuk seluruh videonya telah mencapai 500 juta lebih. MiawAug pun pernah mengatakan dirinya bisa mendapatkan keuntungan Rp200 juta – 3,2 miliar perbulannya. Mulai dari endorsment, iklan dan afiliasi link.

3. Atta Halilintar

Atta Halilintar
Atta Halilintar via uzone.id

Atta adalah anak sulung dari keluarga Gen Halilintar. Atta merupakan salah satu youtuber yang juga sukses mendulang penghasilan hingga ratusan juta rupiah untuk sekali upload video. Kepopuleran video dari Atta Halilintar tidak lepas dari berbagai nama besar dan artis yang menjadi guest di video-video Atta.

Berhasil meraih lebih dari 9 juta subscribers. Atta berhasil meraih keuntungan hingga mencapai angka milyaran rupiah perbulannya dengan total viewers untuk seluruh videonya yang telah mencapai angka 300 juta lebih viewers.

4. Little Princess Shinta

Little Princess Shinta
Little Princess Shinta via Youtube

Nah untuk orang tua yang ingin anaknya menonton video dengan konten berkualitas dan cocok untuk usia muda si anak maka video-video dari Little Princess Shinta bisa jadi pilihan. Berisi konten-konten yang kental dengan kesukaan anak-anak akun Little Princess Shinta akhirnya berhasil menembus angka 1,4 juta subscribers di akhir bulan Januari tahun ini.

Berisi tentang kegiatan belajar, bermain hingga unboxing mainan anak-anak, akun Little Princess Shinta berhasil menarik banyak produsen anak-anak baik dari lokal atau pun merek luar negeri. Penghasilan yang didapat oleh Shinta pun mencapai milyaran perbulannya.

5. Raditya Dika

Raditya Dika
Raditya Dika via breakingnews.co.id

Comedian sekaligus penulis yang akrab dipanggil Radit ini pun sukses masuk sebagai salah satu youtuber paling sukses dan kaya di Indonesia saat ini. Memiliki total subscriber sebanyak 5,9 juta menjadikan Raditya Dika tidak hanya youtuber tapi juga stand up comedian paling berduit di Indonesia saat ini.

Menyugguhkan video-video dengan berbagai ide menarik dan unik penggemar Radit pun tidak hanya datang dari kalangan remaja dan orang dewasa tapi juga anak-anak. Diperkirakan pendapatan yang didapat Raditya menjadi youtuber adalah Rp130 juta – 2 miliar perbulannya.

6. Deddy Corbuzier

Deddy Corbuzier
Deddy Corbuzier via akurat.co

Tidak hanya berprofesi sebagai prensenter dan magician, Deddy Corbuzier pun sukses menjadi seorang Youtuber. Berkat kepopuleran namanya sebagai artis di Indonesia tidak butuh waktu lama untuk Deddy mengumpulkan jutaan subscribers di akunnya. Saat ini Deddy berhasil mengumpulkan 3,2 juta subscriber di akun youtubenya.

Ciri khas dari video-video yang diupload oleh Deddy adalah video tentang dia yang mencoba berbagi cerita tentang kehidupannya sebagai seorang artis, gaya hidup sehat yang dia terapkan, hingga curhatan tentang kehidupan sehari-harinya dengan gaya khas Deddy Corbuzier, sehingga tidak hanya menghibur fansnya saja tapi juga orang-orang yang hanya mengenal Deddy melalui Youtube.

Pendapatan yang didapatkan dari salah satu pesulap ternama Indonesia ini bisa mencapai Rp75 juta – 1,2 Miliar perbulannya hanya dari platform youtube.

Baca Juga: 10 Orang Ini Menjadi Kaya Karena Youtube

7. Mas Waditya

MasWaditya
MasWaditya via bukik.com

Ayah dari 2 anak ini adalah salah satu Youtuber paling veteran saat ini di Indonesia. Telah rajin upload video di Youtube sejak tahun 2012 walaupun subscribernya masih belum mencapai angka jutaan yaitu 771 ribu subscribers tapi penghasilan yang telah dia dapat dari profesi ini sudah masuk ke angka hingga milyaran rupiah. Perbulannya Waditya bisa meraih keuntungan mulai dari Rp95 juta – 1,5 miliar perbulannya.

8. Step by Step ID

Step by Step ID
Step by Step ID via youtube

Untuk para kpopers Indonesia pasti tidak asing lagi dengan akun youtube ini. Bergabung sejak tahun 2016 pemilik akun yang bernama lengkap Natya Shina dan partnernya Rendy Pritananda telah berhasil menjadi masuk menjadi salah satu Youtuber sukses dan kaya di Indonesia. Memiliki lebih dari 1 juta subscribers saat ini, pasangan pecinta kpop ini pun berhasil meraup keuntungan dengan menjadi Youtubers ini hingga milyaran rupiah perbulannya.

9. Abilhaq & Seraldi

Abilhaq & Seraldi
Abilhaq & Seraldi via youtube

Akun yang telah memiliki 707 ribu subcribers ini dikelola oleh pasangan suami-isteri muda Seraldi Karil dan Abilhaq tentang kehidupan rumah tangga mereka yang kocak. Tidak hanya itu si isteri pun rajin memposti tutorial makeup dan cara memakai hijab yang cocok untuk digunakan dalam kehidupan sehari-hari sampai untuk acara formal.

Penghasilan suami-isteri ini sebagai youtuber mengantarkan mereka masuk ke daftar ini karena pendapatan mereka yang sudah mencapai ratusan hingga milyaran rupiah perbulannya. Baik itu dari total viewers, iklan hingga endorsment.

Konsistensi dan Kualitas

Menjadi youtuber sukses tidak lah sulit. Butuh komitmen dan ide-ide baru untuk mempertahankan jumlah subscribers dan viewer. Untuk mencapai angka penghasilan ratusan juta rupiah para youtubers di atas harus terus meningkatkan kualitas video mereka agar tidak tenggelam dengan akun-akun baru baik dari sisi konsistensi penayangan video hingga kreativitas untuk setiap konten videonya.

Baca Juga: Pengertian Viral Marketing dan Strategi Penerapannya dalam Bisnis