Bersyukurlah, Masih Bisa Merasakan Hal Ini Walau Gaji Tak Besar

Memiliki gaji yang besar dan dapat mencukupi kebutuhan sehari-hari tentu menjadi keinginan setiap orang. Dengan memiliki gaji yang besar, Anda bisa menggunakannya untuk membeli hal-hal yang diinginkan. Selain itu, memiliki gaji besar tentunya dapat digunakan untuk ditabung untuk masa depan.

Sebenarnya, masih banyak hal lainnya yang perlu disyukuri di luar materi yang Anda dapatkan, seperti kesehatan, pengetahuan, waktu, dan lainnya. Terkadang hal-hal tersebut tak bisa didapatkan meskipun Anda memiliki gaji yang berkecukupan. Nah, hal-hal berikut ini patut disyukuri meskipun gaji yang dimiliki tak besar.

Baca Juga: Strategi Miliki Tabungan Rp10 Juta Meski Gaji Pas-pasan

1. Punya Waktu Bersama Keluarga

Waktu Keluarga
Luangkan Waktu Bersama Keluarga via shutterstock.com

Keluarga adalah yang paling dekat dengan Anda dibandingkan sahabat atau teman. Memiliki waktu luang bersama keluarga menjadi hal yang patut disyukuri. Gaji yang besar biasanya berhubungan dengan beban dan tanggung jawab yang juga besar.

Beban kerja yang besar cenderung menyita waktu. Akibatnya, waktu luang Anda menjadi berkurang sehingga waktu berkumpul keluarga menjadi sangat terbatas. Anda patut bersyukur bila waktu yang dimiliki tak terlalu terbatas. Hal ini akan menjadi sesuatu yang tak ternilai harganya.

2. Bertambahnya Pengalaman dan Pengetahuan

Pengalaman dan Pengetahuan Kerja
Bekerja Menambah Pengalaman dan Pengetahuan via shutterstock.com

Hal lainnya yang patut Anda syukuri meskipun gaji yang dimiliki tak besar adalah pengetahuan dan pengalaman yang didapatkan. Terkadang besarnya gaji yang Anda miliki tak sebanding dengan pengetahuan dan pengalaman yang ada. Misalnya, Anda yang bekerja di lapangan akan mendapat banyak pengalaman dan pengetahuan dari tempat kerja. Dan hal tersebut tak bisa ditukarkan dengan uang.

3. Punya Waktu untuk Menyenangkan Diri

Waktu Bersama Teman
Ilustrasi Berkumpul Bersama Teman via shutterstock.com

Meskipun tak memiliki gaji yang besar, Anda masih tetap dapat menyenangkan diri sendiri dengan berkumpul bersama teman-teman. Bukan persoalan apakah berkumpul di tempat yang mahal atau murah. Setidaknya, Anda masih tetap dapat keluar setiap minggunya adalah hal yang cukup untuk disyukuri.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

4. Punya Banyak Relasi

Relasi Bisnis
Ilustrasi Menjalin Relasi via shutterstock.com

Dengan kepribadian supel yang dimiliki, Anda bisa gunakan untuk menjalin relasi dengan berbagai kalangan. Orang-orang dengan kepribadian seperti ini tentunya akan sangat mudah berinteraksi dengan orang-orang lainnya. Dan kekayaan Anda pun bertambah satu lagi, yaitu relasi.

Mengenal banyak orang akan membuat Anda memiliki akses yang tentunya tak semua orang bisa memilikinya. Misalnya, bila Anda punya relasi dengan orang-orang pada bidang musik, Anda bisa mendapatkan kesempatan untuk mendatangi konser-konser musisi idola. Terlebih kalau Anda mendapatkan free ticket. Ini akan sangat menguntungkan.

5. Jadi Bijak dalam Menggunakan Keuangan

Atur Keuangan
Ilustrasi Atur Keuangan via shutterstock.com

Hal lainnya yang perlu disyukuri adalah adanya perubahan sikap pada diri Anda. Hal ini akan sangat terasa nyata dirasakan. Karena gaji yang dimiliki tak terlalu besar, Anda jadi bisa beradaptasi dengan melakukan penghematan. Anda tentunya mulai mencari-cari tips yang tepat untuk mengelola keuangan dengan baik, seperti menabung dan berinvestasi. Anda akan semakin bertanggung jawab terhadap setiap uang yang dikeluarkan setiap waktunya.

Baca Juga: 7 Alasan Pegawai Betah Bekerja Selain Gaji

Memiliki Gaji Besar Bukan Hal yang Tak Mungkin

Memiliki gaji yang besar bukanlah hal yang tidak mungkin. Bila tetap belajar, bekerja keras, dan menikmati kehidupan serta pekerjaan Anda, tentunya kesuksesan nantinya bisa didapatkan dengan mudah nantinya. Jangan pernah menyerah dengan mimpi-mimpi yang anda miliki.

Baca Juga: Apa Saja Manfaat Slip Gaji Yang Anda Terima ? Ini Dia!