Biar Tak Salah Pilih, Ini Tips Beli 'Furniture' yang Tepat dengan Hemat 'Budget'

Melengkapi rumah dengan beragam furniture tentu menjadi hal yang biasa dilakukan. Selain memberikan kenyamanan, furniture juga kerap digunakan untuk menambah keindahan di dalam rumah. Kebutuhan akan furniture ini terbilang tinggi, sehingga ada banyak produk yang tersedia di pasaran dan bisa ditemukan dengan mudah. 

Meski begitu, sangat penting untuk selalu jeli dalam memilih, sehingga furniture yang dibeli bisa memberikan manfaat maksimal. Selain itu, mempertimbangkan harga juga menjadi poin yang tak kalah penting diperhatikan. Mengingat harga furniture tidak bisa dianggap murah, apalagi jika Anda berniat membeli sejumlah furniture dari brand ternama di pasaran. 

Untuk itu, penting lakukan perencanaan yang baik sejak awal, agar kelak Anda benar-benar mendapatkan furniture yang sesuai dengan kebutuhan rumah namun dengan hemat budget. Selain itu, hindari juga salah beli furniture yang tidak sesuai dengan rumah apalagi sampai tidak terpakai.

Biar tak salah beli, sebaiknya simak beberapa tips yang bisa Anda lakukan dalam membeli furniture yang tepat dengan hemat budget:

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

furniture
Ragam furniture

1. Tentukan 'Furniture' yang Dibutuhkan

Hal pertama yang wajib dicermati adalah kebutuhan akan furniture itu sendiri. Banyak orang yang justru membeli berbagai furniture yang tidak benar-benar mereka butuhkan, hanya karena tidak memiliki rencana pembelian yang matang dan mudah tergoda dengan beragam produk yang mereka temukan di toko furniture. 

Cek kembali dan lihatlah furniture apa saja yang dibutuhkan di rumah, sehingga rumah menjadi lebih nyaman dan furniture yang dibeli juga bermanfaat. Anda mungkin saja menginginkan beberapa furniture sekaligus, namun cobalah untuk membuat skala prioritas dalam pembelian ini, sehingga pembelian ini tidak membebani keuangan. 

2. Sudah Tahu 'Furniture' Ditempatkan

Jangan membeli furniture yang tidak memiliki tempat di rumah, sebab ini akan menjadi pemborosan saja. Sebelum melakukan pembelian, Anda harus merencanakan dimana akan menempatkan furniture tersebut. Selain itu, Anda juga perlu menyesuaikan kehadiran furniture baru dengan berbagai barang yang sebelumnya sudah ada di ruangan tersebut. Hal ini sangat penting, terutama jika Anda termasuk orang yang mementingkan aspek keindahan di dalam rumah.

Anda harus benar-benar memiliki gambaran yang jelas terkait dengan hal ini. Cobalah untuk mencari referensi melalui katalog atau situs-situs yang secara khusus menyediakan beragam pilihan furniture, sehingga Anda lebih mudah untuk menyesuaikan pilihan dengan kebutuhan ruangan di rumah nanti.

Baca Juga: Intip 9 Desain Rumah Terbaik Untuk Kaum Millenials

3. Ukur Ruangan Sebelum Membeli

Membeli furniture yang tidak bisa masuk ke rumah dan tidak muat di dalam ruangan adalah kesalahan yang fatal dan tentu saja akan menimbulkan kerugian. Hindari kondisi seperti ini sejak awal, Anda perlu melakukan pengukuran ruangan di rumah Anda terlebih dahulu. Pastikan furniture tersebut bisa masuk rumah, dan ruangan juga cukup lega untuk menampungnya. 

4. Sesuaikan dengan Gaya Hidup

Untuk bisa mendapatkan kenyamanan lebih setelah membeli furniture, akan sangat baik jika Anda menyesuaikan jenis furniture ini dengan gaya hidup. Anda bisa menjadikan beberapa hal penting sebagai pertimbangan, seperti: ukuran, desain, fungsi, harga dan lainnya. Semua ini akan memungkinkan Anda mendapatkan furniture yang bermanfaat maksimal dan sesuai dengan gaya hidup serta kebutuhan, plusnya lagi hemat budget.

Baca Juga: Atur Keuangan Anda dengan 6 Kiat Ini, Dijamin Sukses

5. Beli di Waktu Terbaik

Sama dengan pembelian barang lainnya, pembelian furniture ini juga harus direncanakan dengan baik. Sesuaikan pembelian ini dengan budget. Jangan lakukan pembelian dengan terburu-buru, sebab Anda perlu mempertimbangkan dengan baik apakah benar-benar membutuhkan furniture tersebut atau tidak. Tahan keinginan ini selama 1 hingga 2 pekan, dan Anda bisa memanfaatkan momen tersebut untuk mencari produk yang paling tepat. 

Selain itu, mencari informasi yang akurat secara online, di mana Anda bisa melihat-lihat pilihan produk furniture yang sesuai. Jangan lupa lakukan perbandingan harga, agar bisa mendapatkan harga terbaik di pasaran. Biar makin hemat lagi, tak ada salahnya lakukan pembelian furniture disaat promo berlangsung. Jangan malu untuk bertanya kepada SPG mengenai periode promo diadakan atau bisa juga lihat secara berkala informasi mengenai promo di media sosial.

Siapkan ‘Budget’ dari Jauh-jauh Hari

Jika membutuhkan tambahan furniture di rumah, pastikan rencanakan pembelian furniture ini dengan cara yang cerdas. Cari dan pilihlah furniture yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan rumah. Selain itu, pentingnya juga untuk menyiapkan budget pembelian furniture sejak jauh-jauh hari. Jika bisa jangan gunakan uang tabungan, tapi sisihkan uang jajan untuk ditabung yang dikhususkan beli furniture. Lakukan perbandingan harga untuk mendapatkan penawaran termurah, sehingga bisa mendapatkan furniture dengan harga yang paling hemat.

Baca Juga: Cara Cerdas Atur Keuangan Bagi yang Doyan Belanja