Biaya Untuk Menikah, Mau Secara Tunai Atau Kredit?

Biaya untuk menikah menjadi salah satu aspek penting ketika Anda memutuskan untuk menyelenggarakan sebuah upacara dan pesta pernikahan. Pendanaan ini menjadi masalah yang cukup krusial ketika pertanyaannya menyinggung soal siapa dan bagaimana pendanaan ini akan dilaksanakan. Sebagian pasangan dipengaruhi oleh budaya di lingkungannya menyelenggarakan pesta pernikahan dari dana yang diberikan oleh orang tua kedua belah pihak. Tak jarang keluarga besar pun ikut turut menanggung dan membantu baik itu dari segi finansial maupun dari segi bantuan tenaga dan waktu.

Ketika Anda dan pasangan merasa bahwa pesta ini adalah pesta milik berdua dan kalian ingin menjadikannya pesta sesuai dengan keinginan berdua, maka tak jarang bila pendanaan disepakati untuk ditanggung bersama, sekalipun ada pihak keluarga yang membantu itu sebatas hanya keluarga inti saja. Pendanaan pernikahan ini kemudian menimbulkan masalah lagi ketika Anda menggunakan berbagai jasa penyedia kebutuhan pesta pernikahan dan memberikan pertanyaan mengenai metode pambayaran dan pelunasan perjanjian: ingin dibayar lunas atau kredit?

Faktanya, memilih metode pembayaran untuk pendanaan pernikahan ini tidak mudah. Anda dan pasangan akan diliputi berbagai pertimbangan yang kerap kali menimbulkan dilema untuk memutuskan metode pembayaran mana yang akan digunakan. Baik itu lunas atau kredit, keduanya sama-sama memiliki sisi positif dan negatif yang perlu dipertimbangkan dan disesuaikan dengan pesta yang akan Anda selenggarakan.

Baca Juga : 5 Cara Melakukan Negosiasi Dengan Wedding Organizer

1. Pembayaran Tunai 

Pembayaran Tunai

Pembayaran Tunai via images.wisegeek.com

 

Ketika menyiapkan biaya untuk menikah, Anda sering memutuskan untuk menggunakan metode pembayaran cash atau tunai, Anda perlu memperhitungkan beberapa hal, salah satunya adalah nominal uang yang Anda miliki di rekening tabungan. Dengan berkaca dari nominal di rekening tabungan yang Anda miliki, Anda bisa mengestimasikan kemampuan untuk membayar tunai dan melunasinya dalam 1 kali pembayaran atau membayar secara parsial dengan pasangan Anda. Pembayaran secara cash akan memudahkan Anda untuk melacak pengeluaran Anda dalam melunasi beberapa keperluan yang harus dipersiapkan untuk penyelenggaraan upacara dan pesta pernikahan Anda.

Pembayaran atau pelunasan pesanan keperluan pernikahan Anda secara tunai atau cash juga akan membantu Anda dalam menentukan berapa yang harus tersisa dalam rekening, bagaimana kehidupan Anda ditopan setelah pesta pernikahan selesai, mana yang harus Anda simpan untuk keperluan dan kepentingan jangka panjang. Dengan mengetahui bahwa saldo Anda berkurang secara langsung sebagai akibat pelunasan pesanan keperluan pernikahan Anda, Anda akan lebih bisa mengontrol diri untuk tidak melakukan pengeluaran yang lebih banyak lagi. Batasan-batasan ini secara tidak langsung akan membimbing Anda untuk membatasi diri dalam mengambil keputusan sehingga tidak ada masalah over budget

Hal yang lebih penting lagi dari penggunaan metode pembayaran dengan cara cash atau tunai adalah Anda tidak perlu mengkhawatirkan bunga kredit yang harus dilunasi dan berbagai resiko jangka panjang yang mungkin muncul. Anda tidak akan memiliki tanggungan beban hutang setelah pesta pernikahan selesai. Bila Anda adalah tipe pribadi yang senang untuk stay debt-free sejak awal pernikahan Anda, maka metode pembayaran tunai atau cash ini menjadi alasan terbesar untuk memilih metode cash.

Meski terlihat lebih sederhana dan tidak menimbulkan banyak biaya tambahan seperti biaya bunga untuk menggunakan metode pembayaran cash, masih ada hal lain yang perlu menjadi perhatian dan pertimbangan Anda bila menggunakan metode ini sebagai metode pembayaran pesanan keperluan upacara dan pesta pernikahan Anda.

Hal-hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Pembayaran Tunai

1. Kurang efisien, ini dikarenakan pembayaran tunai mengharuskan Anda untuk membawa sejumlah uang dalam nominal yang cukup besar untuk melunasi        pesanan yang telah disepakati bersama.

2. Pembayaran cash membutuhkan Anda untuk membawa sendiri uang Anda, artinya Anda akan membutuhkan tempat khusus untuk menyimpan uang dalam     jumlah besar ini.

3. Kurangnya keamanan yang mengincar dana Anda yang cukup besar ini.

Melihat kelemahan yang dimiliki pada metode pembayaran cash atau tunai ini, maka sekarang kita beralih melihat kelebihan dari pembayaran dengan metode kredit yang diklaim memiliki keunggulan yang merupakan kelemahan metode pembayaran cash.

2. Pembayaran Dengan Kredit

 

Pembayaran Dengan Kredit

Pembayaran Dengan Metode Kredit via realfaqta.files.wordpress.com

 

Metode pembayaran kredit merupakan pembayaran yang dilakukan secara bertahap selama jangka waktu tertentu guna melunasi pesanan dengan jumlah pembayaran yang cukup tinggi. Selama pembayaran tertentu tersebut, Anda sebenarnya juga membayarkan sejumlah bunga yang merupakan keuntungan dari pihak yang dibayar dengan metode pembayaran kredit. Keuntungan ini diperoleh sebagai implikasi dari ketidakmampuan Anda untuk membayar dalam satu kali pembayaran.

Keuntungan membayar dengan metode pembayaran kredit 

  1. Anda tidak perlu membawa sejumlah uang tunai kesana-kemari untuk melakukan transaksi dan pelunasan pesanan.
  2. Pembayaran secara bertahap akan menghindarkan perasaan telah berkorban terlalu banyak dan Anda tetap bisa mendapatkannya meski sebenarnya belum lunas.
  3. Anda tidak akan merasa keberatan dengan metode pembayaran dengan nominal yang lebih kecil dari pada metode pembayaran cash atau tunai yang menuntut nominal yang besar harus dilunasi dalam sekali waktu pembayaran.
  4. Pembayaran dengan menggunakan kartu kredit memungkinkan Anda untuk mendapat keperluan Anda lebih dahulu menghindarkan Anda dari momen kehabisan barang yang mungkin sifatnya sangat penting dan darurat dalam persiapan pesta pernikahan Anda.
  5. Pembayaran dengan menggunakan kartu kredit cenderung lebih aman ketika Anda melakukan transaksi karena Anda tidak perlu membawa terlalu banyak uang dan tidak menarik perhatian tidak baik dari orang-orang di sekitar Anda.

Sama halnya dengan metode pembayaran lunas, metode pembayaran kredit pun juga memiliki kelemahan yang mungkin kurang bisa ditoleransi oleh beberapa orang yang ingin menyelenggarakan upacara dan pesta pernikahan. Penggunaan metode pembayaran kredit biasanya akan memunculkan bunga yang bila ditotal hasilnya akan sangat signifikan bedanya. Meski beberapa lembaga keuangan yang menawarkan produk kartu kredit ini menawarkan pula berbagai bentuk reward kepada para pemegang produk kartu kredit, hal itu tidak bernilai sama di mata dan pandangan setiap orang. Bisa saja salah satu orang mengatakan bahwa reward yang didapat cukup menarik dan menguntungkan sedangkan yang lain sama sekali tidak merasakan bahwa reward itu merupakan balasan yang setimpal.

Baca Juga : Biaya Nikah Hemat dengan Hiasan Kreasi Sendiri

Komunikasikan Pilihan Anda Dengan Pasangan Anda 

Terlepas dari plus minus metode pembayaran tunai dan kredit, semuanya akan tergantung pada Anda yang merupakan dalang dari acara Anda sendiri. Memutuskan untuk menggunakan metode pembayaran manapun juga akan dipengaruhi oleh berbagai faktor misalnya pesta pernikahan itu sendiri berfokus pada acara keluarga atau resmi pernikahan, siapa saja yang diundang, konsep yang diusung oleh Anda dan pasangan mengenai pernikahan yang akan diselenggarakan.

Keduanya memiliki keuntungan dan fungsi masing-masing. Selain karena jenis pernikahan yang akan diusung oleh calon pengantin, keadaan ekonomi yang ada pada pengantin juga dukungan dari keluarga masing-masing calon pengantin biasanya mempengaruhi keputusan calon pengantin sendiri dalam mengambil keputusan. Bahkan tidak menutup kemungkinan bahwa metode pembayaran yang akan dilakukan merupakan gabungan dari metode pembayaran tunai dan metode pembayaran kredit. Semuanya tergantung pada banyak hal yang salah satunya juga merupakan selera dari calon pengantin itu sendiri. Baik Anda dan pasangan harus terus menjalin komunikasi ketika membicarakan masalah pendanaan pernikahan.

Tidak ada yang mengharuskan biaya untuk menikah itu harus dalam keadaan lunas segala pesanannya dan tidak ada yang menyatakan bahwa pernikahan yang baik merupakan pernikahan yang besar dan tidak peduli bila segala pesanan tersebut merupakan pesanan yang belum lunas. Sadari kemampuan Anda dan pasangan – atau mungkin juga dari pihak keluarga masing-masing lebih baik dipertimbangkan kembali sebelum memutuskan metode pembayaran yang akan dipilih. Pikirkan juga bahwa akan ada kebutuhan lain yang harus dipenuhi setelah skenario Raja dan Ratu sehari dalam pesta pernikahan itu berakhir. Pertimbangkan berbagai hal dan komunikasikan selalu dengan keluarga untuk mendapat keputusan terbaik. Selamat mengkalkulasikan biaya pernikahan Anda.

Baca Juga : Tips Mempersiapkan Tabungan untuk Pernikahan Anda dan Pasangan