Bikin Kita Panjang Umur! Ikuti Pola Makan dan Makanan Berikut Ini

Tiap negara punya usia harapan hidup masing-masing. Beberapa negara seperti Jepang dan Amerika relatif punya usia harapan hidup yang cukup tinggi, bahkan ada beberapa orang yang hidup di sana sampai usia 100 tahun ke atas. Dalam berbagai riset yang dilakukan selama ini ternyata faktor makanan yang dikonsumsi jadi penyebab usia harapan hidup mereka menjadi tinggi.

Menurut riset, mengkonsumsi makanan yang tepat bisa menghasilkan kehidupan yang lebih lama dan lebih sehat. Tetapi beberapa orang merasa lebih sulit untuk makan dengan benar saat mereka bertambah tua karena berbagai alasan. Mungkin mereka tidak memiliki banyak nafsu makan. Mungkin mereka kesulitan memasak atau makan. Mungkin juga mereka tidak tahu apa yang sehat. Atau mungkin mereka ingin melakukannya namun tak suka dengan menunya.

Baca Juga: Kanker Serviks: Gejala, Penyebab, Pencegahan dan Pengobatan yang Perlu Diketahui

Tips Makan yang Bisa Mulai Dilakukan agar Sehat dan Panjang Umur

Selain makanan yang dijaga, cara makanpun juga perlu dikendalikan agar sehat. Berikut ini beberapa tips sehat makan yang baik.

1. Makan sebelum Lapar dan Berhenti sebelum Kenyang, Pilih Sayuran dan Batasi Daging

Makan sebelum Lapar
Makan sebelum Lapar

Makan sebelum lapar mencegah Anda terlalu rakus akan menu yang bisa jadi tidak sehat kalau dimakan berlebihan. Sedangkan berhenti sebelum kenyang membuat ruang lambung masih memiliki ruang untuk udara yang membantu proses pencernaan sehingga tubuh menjadi sehat.

Menu makanan yang terbaik agar sehat dan umur panjang adalah sayuran berdaun hijau. Banyak studi menemukan bahwa orang setengah baya yang mengkonsumsi sayuran hijau setiap hari bisa lebih awet muda dibandingkan mereka yang tidak makan sayuran.

Sedangkan bagi yang suka daging, konsumsilah daging tidak lebih dari dua kali dalam seminggu. Hal ini bertujuan untuk membatasi asupan sampai 2 ons atau kurang dari daging yang dimasak (paling banyak) lima kali dalam sebulan. Daging hewan yang merumput atau mencari makanan dengan bebas, memiliki tingkat asam lemak omega-3 yang lebih tinggi dan baik untuk kesehatan.

2. Ganti Daging dengan Ikan, Makan Ikan bisa Sampai 3 Ons Setiap Hari

Perbanyak Makan Ikan
Perbanyak Makan Ikan

Banyak literatur yang menjelaskan bahwa orang-orang yang mengonsumsi makanan nabati dan memasukkan sebagian kecil ikan bahkan sampai sehari sekali adalah orang-orang yang bisa hidup lebih lama. Bagi sebagian besar, pilihan ikan terbaik adalah jenis ikan dalam rantai makanan menengah seperti sarden, ikan asin dan ikan air tawar, yang tidak terkena kadar merkuri atau bahan kimia lainnya.

3. Batasi Menu Makanan (Jangan Berlebihan), Minum Air Putih dan Hindari Menu Kemasan/Kaleng

Utamakan Meminum Air Putih setelah Makan Berat
Utamakan Meminum Air Putih setelah Makan Berat

Walaupun suka akan makanan tertentu, tetap saja perlu dikontrol dan batasi jumlahnya, misalnya Anda bisa menikmati hingga tiga butir telur per minggu, jangan berlebih karena bisa meningkatkan kadar kolesterol. Nasi juga begitu, jika berlebih bisa menaikkan kadar gula darah. Air minum manis dan kemasan juga perlu dibatasi dan bisa diganti dengan air putih. Makanan dalam kemasan juga perlu dibatasi karena bahaya risiko bahan pengawet. Makan saja yang alami dari masakan yang langsung dibeli dari pasar.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Jenis Makanan Sehat yang Bisa Memperpanjang Usia, Pakan Apa Sajakah Itu? Berikut ini Ulasannya!

Setelah memahami cara makan yang sehat dan menu apa saja yang perlu dikonsumsi agar sehat, maka tahap selanjutnya Anda perlu mengetahui beberapa jenis makanan yang selama ini efektif membuat tubuh sehat dan panjang umur. Berikut ini ulasan lengkapnya:

1. Kacang Bisa Turunkan Kolesterol dan Trigliserida

Kacang dan Biji-Bijian Mengandung Protein yang Baik untuk Tubuh
Kacang dan Biji-Bijian Mengandung Protein yang Baik untuk Tubuh

Kacang memiliki efek positif bisa menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida khususnya pada orang gemuk dan penderita diabetes. Bahkan bisa membantu menurunkan Berat Badan meskipun dianggap sebagai makanan berkalori tinggi, penelitian menunjukkan bahwa kacang benar-benar dapat membantu menurunkan berat badan.

Kacang-kacangan juga kaya akan antioksidan yang membantu mengendalikan radikal bebas, yang merupakan molekul yang tidak stabil yang diproduksi sebagai bagian normal metabolisme. Produksi radikal bebas meningkat sebagai respons terhadap paparan sinar matahari, stres, polusi dan penyebab lainnya. Meskipun radikal bebas menguntungkan dalam respon imun tubuh, namun memiliki terlalu banyak dapat menyebabkan kerusakan sel. Bila tingkat radikal bebas terlalu tinggi, tubuh Anda berada dalam keadaan stres oksidatif, yang meningkatkan risiko penyakit.

2. Ikan Kaya Protein Berkualitas Tinggi dan Rendah Lemak

Ikan Memiliki Kandungan Protein Tinggi dan Rendah Lemak
Ikan Memiliki Kandungan Protein Tinggi dan Rendah Lemak

Ikan kaya akan asam lemak omega-3 dan vitamin seperti D dan B2. Ikan kaya akan kalsium dan fosfor dan sumber mineral seperti zat besi, seng, yodium, magnesium, dan potassium. American Heart Association merekomendasikan makan ikan setidaknya dua kali per minggu sebagai bagian dari makanan sehat. Ikan ini dikemas dengan protein, vitamin, dan nutrisi yang bisa menurunkan tekanan darah dan membantu mengurangi risiko serangan jantung atau struk

Makan ikan merupakan sumber penting asam lemak omega-3. Nutrisi penting ini membuat jantung dan otak kita tetap sehat. Dua asam lemak omega-3 yang ditemukan pada ikan adalah EPA (eicosapentaenoic acid) dan DHA (docosahexaenoic acid). Tubuh kita tidak menghasilkan asam lemak omega-3 jadi kita harus mendapatkannya melalui makanan yang kita makan. Asam lemak omega-3 ditemukan di setiap jenis ikan, namun sangat tinggi pada ikan berlemak. Beberapa pilihan yang baik adalah salmon, ikan trout, ikan sarden, herring, mackerel, ikan tuna, dan tiram.

3. Banyak Makan Buah dan Sayuran

Banyak Makan Buah dan Sayur untuk Penuhi Kebutuhan Vitamin Tubuh
Banyak Makan Buah dan Sayur untuk Penuhi Kebutuhan Vitamin Tubuh 

Mengkonsumsi makanan dengan banyak buah dan sayuran (segar dan beku) banyak mengandung vitamin, mineral, serat, dan antioksidan, dan terbukti melindungi kita terhadap penyakit kronis seperti penyakit jantung dan kanker. Menu ini juga rendah kalori, cocok untuk berat badan ideal. Memilih sayuran bermacam-macam warna adalah yang terbaik, karena ada beragam manfaat dalam spektrum warna yang berbeda. Pigmen oranye yang ditemukan pada wortel, labu, dan ubi jalar, misalnya mengandung antioksidan beta karoten. Pigmen merah dalam yang ditemukan pada tomat mengandung lycopene antioksidan, yang terkait dengan kesehatan prostat.

Banyak pedoman diet yang merekomendasikan agar kita makan makanan dengan banyak buah dan sayuran setidaknya setengah dari piring harus terdiri dari buah dan sayuran. Misalnya saja untuk diet 2.000 kalori, Anda disarankan konsumsi dua iris buah dan 2,5 mangkuk kecil sayuran setiap hari.

4. Minum Teh Hijau, Minuman Paling Sehat Saat Ini

Teh Hijau, Minuman Sehat yang Kekinian
Teh Hijau, Minuman Sehat yang Kekinian

Teh hijau kayak akan antioksidan dan nutrisi yang memiliki efek kuat pada tubuh. Teh hijau Ini bermanfaat untuk memperbaiki fungsi otak, menurunkan lemak, risiko kanker yang lebih rendah dan banyak manfaat luar biasa lainnya.

Teh Hijau mengandung Senyawa Bioaktif dalam daun teh yang mengandung sejumlah besar nutrisi penting seperti polifenol, flavonoid dan katekin, yang berfungsi sebagai antioksidan. Zat ini bisa mengurangi pembentukan radikal bebas di dalam tubuh, melindungi sel dan molekul dari kerusakan dan radikal bebas ini diketahui berperan dalam pengurangan proses penuaan dan segala macam penyakit.

Salah satu senyawa penting lain adalah antioksidan Epigallocatechin Gallate (EGCG), untuk mengobati berbagai penyakit dan mungkin menjadi salah satu alasan utama teh hijau memiliki khasiat obat yang sangat kuat.

5. Konsumsi Bubur Oat Meal, Kaya akan Antioksidan, Termasuk Avenanthramides

Oat Meal, Cemilan Sehat yang Mengenyangkan
Oat Meal, Cemilan Sehat yang Mengenyangkan

Oat meal yang dikenal secara ilmiah sebagai Avena sativa merupakan gandum utuh dan utuh, yang dibuat dengan merebus gandum dalam air atau susu. Oatmeal sering disebut bubur yang bisa dikonsumsi bersama susu, buah atau makanan ringan lainnya.

Oat meal kaya akan Antioksidan, termasuk Avenanthramides yang tinggi antioksidan dan senyawa tanaman bermanfaat yang disebut polifenol yang dapat membantu menurunkan tekanan darah dengan meningkatkan produksi oksida nitrat. Molekul gas ini membantu melebarkan pembuluh darah dan menyebabkan aliran darah lebih baik. Selain itu, avenanthramides memiliki efek anti-inflamasi dan anti gatal. Studi menunjukkan bahwa gandum dan oatmeal memiliki banyak manfaat kesehatan. Ini termasuk penurunan berat badan, kadar gula darah rendah dan penurunan risiko penyakit jantung.

Baca Juga: Sakit Kepala? Hindari Aktivitas dan Jenis Makanan ini

Umur Panjang Dimulai dari Cara Makan yang Baik, Memilih Menu yang Sehat dan Menjalani Gaya Hidup Sehat

Gaya hidup sehat membuat orang punya harapan hidup yang lebih panjang. Umur panjang bisa dimulai dari pengetahuan yang cukup tentang cara makan yang baik, memilih menu sehat dan menjalani gaya hidup sehat. Gaya hidup sehat ini meliputi olahraga rutin dan istirahat yang cukup. Hindari tekanan pikiran berlebihan yang membuat Anda stres. Hindari juga godaan untuk gaya hidup tidak sehat seperti makanan siap saji, hobi begadang, konsumsi alkohol, rokok atau yang lainnya.

Baca Juga: Ini Dia Pilihan Asuransi Kesehatan yang Cocok untuk Wanita