Bingung Pilih Jurusan Desain Komunikasi Visual atau Desain Grafis? Pahami Dulu Perbedaannya

Jurusan desain memang menjadi salah satu yang paling diminati belakangan ini, terutama setelah perkembangan dunia digital semakin meluas. Peluang kerja untuk bidang yang satu ini juga sudah semakin terbuka lebar, apalagi jika kelak kamu bisa memiliki kemampuan yang baik. Namun, apakah kamu sudah memilih jurusan desain yang tepat dan sesuai untuk masa depanmu nanti?

Saat di perkuliahan, terdapat dua jenis jurusan desain, yaitu Desain komunikasi visual dan desain grafis. Kedua jurusan tersebut menjadi jurusan yang diminati para penyuka seni. Sayangnya, tak sedikit para calon mahasiswa yang dilanda kebingungan dalam memilih jurusan antara kedua jurusan tersebut. 

Untuk itu, kamu perlu tahu tentang kedua jurusan tersebut terlebih dahulu, mengingat keduanya memiliki perbedaan yang cukup besar. Jangan sampai kamu salah memilih hanya karena tidak memiliki pemahaman yang baik tentang keduanya sejak awal. Bukan hanya merugikan, hal seperti ini bahkan bisa membuatmu membuang banyak waktu dengan percuma.

Simak perbedaannya antara desain komunikasi visual dan desain grafis pada ulasan berikut ini yang sudah Cermati.com rangkum dari berbagai sumber.

Anda Bingung Cari Produk Kredit Tanpa Agunan Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KTA Terbaik! 

desain

1. Desain Komunikasi Visual (DKV)

Pada dasarnya desain komunikasi visual akan mempelajari berbagai topik yang berkaitan dengan komunikasi dan memiliki tanggung jawab dalam menyampaikan pesan untuk para klien atau pelanggan, di mana pesan-pesan ini akan disajikan dalam bentuk visual. 

Desain komunikasi visual ini akan berfokus pada aktivitas komunikasi dalam bentuk visual dan verbal, khususnya kepada para klien atau pelanggan.

Dalam jurusan yang satu ini, kamu akan mempelajari banyak materi yang cukup menarik, antara lain: animasi, ilustrasi, fotografi, desain  grafis, termasuk modifikasi atau airbrushing yang biasanya dibutuhkan untuk menonjolkan poin tertentu di dalam sebuah objek foto. Berbagai keahlian ini akan membuat para mahasiswa bisa menikmati sesi kuliah yang cukup menarik. 

Jurusan yang satu ini juga memiliki peluang karir yang sangat menjanjikan dalam dunia industri komunikasi itu sendiri, seperti: animator profesional, desain website, fotografer profesional, ilustrator, iklan, desain grafis, dan yang lainnya. 

Di dalam praktiknya, seorang desainer visual akan memiliki tanggung jawab dan peran yang penting untuk mendefinisikan berbagai hal yang dapat menjadi daya tarik dan gaya sebuah merek dan bukan hanya sekedar untuk menghidupkan merek bisnis itu sendiri. 

Seorang desainer visual akan bekerja untuk menghasilkan desain yang unik dan indah, serta menjelaskan tentang konsep dan berbagai hal lainnya yang terkait dengan desain tersebut. Meski terbilang jarang bekerja dengan menggunakan berbagai produk cetak, namun desainer di bidang ini biasanya harus memiliki pemahaman yang baik tentang desain grafis, branding, dan juga desain identitas. 

Baca Juga: Ini Dia Alasan Kenapa Kuliah Itu Wajib Untuk Karir Kamu!

2. Desain Grafis

Desain grafis justru memiliki lingkup yang lebih kecil, dimana jurusan ini akan fokus pada komunikasi visual dari berbagai konsep-konsep yang penting di dalam metode komunikasi visual itu sendiri. Desain grafis ini tidak mempelajari strategi dan berbagai hal lainnya, namun lebih kepada foto dan gambar saja. Desain grafis hanya akan fokus pada proses penciptaan elemen grafis utama saja. 

Desainer grafis biasanya akan banyak menangani berbagai materi cetak dan juga online yang dipublish di media sosial atau website, seperti: brosur, kartu nama, undangan, poster, dan yang lainnya. Selain itu, desainer grafis juga sering menangani proyek desain interface dalam sebuah website, seperti pembuatan ikon atau logo bisnis. 

Seorang desainer grafis bisa mengerjakan berbagai hal yang cukup menghasilkan, seperti: mendesain template website atau sebuah aplikasi, membangun sebuah merek, menciptakan logo / ikon, bergabung di agensi iklan dan masih banyak lainnya.

Baca Juga: 10 Jurusan Kuliah Lengkap dengan Pembelajaran dan Lapangan Pekerjaannya

Pahami dan Pilih Jurusan yang Tepat Sesuai Minat

Meski keduanya sama-sama harus memiliki dasar kemampuan desain, tapi tentu saja desain komunikasi visual dan desain grafis jelaslah berbeda. Mudahnya dalam menentukan, kamu tinggal ingat kembali apa minat dan cita-citamu. Sebab cita-cita dan jurusan kuliah sangat berkaitan erat. Dengan begitu, kamu bisa memilih jurusan kuliah dengan tepat.

Baca Juga: Tips Cermat Memilih Tempat dan Jurusan Kuliah