Bisa Seharga Satu Rumah Mewah, Ini Dia Deretan Video Games Paling Langka dan Termahal di Dunia

Tidak cuman tas, jam tangan atau perhiasan saja yang bisa jadi barang koleksi mahal. Video games ternyata juga bisa menjadi barang koleksi yang super mahal. Kelangkaan dan sejarah dari masing-masing video games tersebut lah yang membuat harganya menjadi melonjak tajam.

Dikalangan para pecinta games, mengoleksi video games tidak lagi merupakan sekedar hobi tapi juga gengsi. Untuk bisa memamerkan dedikasi merekaa terhadap hobi mereka para pecinta game ini tidak akan segan-segan untuk mengeluarkan budget hingga jutaan rupiah untuk bisa mendapatkan video game incaran untuk menambah koleksi mereka.

Bisa mencapai hingga miliaran rupiah untuk sebuah video games, ini dia daftar video game terlangka dan termahal di dunia versi cermati.com:

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Gamma Attack – €463.370 (Rp7 Miliar)

Gamma-Attack
Gamma-Attack via raregames.fandom.com

Siapa sangka, game video paling langka dan paling mahal yang ada di dunia saat ini adalah video games dengan format yang paling tua di dunia yaitu Atari 2600. Diprogram oleh Robert L. Esken, Jr, dan dirilis oleh Gammation. Gamma Attack hanya dirilis beberapa copy saja di seluruh dunia.

Yang menjadikannya game ini menjadi yang paling mahal karena sampai saat ini hanya ada satu salinan yang tersisa dari video games tersebut dan salinan ini saat ini kabarnya berada di tangan kolektor Anthony DeNardo, yang pernah mencoba menjual games tersebut di situs ebay pada tahun 2008 dengan harga € 463.370 atau Rp7 Miliar.

Baca Juga: Ada yang Sampai Puluhan Juta Rupiah, Ini Dia 10 Aplikasi Android Termahal di Dunia

2. Stadium Events - €38,661 (Rp615 juta)

Stadium Events
Stadium Events via kotaku.com

Stadium Events bisa dikatakan sebagai salah satu revolusioner dalam industri video games saat itu, menciptakan games yang bisa dimainkan dengan sebuah tikar / mat dari plastik saat itu, dimana para pemainnya harus berjalan, berlari bahkan melompat untuk memainkan games, atau saat ini yang kita kenal dengan power pad.

Nintendo pun akhirnya membeli hak untuk game dan controller hanya satu tahun setelah rilis dan membuat ulang lagi games dengan tema yang sama berjudul World Class Track Meet. Untuk menghindari kebingungan, Nintendo menarik semua salinan games dari Stadium Events dari toko-toko games dan menghancurkannya, namun sayangnya sekitar 200 salinan sudah terlanjur terjual.

Dikabarkan bahwa hanya 20 salinan yang tersisa. Setidaknya satu salinan yang disegel pabrik ditemukan dan dijual di pelelangan dengan harga Rp615 juta.

3. Air Raid - €32,435 (Rp516 juta)

Air Raid via retrothing.com
Air Raid via retrothing.com

Air Raid adalah game pertama dan satu-satunya yang dikembangkan oleh MenAvision dengan desain yang berbeda untuk sebuah game dengan format Atari 2600 pada umumnya. Konsep dari permainan ini cukup sederhana yaitu melindungi kota dari serangan udara dengan megemudikan pesawat ruang angkasa kamu sendiri.

Diyakini bahwa hanya ada 12 salinan resmi video game ini yang tersebar di seluruh dunia, dua di antaranya telah terjual dalam pelelangan dalam beberapa tahun terakhir dengan harga mencapai €32,435 atau Rp516 juta.

4. Birthday Mania – €32,435 (Rp510 juta)

Birthday Mania
Birthday Mania via youtube.com

Ketika pertumbuhan video games sedang pesat di tahun 80-an, Birthday Mania adalah game yang dikembangkan menggunakan format Atari 2600 dengan tujuan menjadi hadiah ulang tahun yang sempurna.  Dengan games ini kamu bisa mengejutkan seseorang yang berulang tahun dengan permainan ini, tapi kamu harus memesannya terlebih dahulu, karena games ini memiliki custom khusus.

Custom spesial itu adalah kemunculan nama orang yang sedang berulang tahun pada layar personalisasi ketika sedang bermain games tersebut. Video games ini memungkinkan pemainnya untuk meniup lilin dan memecahkan balon seperti yang suka dilakukan pada sebuah acara pesta ulang tahun pada umumnya.

Sayangnya perusahaan yang mendistribusikan Birthday Mania, Personal Games harus menghentikan prduksinya karena konsep games dan respon yang didapatkan tidak sesuai dengan yang mereka harapkan. Karenanya sangat sedikit video games ini yang diproduksi. Dikabarkan, hanya ada dua salinan Ulang Tahun Mania yang ada saat ini, salah satunya ada di tangan seorang kolektor Atari yang terkenal - Jerry Greiner.

5. 1990 Nintendo World Championships: Gold Edition - €19,461 (Rp309 juta)

1990 Nintendo World Championships, Gold Edition
1990 Nintendo World Championships, Gold Edition  via goombastomp.com

1990 Nintendo World Championships: Gold Edition dirancang sebagai hadiah untuk turnamen game yang diadakan oleh Nintendo pada tahun 1990, di Los Angeles, California. Pemenang hadiah utama dan 25 runner-up semuanya menerima salinan dari games eksklusif ini, jadi hanya ada 26 salinan yang pernah dibuat dan tersebar diseluruh dunia.

Permainan itu sendiri termasuk tiga permainan: Super Mario Bros, Rad Racer dan Tetris, disesuaikan dengan timer khusus untuk turnamen game.

6. 1991 Nintendo Campus Challenge - €18,627 (Rp296 juta)

1991 Nintendo Campus Challenge
1991 Nintendo Campus Challenge via retrousb.com

1991 Nintendo Campus Challenge diproduksi untuk turnamen permainan oleh Nintendo. Idenya untuk tur kampus kampus dan tempat-tempat liburan musim semi yang populer. Edisi video games ini menggabungkan tiga game: Super Mario 3, Dr. Mario dan PinBot.

Dikabarkan seharusnya setiap salinan untuk games ini harusnya sudah dihapus dan dihilangkan sepenuhnya, tetapi pada tahun 2006 seorang mantan karyawan Nintendo menemukan beberapa salinan asli video games ini di garasinya. Salinan ini dilaporkan telah dijual dan dijual kembali masing-masing dengan harga € 12.974 dan € 18.627 atau Rp206 juta dan Rp296 juta.

7. Atlantis II - €16,678 (Rp265 juta)

Atlantis II
Atlantis II via keepo.com

Atlantis II memiliki konsep yang mirip dengan permainan Atlantis asli untuk Atari 2600, tetapi Atlantis II dikembangkan secara eksklusif untuk kompetisi Atari Defend Atlantis. Konsep permainan ini adalah untuk melindungi kota Atlantis dari pesawat ruang angkasa Gorgon yang jahat.

Perbedaan antara Atlantis II untuk kompetisi Atari Defend Atlantis dengan yang asli adalah durasi permainan dipercepat dan sistem skor diubah karena pesawat ruang angkasa musuh bernilai lebih rendah ketika diturunkan.

Para pemain top dari kontes semua menerima salinan Atlantis II, sementara empat terbaik dikirim ke babak berikutnya dengan hadiah akhir € 9,265 atau Rp174 juta.

Baca Juga: BTS Makin Tajir Jadi Boyband Termahal di Dunia, Intip 5 Sumber Kekayaannya

 

8. Tetris (Sega Genesis/Megadrive) - €14,970 (Rp238 juta)

Tetris
Tetris via kotaku.com

Tetris adalah jenis games yang cukup mudah diakses dan paling dikenal di dunia. Tapi kenapa bisa games ini masuk kedalam daftar ini? Alasannya bermuara pada masalah hukum dan hak cipta. Perusahaan games ternama, Nintendo awalnya adalah satu-satunya perusahaan yang memiliki hak eksklusif untuk Tetris. Jadi ketika perusahaan games lain Sega Genesis merilis games yang sama, tentu saja masalah pelanggaran hak cipta dan eksklusif dipastikan masuk kedalam urusan hukum.

Masalah berawal dengan adanya keberadaan 10 salinan dari games ini yang diproduksi, tapi dari kesepuluh salinan itu ternyata ada satu salinan yang belum terlisensi dan memiliki tanda tangan dari sang pencipta games asli Alexey Pajitnov ini tiba-tiba masuk kedalam berbagai headline berita dunia karena salinan yang belum terlisensi ternyata dikabarkan berhasil dijual dengan harga mencapai $1 juta.

Dengan meledaknya kasus ini, Pihak Nitendo pun menuntut perusahaan Sega Genesis untuk hak cipta tersebut, yang menyebabkan Senga Genesis harus rela membeli hak eksklusif tersebut seharga Rp238 juta.

9. Red Sea Crossing - €12,971 (Rp206 juta)

Red Sea Crossing
Red Sea Crossing via atarimania.com

Game untuk Atari 2600 ini dikembangkan pada tahun 1983 oleh Steve Slack dan dirilis oleh Inspirational Video Concepts, tetapi baru diketahui oleh para kolektor begitu muncul di sebuah event garage sale pada tahun 2007.

Dilaporkan hanya ada 100 salinan asli dari Red Sea Crossing yang pernah dibuat, tidak hanya kaset video dan tapi juga buku mewarnai. Sampai hari ini hanya dua dari mereka yang terlihat lagi, tanpa aksesoris. Salah satunya dijual di lelang seharga € 12.971 (Rp206 juta) dan yang lainnya seharga € 9.636 (Rp153 juta).

10. King of Fighters 2000 (English version) - €5,000 (Rp79 juta)

King of Fighters 2000 (English version)
King of Fighters 2000 (English version) via gamesdb.launchbox-app.com

Diciptakan untuk konsol NeoGeo yang terkenal langka, serta beberapa yang lain, game ini adalah yang ke-7 dari serangkaian game pertempuran yang dimulai pada tahun 1994. Diproduksi oleh SNK dan dirilis tepat sebelum mereka bangkrut. Hanya ada 100 salinan game ini yang dikonfirmasi di dunia, membuatnya sangat unik dan penjualannya sangat langka.

Baca Juga: Instagramable dan Enak Buat Nongkrong, Ini Dia 15 Cafe Paling Unik di Jakarta