Bisnis-Bisnis Apa Saja yang Menarik di Tahun 2017?

Tahun 2017 sudah berjalan hampir satu semester. Sudah banyak pencapaian yang menarik dan mungkin membawa kisah sukses yang jauh lebih manis di banding tahun 2016 yang lalu. Namun ada juga sebagian yang mungkin masih merasa pencapaian usaha yang diraih sampai dengan saat ini masih belum lebih baik ketimbang tahun lalu.

Selagi masih ada dipertengahan tahun, tidak ada salahnya untuk merevisi sedikit, bahkan bila perlu mereformasi beberapa rencana yang belum berjalan dengan baik. Salah satunya adalah rencana bisnis yang kita anggap tidak bisa berjalan sesuai dengan rencana.

Bila bisnis masih belum berjalan dengan baik, mungkin saja objek bisnisnya yang kurang menarik sehingga perlu direvitalisasi. Sebab siapa tahu dengan mengganti objek bisnis, sebelum tahun ini berakhir kesuksesan sudah menghampiri, atau setidaknya usaha yang kita jalankan memberikan tren yang positif.

Bagi yang ingin menambah variasi jenis usaha atau mengganti usaha yang ada saat ini, dikutip dari berbagai sumber, berikut ini adalah bisnis-bisnis yang menggiurkan dan menarik untuk tahun 2017 ini.

Anda Bingung Cari Produk KPR Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KPR Terbaik! 

Temukan Sukses Lewat Spesialisasi Bisnis Kuliner

bisnis kuliner
Bisnis Kuliner

Saat ada yang menyampaikan bahwa bisnis kuliner masih muncul di tahun 2017, mungkin ada sebagian yang pesimis tentang hal semacam ini. Padahal apapun bisnisnya, kuncinya adalah bagaimana menemukan spesialisasi bisnis kuliner yang tepat untuk pangsa pasar yang ingin diraih. Berikut ini ada ulasan tentang jenis-jenis bisnis kuliner yang masih menarik dan bergairah hingga pertengahan tahun ini.

1. Makanan Beku (Frozen Food), Tipe Bisnis Kuliner yang Masih Cocok Untuk Online

Tipe bisnis kuliner yang menjadikan olahan makanan beku menjadi objek bisnisnya ditengarai masih bergeliat hingga saat ini. Jenis makanan ini dapat tahan saat pengiriman dari satu tempat ke tempat lain, menjadikan tipe bisnis kuliner ini sangat pas untuk target pemasaran via online.

2. Percantik Tampilan Kue atau Cake Untuk Memenangkan Persaingan

Bisnis cake dan kue, apalagi yang kekinian memang sudah jadi primadona sejak lama. Terlebih dengan booming-nya rintisan cake dan kue untuk oleh-oleh yang disebut-sebut mewakili kekhasan suatu daerah seperti strudel, pie susu, serta jenis olahan cake dan kue lainnya. Kuncinya ada pada brand awareness serta tampilan yang cantik.

3. Bisnis Katering Kantoran dengan Menu Sehat, Makin Dicari dan Diminati

Sudah banyak yang tahu bahwa bisnis katering dengan segmen pegawai kantoran yang biasa dimaksudkan sebagai menu delivery order banyak digemari karena kemudahan dan kepraktisannya. Biasa dipilih sebagai menu makan siang yang praktis dan tak perlu keluar lokasi pekerjaan adalah sebuah ide dasar dari layanan semacam ini. Hanya sebagai ciri khas, serta menangkap ide bahwa akan semakin banyak orang yang peduli dengan segala hal yang sehat maka berbisnis katering kantoran dengan menu sehat, seperti bebas MSG atau bahan pengawet misalnya bisa jadi menuai kesuksesn bila dicoba.

4. Camilan dan Minuman Kekinian, Masih Digilai Anak Muda

Beberapa fenomena seperti martabak manis, makaroni, serta minuman olahan berbahan dasar coklat, kopi serta susu juga masih sangat digilai anak muda. Kunci sukses berbisnis semacam ini ada pada kreatifitas serta keberanian untuk memberi tampilan yang eksentrik. Beberapa punya gerai yang unik serta nama menu yang tak biasa, hal yang demikian diyakini jadi kunci sukses berbisnis camilan dan minuman kekinian.

Bisnis kuliner memang masih menjanjikan, tetapi mungkin saja karena satu dan lain hal kita lebih memilih untuk mengembangkan bisnsi sektor lain. Alasannya bisa jadi karena keterbatasan modal misalnya. Dan yang demikian ini sama sekali bukan halangan sepanjang masih ada tekad dan kemauan untuk maju. Disamping kuliner, tren bisnis digital juga masih cukup menjanjikan.

Baca Juga: Peluang Bisnis dari Tren Gaya Hidup Sehat

Ragam Trend Bisnis Digital yang Masih dan Akan Terus Digandrungi

bisnis digital
Bisnis Digital

Berbisnis dengan memanfaatkan platform digital cenderung menjanjikan keuntungan. Pasalnya beberapa meyakini bahwa beberapa jenis bisnis digital menjanjikan keuntungan meski dimulai dengan modal yang tidak terlalu besar. Fakta ini juga didukung bahwa perkembangan trend bisnis digital Indonesia juga terus mengalami kenaikan, ini ditunjukkan dengan besarnya perputaran uang yang terjadi dalam aktifitas di Internet. Sisi lain tentu saja adalah semakin banyaknya pengguna peranti macam smartphone dan sejenisnya.  Bila dirangkum, berikut ini adalah prospek bisnis digital yang masih terus terbuka lebar hingga pertengahan tahun 2017 ini.

1. Situs dengan Platform Mobile-Friendly

Mengembangkan situs web sudah jadi rahasia umum kalau ini bisa mendatangkan banyak keuntungan besar. Hingga hari ini, tingginya angka pengguna smartphone adalah salah satu alasan semakin banyak orang lebih menyukai berkunjung ke situs-situs yang Mobile-Friendly. Pasalnya tentu sangat tidak nyaman ketika mengunjungi situs yang harus zoom in-zoom out, gara-gara situs yang tampil adalah versi layar PC.

2. E-Commerce

Meski keraguan akan belanja online yang identik dengan terjadinya penipuan masih membayangi sebagian orang, tapi yang demikian sama sekali tak menghalangi tumbuhnya E-Commerce di Indonesia. Ditambah dengan integrasi layanan penggiriman yang memungkinan pembeli maupun penjual melacak kiriman secara otomatis menjadikan buka toko online di pasar daring (dalam jaringan) atau biasa dikenal dengan istilah marketplace, mulai mengalahkan kepopuleran sosial media sebagai tempat untuk jualan.

3. Social Media Ads

Memanfaatkan social media advertisment, saat ini mulai dikenal keefektifitasannya untuk mendongkrak bisnis offline. Nilainya yang cukup murah, dengan pengguna yang terbagi secara spesifik menurut demografis, usia dan jenis kelamin jadi keunggulannya. Iklan sangat mungkin muncul pada target pengguna yang tepat.

5. Instagram Stories untuk Mendongkrak Bisnis

Sosial media berbasis gambar yaitu instagram dinilai punya keunggulan. Ini karena setiap gambar yang diposting memungkinkan untuk ditata daam featured stories. Meski hanya punya masa kampanye yang singkat (24 jam) tetapi seorang internet marketer bisa menjadikan ini sebagai satu media kampanye yang memberikan target terukur sesuai dengan featured stories pada hari itu. Tema yang terus baru juga adalah sumber ketertarikan untuk memancing anak muda yang notabenenya adalah pengguna sosial media aktif.

Baca Juga: Facebook vs Instagram, Mana yang Lebih Baik untuk Bisnis Online?

Tepat dalam Memilih Jenis Bisnis dan Media Promosinya

Menjadikan bisnis apa saja sebagai mata pencaharian tentu sangat bisa yang diperlukan tentu mengikuti evolusi bisnis yang sesuai dengan tuntutan pasar. Mengembangkan bisnis dengan cara yang demikian sangat mungkin agar bisnis yang dijalani dapat survive serta diterima dengan baik. Ujung-ujungnya tentu saja ada kemungkinan meraih omzet dan keuntungan sebanyak-banyaknya.

Baca Juga: Usaha Titip Beli: Bisnis dengan Untung Besar Berbasis Online