Bisnis Foodtruck, Apa Itu dan Tips Sukses Menjalankannya

Sebagai sebuah negara yang sedang berkembang seharusnya aktif di dalam mengikuti segala tren serta perubahan yang terjadi di dalam berbagai bidang. hal ini juga terjadi pada Indonesia, di negeri ini sekarang sudah banyak jenis usaha yang mengadopsi ide dan berbagai bentuk kreatifitas yang sedang digandrungi oleh masyarakat di berbagai belahan dunia.

Salah satu bidang usaha yang banyak digeluti adalah bidak kuliner, yang merupakan salah satu bidang yang hampir selalu mengalami perubahan dari satu masa ke masa lainnya. Beragam inovasi dan terobosan dilakukan oleh para pebisnis yang bergerak di bidang kuliner dengan tujuan untuk selalu dapat menambah pundi-pundi pendapatan dan peluang bisnis yang lebih luas dari sebelumnya. Hal ini tentu saja cukup beralasan, mengingat hampir setiap orang akan mengalami perubahan dalam hidup mereka, termasuk dalam masalah makanan.

Maklum saja, kita memiliki sifat mudah bosan dan selalu ingin menikmati hal-hal baru di dalam hidup. Dalam kaitannya dengan makanan, hal ini berhubungan dengan selera makan dan gaya hidup yang kita terapkan di dalam keseharian. Tidak semua orang ingin menikmati jenis makanan dan suasana tempat makan yang sama setiap harinya, itulah faktanya.

Hal ini tentu menjadi sebuah pekerjaan rumah dan sekaligus peluang usaha yang dapat digarap menjadi lahan bisnis baru. Salah satu hal yang kemudian menjadi pemecahan dalam masalah ini adalah munculnya ide bisnis foodtruck yang saat ini telah banyak beroperasi di kota-kota besar di Indonesia.

Mengenal Foodtruck Lebih Dekat

Mengenal Food Truck Lebih Dekat  

Mengenal Lebih Dekat foodtruck via watchdogwire.com

 

foodtruck merupakan sebuah jenis usaha yang bergerak di bidang makanan dan minuman yang semua kegiatan operasionalnya meliputi penyiapan atau memasak, penyajian, dan penjualannya dilakukan di dalam sebuah kendaraan besar.

Pada dasarnya, perkembangan foodtruck itu sendiri terjadi karena adanya tren yang berkembang di berbagai kota besar di luar negeri dan hal ini tentu saja menjadi sebuah peluang bisnis yang cukup menjanjikan, terutama bagi para pebisnis kuliner yang ada di kota-kota besar seperti Jakarta. Hal ini dapat dilihat dari beberapa sudut kota Jakarta yang telah diramaikan dengan hadirnya foodtruck sebagai pilihan alternatif dalam menikmati kuliner.

Konsep unik yang diusung oleh foodtruck merupakan sebuah hal positif yang akan membawa pengalaman kuliner baru bagi masyarakat perkotaan. Respon dari konsumen cukup baik, hal ini dapat dilihat dari ramainya jumlah pengunjung dan jam operasional foodtruck yang bisa dibilang cukup singkat, baru dagang sebentar terkadang sudah habis. Hal ini tentu saja berbanding lurus dengan omset penjualan yang jumlahnya juga tidak mungkin sedikit, bukan?

Foodtruck dan Peraturan pemerintah

Peraturan Pemerintah

Peraturan Pemerintah via morganmckinley.co.uk

 

Mengenal foodtruck dan melihat peluang bisnis yang dijanjikannya tentu membuat kita menjadi tertarik dan ingin lebih tahu tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan bisnis tersebut. Salah satu hal yang tak kalah menarik untuk dicermati, terutama bagi kita yang tertarik untuk menjalankan bisnis ini adalah ketentuan dan perundang-undangan yang harus dipatuhi di dalam menjalankannya.

Sesuai dengan konsep yang diusungnya, sebagai usaha yang menjual makanan dan minuman, maka foodtruck bisa aja dikategorikan ke dalam usaha restoran atau rumah makan yang ketentuannya telah diatur dalam peraturan pemerintah. Hal ini dapat dilihat di dalam:

Pasal 4 Peraturan Menteri Kebudayaan dan Pariwisata no. 87 tahun 2010 tentang Tata Cara Pendaftaran Usaha Jasa Makanan dan Minuman, disebutkan bahwa yang termasuk ke dalam usaha jasa makanan dan minuman, antara lain meliputi jenis usaha:

  • Restoran.
  • Rumah Makan.
  • Bar atau rumah minum.
  • Kafe.
  • Pusat penjualan makanan.
  • Jasa boga.
  • Jenis usaha lain bidang usaha jasa makanan dan minuman yang ditetapkan oleh Bupati, Walikota dan atau Gubernur.

Maka berdasarkan peraturan di atas, usaha foodtruck dapat dikategorikan ke dalam jenis usaha jasa dan makanan lainnya. Sesuai dengan ketentuan tersebut, maka usaha foodtruck juga dapat diberlakukan peraturan yang sama dengan usaha lainnya di atas, yakni perlu melakukan  pendaftaran usaha pariwisata untuk kemudian diterbitkan Tanda Daftar Usaha Pariwisata (TDUP).

Tetapi di dalam Pasal 5 Peraturan Menteri Kebudayaan dan Pariwisata no. 87 tahun 2010 juga disebutkan bahwa untuk pengusaha perorangan yang tergolong usaha mikro atau kecil dibebaskan dari kewajiban untuk melakukan pendaftaran usaha pariwisata. Sehingga pengusaha perorangan tidak diwajibkan, namun tetap dapat mendaftarkan usahanya atas keinginan sendiri.

TDUP untuk wilayah DKI Jakarta dapat diajukan dengan ditujukan kepada Gubernur sesuai dengan Peraturan Gubernur Provinsi DKI Jakarta No. 133 Tahun 2012 tentang Pendaftaran Usaha Pariwisata. Sedangkan untuk di luar wilayah DKI Jakarta ditujukan kepada Bupati atau Walikota tempat usaha pariwisata tersebut berlokasi. Jadi kita harus menentukan terlebih dahulu dengan jelas lokasi beroperasinya foodtruck, sebelum kita akhirnya memutuskan pengajuan TDUP  di wilayah tertentu.

Baca Juga : Kredit Usaha Rakyat: Apa Itu Dan Cara Mendapatkannya

Syarat Pengajuan TDUP Untuk Usaha foodtruck

  Syarat Pengajuan

Syarat Pengajuan via franchisingdistributionblog.greensfelder.com

 

Pada dasarnya pengajuan TDUP cukup simpel dan tidak akan merepotkan, kita hanya perlu membuat Surat Permohonan Pendaftaran Usaha Pariwisata dengan melampirkan persyaratan beberapa dokumen pelengkap, antara lain:

  1. Fotokopi akta pendirian badan usaha yang melampirkan usaha jasa makanan dan minuman sebagai maksud dan tujuannya untuk pengusaha yang berbentuk Badan Usaha atau fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) untuk pengusaha perorangan.
  2. Fotokopi izin teknis dan dokumen lingkungan hidup sesuai dengan ketentuan perundang-undangan.
  3. Keterangan tertulis dari pengusaha tentang perkiraan kapasitas jasa makanan dan minuman yang dinyatakan dalam jumlah kursi untuk restoran, rumah makan, bar atau rumah minum, kafe dan pusat makanan.

Jangan lupa untuk membawa semua dokumen asli atau fotokopi yang telah dilegalisir pada saat melakukan pendaftaran. Kita juga wajib membuat surat pernyataan keaslian dokumen-dokumen tersebut.

Trik Pintar Menjalankan Usaha foodtruck

Food truck

foodtruck via midionze.com

 

Mental bisnis dan kreatifitas merupakan dua hal terpenting yang akan membawa banyak uang ke dalam pundi-pundi seseorang. Banyak orang yang berpendapat bahwa di dalam bisnis, mengikuti dan mengembangkan tren yang sudah ada akan lebih mudah daripada merintisnya dari awal. Hal ini tentu saja ada benarnya, karena saat melihat sesuatu yang telah bagus, maka secara spontan orang akan berpikir bagaimana cara untuk membuat hal tersebut menjadi lebih bagus lagi bila berada di tangannya.

Hal ini juga berlaku di dalam bisnis foodtruck, mengadopsinya dari tren yang sedang ramai dan telah banyak peminat di luar negeri, tentu membutuhkan beragam kreatifitas tambahan saat kita mengusungnya dan membuat respon positif dari konsumen di dalam negeri. Sudah pasti ini bukanlah sebuah pekerjaan yang mudah untuk dilakukan karena itu cermati beberapa trik di bawah ini, agar sukses membangun bisnis foodtruck:

1. Pahami Risiko Yang Ada

Setiap usaha pasti memiliki sejumlah resiko dan kendala yang bisa saja terjadi setiap saat, dan hal itu juga berlaku di dalam bisnis foodtruck. Meski terlihat mudah dan gampang dijalankan, namun usaha foodtruck juga rentan terhadap risiko usaha yang kadang-kadang berakhir dengan kebangkrutan.

Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh ketua Asosiasi foodtruck Indonesia (AFTI), Joko Waluyo mengatakan bahwa bisnis berkonsep foodtruck memiliki prospek yang bagus, namun berdasarkan data yang dihimpun selama enam bulan memunculkan sebuah fakta di lapangan, di mana 20%-30% dari pengusaha foodtruck pada umumnya gugur di dua bulan pertama operasionalnya.

Hal pertama yang menjadi hambatan dan penyebab terjadinya kegagalan bisnis foodtruck adalah sering terjadi perpecahan kongsi antara pemilik usaha dan juga bahan baku yang sulit didapatkan karena adanya kebijakan impor pemerintah.

2. Memiliki Mental Kuat

Modal yang dibutuhkan di dalam memulai bisnis foodtruck tergolong cukup besar, karena itu dibutuhkan mental yang benar-benar kuat untuk menjalankan. Namun sesuai dengan tantangan dan modal besar yang dikeluarkan, bisnis ini memiliki peluang yang besar mencetak omset yang menggiurkan. Sebagai gambaran, Joko mengatakan omset foodtruck Tacombi yang dikelolanya berkisar Rp5 juta per hari per kendaraan. Bahkan beliau menambahkan bahwa bisnisnya sebenarnya mampu menghasilkan Rp12 juta dalam sehari, namun waktu yang dibutuhkan untuk pengadaan suplai bahan baku menjadi penghalang.

3. Mengatasi Masalah Sumber Daya Manusia (SDM)

Salah satu hal serius lainnya dalam pengembangan bisnis ini terletak di masalah SDM. Ada saat-saat tertentu di mana foodtruck kekurangan karyawan, contohnya pasca hari raya Idul Fitri yang pada akhirnya membuat foodtruck terpaksa tidak beroperasi.

Hal lain yang menjadi masalah adalah kualitas dan kemampuan SDM itu sendiri yang kebanyakan kurang pelatihan sehingga kemampuannya dalam bekerja tidak maksimal. Hal ini tentu saja menjadi hambatan yang sangat serius karena kualitas produk tentu akan dipengaruhi kualitas SDM yang menghasilkannya, bukan?

4. Bergabung Bersama Asosiasi

Sebagai pemain pemula, ada baiknya kita menimba ilmu dan bergabung dengan Asosiasi foodtruck Indonesia (AFTI) yang akan banyak membantu para pengusaha foodtruck untuk menjalankan bisnisnya. Di sini kita bisa mendapatkan arahan untuk bisa menghadapi masalah pada awal-awal masa beroperasi. Saat ini AFTI telah membawahi 35 usaha foodtruck dari total 70 usaha yang beroperasi di Jakarta.

5. Memiliki Komitmen Untuk Menjalankan Usaha

Setiap bisnis yang sukses tentu harus ditebus dengan kerja keras dan komitmen yang kuat dalam menjalankannya, begitu juga dengan bisnis foodtruck. Kita perlu benar-benar memiliki sebuah komitmen yang kuat di dalam menjalankannya,  sehingga bisnis ini dapat berkembang dan menghasilkan.

Baca Juga : Mau Buka Bisnis Laundry? Ini Dia Tips Suksesnya!

Tertarik Mencoba?

Bagi Anda yang sedang mencari ide bisnis, tidak ada salahnya mencoba konsep bisnis foodtruck seperti ini. Dengan berbagai keuntungan yang ditawarkan, bisnis Foodtruck dapat menjadi sebuah peluang bisnis yang menjanjikan. Bagaimana, tertarik mencoba?

Baca Juga : Mau Bisnis Pulsa? Ini Dia Tips Suksesnya