Bisnis Sukses Anak Jokowi untuk Inspirasi Bangun Bisnismu Sendiri

Mencoba peruntungan di dunia bisnis memang menjadi hal yang menarik, terutama bagi kamu yang tidak menginginkan status sebagai karyawan kantoran. Berbisnis akan memungkinkan kamu bekerja dengan lebih leluasa, nyaman, maksimal, dan tentunya sesuai dengan minat dan kemampuan yang kamu miliki. Inilah yang menjadi daya tarik bisnis itu sendiri, selain penghasilan yang diharapkan di atas rata-rata juga tentunya. Bisnis akan memberikan kesempatan yang sangat luas untuk kamu bisa berkembang dan mengerahkan seluruh kemampuan yang kamu miliki dalam menghasilkan uang.

Banyak orang bermimpi bisa membangun bisnis dengan sukses, bahkan sejak masih muda. Hal ini tentu sangat wajar, sebab hingga kini bisnis masih tetap memiliki daya tarik besar sebagai sumber penghasilan. Namun pada kenyataannya, kebanyakan orang justru mengalami kesulitan untuk menemukan bisnis yang tepat. Sementara di lain sisi, menemukan bisnis yang tepat sejak awal merupakan poin wajib yang harus kamu cermati dengan baik, sebab hal ini akan berdampak langsung pada sukses atau tidaknya kamu di dalam bisnis tersebut.

Jika kamu tidak bisa memilih bidang yang sesuai dan memiliki peluang yang besar, maka bisa saja bisnis ini tidak akan berkembang dengan baik. Jika hal ini yang terjadi, maka bagaimana kamu bisa sukses dan mendatangkan banyak uang dari bisnis yang kamu jalankan?

Baca Juga: Bagaimana Cara Jack Ma Membangun Bisnis Alibaba?

Mencari Peluang dan Belajar dari Kesuksesan Orang

Melihat kesuksesan orang lain yang telah lebih dulu terjun ke dunia bisnis, hal ini bisa menjadi inspirasi bagi kamu untuk segera membangun bisnismu. Tak perlu jauh-jauh, kamu bisa melihat kesuksesan kedua putra Jokowi dalam membangun bisnis mereka. Muda, bersemangat dan berani mencoba, semua ini bisa kamu temukan pada diri Gibran Rakabuming dan Kaesang Pangareb yang sukses menjalankan berbagai macam bisnis sekaligus.

Kedua putra Presiden yang selalu tampil dengan sederhana ini seolah tidak ingin kehilangan semangat muda mereka dalam menjalankan bisnis. Sama dengan pebisnis muda lainnya yang memulai segala sesuatunya dari 0, Gibran bahkan harus mengajukan sejumlah pinjaman ke bank ketika dia berniat merintis bisnis katering pertamanya di tahun 2010 lalu. Bisnis membutuhkan keberanian dan juga tekad yang besar, begitu kira-kira cara Gibran membangun bisnis pertamanya ini. Pria muda yang tidak terlalu banyak bicara ini bahkan membangun sendiri bisnisnya tanpa dukungan sang ayah yang kala itu juga memiliki bisnis yang telah sukses di bidang mebel.

Mengikuti jejak kaka tertuanya, Kaesang yang baru saja menyelesaikan pendidikanya di Singapura ini juga seolah tak ingin ketinggalan. Beberapa waktu yang lalu, Kaesang telah merintis bisnis pertamanya dengan memproduksi kaos ala anak muda yang kemudian populer dan cukup banyak diminati. Meski belum dalam skala yang besar seperti milik kakaknya, geliat bisnis yang ditekuni Kaesang juga menunjukkan perkembangan yang positif. Jika kamu memiliki keinginan untuk membangun bisnis, maka tidak ada salahnya untuk belajar dari kedua kakak beradik ini. Ada banyak bisnis yang telah sukses dijalankan oleh keduanya, beberapa di antaranya bahkan tidak terlalu rumit dan bisa kamu jadikan pertimbangan.

Berikut ini adalah beberapa bisnis yang sudah dijalankan Gibran dan Kaesang yang bisa kamu jadikan sebagai inspirasi bisnismu:

Anda Bingung Cari Produk Kredit Tanpa Agunan Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KTA Terbaik! 

1. Katering

Chilli Pari Katering via chilliparikatering.com  
Chilli Pari Katering via chilliparikatering.com

Bisnis katering menjadi pilihan bisnis pertama yang dijalankan oleh putra tertua Jokowi ini di tahun 2010 lalu. Gibran menamai bisnisnya ini dengan Chilli Pari dan memulai bisnis kateringnya ini dengan cara mengajukan sejumlah pinjaman kepada pihak bank. Menjalankan bisnis katering tentu tidak semudah yang dibayangkan, mengingat bisnis ini juga memiliki banyak saingan yang telah lebih dulu sukses di pasaran.

Namun berkat kegigihannya dalam bereksperimen dan melakukan berbagai inovasi di dalam bisnisnya, Chilli Pari akhirnya mulai tumbuh dan memiliki klien, meskipun jumlahnya masih terbilang terbatas. Di dalam perkembangannya, Chilli Pari tak hanya menyediakan layanan katering saja, namun bisnis ini berkembang hingga mencakup beberapa layanan yang masih berkaitan dengan gelaran pesta, seperti: dekorasi, gedung, undangan, souvenir,dokumentasi, hiburan, dan tentunya katering.

Di tangan seorang Gibran, Chili Pari tumbuh menjadi besar dan berkembang dengan pesat, sehingga layanannya bisa menangani event-event yang terbilang cukup besar, sebut saja pernikahan Kahiyang Ayu beberapa waktu yang lalu.

2. Kuliner dan Camilan

Martabak Markobar  
Martabak Markobar via seratus.id

Bisnis yang satu ini tentu menjadi salah satu yang paling menjanjikan, sehingga banyak dijadikan sebagai pilihan. Setelah sukses membuka bisnis katering dan mengembangkannya menjadi salah satu yang diperhitungkan di sekitaran Solo, Gibran kembali melebarkan sayap bisnisnya ke bidang kuliner lainnya.

Markobar menjadi salah satu yang paling populer, mengingat martabak ini memiliki  banyak cabang di berbagai kota di Indonesia, bahkan dalam waktu dekat akan merintis Filipina. Mengusung konsep yang berbeda dari martabak lainnya, Markobar mampu mencuri perhatian para penikmat kuliner manis di Indonesia. Kuliner yang satu ini cepat dikenal, bahkan bisa berkembang hingga mencapai belasan cabang saat ini.

Tidak berhenti di situ saja, Gibran bahkan membuka gerai kuliner lainnya di kota Solo. Menu yang dipilih tentu masih seputar menu favorit anak muda, sehingga tempat ini juga menjadi salah satu yang paling banyak dikunjungi olah para anak muda Solo. Beberapa bisnis kuliner lainnya yang dirintis oleh Gibran, antara lain: MomMilk, Pasta Buntel, dan juga Cakardheer.

Tak hanya Gibran saja, sepertinya sang adik juga cukup tertarik untuk menjajal kemampuannya dalam bisnis kuliner ini. Beberapa waktu yang lalu, Kaesang juga membuka gerai bisnis kulinernya yang dinamai SangPisanger. Menggunakan bahan baku pisang, kuliner yang satu ini juga cukup banyak disukai dan dicari. Bisa jadi setelah sukses di gerai pertamanya ini, Gibran akan merintis bisnis kuliner lainnya seperti yang dilakukan oleh kakaknya.

3. Jas Hujan

Jas Hujan
Jas Hujan 'Tugas Negara Bos' via Bukalapak.com

Jika sebagian besar anak muda begitu tertarik dengan bisnis kaos atau pakaian lainnya, maka anak tertua Jokowi ini justru melihat jas hujan sebagai ladang bisnis yang menjanjikan. Bisnis yang diberi nama "Tugas Negara Bos" ini memang terbilang unik dan sangat berbeda dari yang lainnya. Namun sama seperti bisnis yang telah dirintisnya terdahulu, Gibran juga bisa meraih kesuksesan dari bisnis yang satu ini. Bukan hanya itu saja, untuk memaksimalkan kegiatan promosinya, Gibran bahkan menjadikan Najwa Shihab sebagai modelnya. Benar-benar tak terduga, bukan?

4. Kaos

kaos sang javas
 Kaos 'Sang Javas' via sangjavas.com

Jika kakaknya sukses dengan bisnis jas hujan, maka Kaesang justru merintis bisnis kaos lucu yang diberi nama “Sang Javas”. Kaos yang hadir dalam beberapa seri ini menggunakan kecebong sebagai “modelnya”. Gambar-gambar berbentuk kecebong ini terbilang unik dan banyak diminati, sehingga bisnis kaos Kaesang ini bisa membukukan penjualan hingga ratusan helai.

5. Permainan

Senggal-Senggol Gang Damai , Hopimpa Games  
Senggal-Senggol Gang Damai , Hopimpa Games via boardgame.id

Tak hanya kuliner dan kaos saja, bidang digital juga menjadi bisnis yang menarik bagi kakak beradik ini. Keduanya bersama-sama membangun "Hompimpa Games” yang berfokus pada pengembangan berbagai board game dan juga card game bertema nusantara.

Game-game ini unik dan secara khusus memuat beragam konten positif mengenai Indonesia. Di sini, Gibran dan Kaesang bertindak sebagai publiser and store, di mana mereka akan menampung beragam ide dan juga kreatifitas para game developer juga para game designer Indonesia, sehingga beragam konten ini bisa lebih mudah untuk dinikmati semua orang.

Bukan hanya bisnis iseng semata, keseriusan keduanya untuk mengambangkan beragam konten ini tentu tidak bisa dianggap remeh. Beberapa waktu yang lalu, Hompimpa Games bahkan telah menjadi peserta di Internationale Spieltage (SPIEL) 2017 di kota Essen, Jerman. Hal ini membuktikan bahwa keduanya berniat mengambangkan bidang yang satu ini dengan maksimal.

 

Baca Juga: 10 Film Inspiratif yang Memberi Motivasi Bagi Entrepreneur

Pahami dan Jalankan sesuai Rencana

Memulai sebuah bisnis memang bukanlah hal yang mudah, terutama jika ini akan menjadi bisnis pertamamu. Namun jika kamu mau, ada banyak anak muda yang menginspirasi kamu untuk terjun ke dunia bisnis, sebut saja Gibran dan Kaesang yang telah sukses menjalankan beragam jenis bisnis sekaligus.

Pahami minat dan juga pasar bisnismu dengan baik sejak awal, agar kamu lebih mudah merencanakan bisnis tersebut. Jangan lupa untuk segera melakukan eksekusi juga, sehingga kamu bisa segera meraih kesuksesan dari bisnis yang kamu jalankan.

Baca Juga: Mau Mulai Bisnis Event Organizer? Ini Dia Tipsnya