Bisnis yang Cocok Dijalankan untuk Para Fresh Graduate

Lulus kuliah dan sudah memiliki bekal yang cukup untuk bekerja, Kamu mungkin akan sangat bersemangat untuk segera mengaplikasikan ilmu yang di dapatkan selama kuliah tersebut ke dalam dunia kerja nyata yang sebenarnya. Namun Kamu tentu paham benar bahwa kondisi dunia kerja Indonesia saat ini bukanlah sesuatu yang selalu mudah untuk ditaklukkan, apalagi untuk fresh graduate.

Ada ribuan lulusan lainnya yang akan mencari pekerjaan bersamaan dengan Kamu. Artinya, Kamu akan memiliki jumlah saingan yang sangat besar untuk pekerjaan yang Kamu idam-idamkan tersebut. Mudah? Tentu saja tidak, mengingat lulusan lain bahkan bisa saja memiliki skill dan kemampuan yang sama atau bahkan lebih baik dari Kamu.

Menyerah tentu bukan pilihan yang tepat, apalagi masih sangat muda dan baru saja mendapatkan selembar ijazah. Daripada berlama-lama menganggur dan tidak memiliki kesibukan lainnya, ada baiknya mencoba untuk memulai bisnis sendiri. Tidak perlu besar dan sesuatu yang luar biasa, bisnis ini bahkan bisa saja diawali dari skala kecil-kecilan saja. Jangan salah, meski dalam skala kecil saja, bisnis yang ditekuni dengan baik bisa saja menghasilkan sejumlah keuntungan yang besar.

Jika telaten dan ulet menjalankannya, maka peluang untuk sukses di bidang bisnis juga cukup besar dan menjanjikan. Pilih jenis bisnis yang sesuai dengan minat dan juga skill, sehingga bisa sukses dalam menjalankannya.  

Berikut ini adalah beberapa pilihan bisnis yang cocok untuk para fresh graduate dan bisa Kamu jadikan sebagai bahan pertimbangan:

Baca Juga : Tambah Kemampuan Anda dengan Belajar Online di Situs-Situs Ini

1. Menjadi Reseller

reseller
Reseller via shutterstock.com

Tidak perlu repot dan melakukan kegiatan produksi yang terkadang justru menjadi halangan bagi seorang pebisnis pemula, Kamu tetap bisa menjalankan bisnis online dengan menjadi seorang reseller saja. Ini bahkan lebih mudah dan praktis dari yang diduga, sebab Kamu bisa saja menjalankan bisnis ini meski hanya bermodalkan jaringan internet dan gadget saja.

Pilih produk yang dianggap tepat dan memiliki peluang pasar yang baik, sehingga bisa dengan mudah memasarkannya secara online. Jangan lupa untuk memilih produsen atau mitra bisnis yang bereputasi baik, agar kegiatan kerja sama bisnis dapat berjalan lancar dan menguntungkan. Kamu hanya perlu memasarkan produk mereka melalui toko online atau situs jual beli, atau menggunakan beberapa layanan situs online sekaligus, sehingga bisnis tersebut bisa segera menghasilkan angka penjualan yang baik.

2. Menjadi Freelancer

freelacner
Freelancer via shutterstock.com

Selain ijazah, tentu ada sejumlah skill dan juga kemampuan lainnya yang diminati dan kembangkan selama ini. Hal tersebut bisa dijadikan sebagai jalan untuk mendatangkan keuntungan, di mana Kamu menjual skill dan kemampuan melalui internet. Bekerja menjadi freelancer, akan memberikan kemudahan dan waktu yang lebih fleksibel untuk mendapatkan uang.

Pilih portal yang terpercaya dan bisa menjadi wadah yang tepat untuk menjual jasa kepada klien, sehingga semua transaksi dengan mereka bisa terjamin dan berjalan dengan mudah dan lancar. Menulis dan menjadi programmer adalah contoh skill yang banyak dicari dari para freelancer.

3. Guru Les Privat

guru privat
Guru Les Privat via shutterstock.com

Bisa juga menjalankan bisnis les privat, tentunya jika Kamu memiliki kemampuan akademik yang cukup mumpuni. Sebagai permulaan, Kamu bisa saja mengajar untuk anak-anak sekolah di sekitar lingkungan. Namun jika peluang bisnis ini bisa berkembang dengan baik, maka tidak ada salahnya untuk membuka layanan les privat yang lebih besar dan profesional, di mana Kamu mempekerjakan atau bekerja sama dengan sejumlah tenaga pengajar lainnya yang juga profesional di bidang tersebut.

4. Membuat Handycraft

membuat handycraft
Membuat Handycraft via shutterstock.com

Punya selera seni yang baik dan memiliki kemampuan untuk membuat berbagai macam kerajinan tangan, maka akan sangat tepat jika memilih bisnis di bidang handycraft. Pilihlah jenis produk yang unik dan belum banyak atau bahkan belum pernah dibuat sebelumnya, sehingga memiliki pangsa pasar yang luas untuk mengembangkannya menjadi sebuah  bisnis. Jika ternyata memiliki kemampuan yang baik dalam memasarkan produk buatan Kamu, bukan tidak mungkin bisnis handycraft bisa berkembang menjadi besar dan menembus pasar yang lebih luas lagi.

Baca Juga : Daftar Skills yang Wajib Dikuasai Pelajar pada Era MEA

5. Menjadi Tour Guide

tour guide
Tour Guide via shutterstock.com

Bagi Kamu yang memiliki kemampuan berkomunikasi dan bahasa yang baik, maka Kamu bisa menjadi seorang tour guide. Pilihan bisnis yang satu ini akan sangat tepat bagi yang tinggal di berbagai kota yang menjadi destinasi wisata, misalnya: Yogyakarta, Jakarta, Bandung, Bali dan yang lainnya.

Akan lebih menguntungkan jika ternyata memiliki juga kemampuan berbahasa Inggris yang cukup baik, sebab bukan hanya wisatawan lokal saja, namun Kamu juga bisa menjadi tour guide bagi para wisatawan yang berasal dari luar negeri (khususnya mereka yang juga memiliki kemampuan bahasa Inggris).

6. Beternak

beternak
Beternak via shutterstock.com

Pilihan bisnis yang satu ini bisa dijalankan jika memang memiliki sejumlah lahan yang cukup luas. Ada banyak pilihan hewan ternak yang bisa dipertimbangkan, misalnya: ayam broiler, ayam petelur, atau bahkan ayam kampung. Bukan hanya itu saja, beberapa jenis ikan juga bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan, seperti: patin, lele, nila, atau bahkan ikan gurame.

7. Berkebun

berkebun
Berkebun via shutterstock.com

Jika lahan yang dimiliki cukup luas, pilihan untuk berkebun sayuran juga bisa dipertimbangkan. Saat ini, peluang sayuran organik masih sangat besar, sebab jumlah pasokan sayuran jenis ini di pasaran terbilang masih kecil. Manfaatkan hal tersebut untuk mendatangkan keuntungan yang besar dari bisnis yang dijalankan. Namun jika lahan yang dimiliki terbatas, maka bisa mempertimbangkan untuk berkebun hidroponik saja, sebab kegiatan berkebun jenis ini bisa saja dilakukan pada area yang terbatas.

Jangan Takut untuk Memulai

Meski memiliki semangat yang besar untuk segera bekerja, tidak ada salahnya belajar untuk berbisnis juga. Pilih jenis bisnis yang paling sesuai dengan minat dan juga kemampuan Kamu, sehingga tidak kesulitan ketika menjalankannya. Tidak perlu takut untuk memulai bisnis pertama, sebab akan selalu ada yang pertama kalinya untuk setiap hal dalam hidup ini, termasuk bisnis juga.

Baca Juga : Perempuan Berkarir di Bidang IT, Kenapa Tidak?