BNI Sekuritas, Kenali Lebih Dekat Profil juga Layanannya dalam Dunia Investasi

Investasi dalam dunia bisnis dan keuangan memiliki peran yang cukup penting. Pasalnya, dengan berinvestasi, Anda dapat menumbuhkan dana tabungan sehingga nilainya menjadi lebih besar di masa depan. Berinvestasi juga lebih dianjurkan oleh pakar keuangan ketimbang Anda hanya menyimpan uang Anda di tabungan.

Jenis investasi beraneka ragam. Namun, kebanyakan orang awam mengartikannya sebagai permainan saham perusahaan atau komoditi yang tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang. Padahal, dengan adanya layanan reksa dana dan perusahaan sekuritas, investasi saham kini bisa dilakukan oleh siapa saja.

Para peminat serta pemain saham atau investasi tentu tidak asing dengan salah satu perusahaan sekuritas, BNI Sekuritas. Perusahaan sekuritas yang cukup populer di Indonesia ini memang banyak dijadikan pilihan oleh masyarakat untuk berinvestasi saham. Pasalnya, Anda dapat membuka rekening saham atau rekening efek sendiri dengan mengajukannya di BNI Sekuritas.

Membahas sedikit tentang BNI Sekuritas, perusahaan tersebut merupakan anak usaha Bank Negara Indonesia atau BNI. Jadi, kualitas serta integritas yang dimiliki oleh BNI Sekuritas sudah tidak perlu ditanyakan lagi.

Bagi Anda yang ingin terjun langsung dalam dunia investasi melalui perusahaan sekuritas, tentu sangat disarankan untuk memilih perusahaan yang memberikan layanan terbaik. Untuk itu, agar lebih memahami tentang profil perusahaan serta layanan yang diberikan oleh BNI Sekuritas, simak penjelasannya berikut ini.

Sejarah Singkat Perusahaan BNI Sekuritas

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, BNI Sekuritas adalah anak dari perusahaan Bank Negara Indonesia atau BNI. BNI Sekuritas telah beroperasi sejak April 1995 yang mana lebih dari 99% sahamnya dimiliki oleh PT BNI dan sisanya adalah hak milik dari Koperasi Karyawan pada masa awal pendiriannya.

BNI Sekuritas adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang pasar modal. Dalam bidang tersebut, BNI Sekuritas melayani perdagangan saham, surat utang, investasi perbankan, dan juga manajemen aset yang memiliki Izin Usaha Perusahaan Efek.

Hingga di pertengahan tahun 2011, BNI Sekuritas memiliki struktur kepemilikan yang lebih tangguh. Hal ini ditengarai dari bergabungnya SBI Securities, Jepang, yang turut andil menjadi salah satu investor utama di BNI Sekuritas. Dengan bergabungnya perusahaan sekuritas Jepang tersebut, kepemilikan saham dari perusahaan BNI Sekuritas 75% dimiliki oleh Bank Negara Indonesia dan sisanya adalah milik SBI Securities. 

Tiga tahun berselang, SBI Securities mengalihkan saham atas BNI Sekuritas tersebut menjadi kepemilikan dari SBI Financial Services. Dalam upaya mengikuti alur perkembangan dan ketentuan yang berlaku di bisnis pasar modal, BNI Sekuritas mendirikan sebuah anak perusahaan, BNI Asset Management, yang memiliki badan hukum. Anak perusahaan BNI Sekuritas tersebut juga beroperasi sebagai usaha manajer investasi.

Perkembangan perusahaan BNI Sekuritas kian berlanjut hingga akhirnya menjadi perusahaan yang resmi terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan atau OJK. Izin yang diberikan oleh OJK tersebut meliputi izin penyedia jasa penjamin emisi efek, agen penjual reksadana, dan juga perantara perdagangan efek, serta beragam kegiatan lainnya yang berkaitan dengan bidang izin yang diberikan tersebut.

Memiliki jejak pengalaman yang cukup panjang dan berbobot, BNI Sekuritas tentu memiliki kemampuan yang diperlukan dalam hal kegiatan investasi. Terdaftarnya perusahaan sekuritas tersebut di OJK dan pemberian sejumlah izin layanan adalah bukti nyata akan kemampuan yang dimiliki oleh BNI Sekuritas. Untuk itu, bagi Anda yang ingin menggunakan layanan BNI Sekuritas saat terjun di dunia investasi, tidak ada salahnya untuk menghubungi pihak yang bersangkutan agar bisa mendapatkan informasi yang lebih lengkap mengenai layanan yang diberikan.

Baca Juga: BNI Mobile Banking dan SMS Banking, Bagaimana Cara Memanfaatkannya?

Layanan yang Bisa Diperoleh Nasabah BNI Sekuritas

Memiliki tekad untuk selalu memberikan layanan yang terbaik kepada para nasabahnya, BNI Sekuritas senantiasa berusaha meningkatkan kepuasan nilai tambah yang bisa diperoleh nasabah. Salah satu caranya adalah dengan inovasi sistem transaksi saham secara online yang dikembangkan hingga mampu memenuhi segala kebutuhan pengguna layanan BNI Sekuritas.

Selain itu, layanan fund separation atau pemisahan dana yang dimiliki nasabah BNI Sekuritas juga turut menjadi bukti nyata akan komitmen perusahaan sekuritas tersebut untuk mematuhi prinsip Good Corporate Governance atau GCG. Layanan fund separation tersebut juga usaha BNI Sekuritas dalam menaati aturan serta ketentuan pada Pasar Modal Indonesia.

Melalui sistem fund separation tersebut, seluruh nasabah BNI Sekuritas wajib memiliki rekening khusus atau rekening dana investor dengan nama nasabah yang bersangkutan tersebut. Tujuan dari pemisahan dana nasabah tersebut adalah untuk memastikan bahwa dana nasabah tetap terjaga dengan aman. 

Hal tersebut juga turut memudahkan nasabah dalam hal memantau dana atau saldo yang dimiliki setiap saat. Oleh sebab itu, BNI Sekuritas mewajibkan seluruh nasabahnya untuk memiliki rekening yang terpisah, yakni dengan pembuatan rekening dana investor tersebut.

Penghargaan serta Pencapaian yang Berhasil Diraih BNI Sekuritas 

Beroperasi sejak tahun 1995, BNI Sekuritas tentu memiliki segudang pengalaman sekaligus pencapaian dan penghargaan yang berhasil diterima. Penghargaan serta pencapaian tersebut telah menjadi pendorong bagi BNI Sekuritas untuk senantiasa meningkatkan pelayana terbaiknya kepada para nasabahnya yang loyal.

Dimulai sejak 6 tahun pasca didirikannya, BNI Sekuritas telah diberi penghargaan sebagai Perusahaan Sekuritas Terbaik oleh Majalah Investor di tahun 2001. Lanjut pada tahun 2003, BNI Sekuritas kembali mendapatkan penghargaan sebagai Mitra Tepercaya di Kategori Pengelolaan Reksadana.

Business Week & Frontier juga menganugerahkan BNI Sekuritas sebagai Indonesia’s Most Admired Securities Company pada tahun 2005. Hingga terakhir pada tahun 2018 lalu, BNI Sekuritas kembali mendapatkan penghargaan dari Kustodian Sentra Efek Indonesia atau KSEI sebagai the Most Active Securities Company

Beragam bentuk apresiasi yang didapatkan oleh BNI Sekuritas tersebut adalah bukti nyata dari komitmen yang dijunjung oleh perusahaan sekuritas tersebut. Penghargaan tersebut juga menjadi motivasi dalam meningkatkan pelayanan BNI Sekuritas kepada para nasabahnya untuk menjadi lebih baik lagi.

Baca Juga: BNI Call: Layanan Call Center dari BNI Selama 24 Jam

Keuntungan yang Bisa Diterima Nasabah saat Menggunakan Layanan BNI Sekuritas

Penyedia layanan sekuritas memang cukup beragam. Masing-masing perusahaan yang beroperasi di bidang sekuritas tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya. Hal ini tentu dapat menjadi salah satu alasan untuk memahami keuntungan yang bisa Anda dapatkan saat membuka rekening efek di BNI Sekuritas.

1. eSmart

Sama halnya dengan beberapa perusahaan sekuritas lain seperti Mandiri dan BCA, BNI Sekuritas juga memiliki layanan investasi online yang disebut dengan eSmart. Layanan eSmart tersebut diluncurkan oleh BNI Sekuritas dengan maksud untuk memudahkan nasabah dalam melihat pergerakan pasar saham. Nasabah juga dapat melakukan berbagai kegiatan investasi dan trading saham melalui aplikasi tersebut.

Tak hanya itu, eSmart juga memiliki fitur Market Info Equity di mana melalui fitur tersebut, nasabah dapat melihat pergerakan saham dengan akurat. Rekam fluktuasi harga saham juga dapat terlihat melalui fitur tersebut. Dengan begitu, Anda tidak ketinggalan kabar harga saham yang dimiliki.

Aplikasi eSmart juga dapat menjaga order maupun menginformasikan kepada Anda mengenai beragam hal yang berkaitan dengan kegiatan investasi Anda. Pastinya, informasi yang diberikan kepada Anda akan sangat bermanfaat dalam membantu untuk mengambil keputusan investasi selanjutnya.

2. Layanan Zaisan

Selain aplikasi eSmart, BNI Sekuritas juga dapat membantu para investor pemula melalui layanan Zaisan. Dengan menggunakan layanan Zaisan tersebut, nasabah pemula akan lebih mudah dalam proses pengambilan keputusan investasi sehingga risiko kerugian menjadi semakin kecil terjadi.

Investasi Menjadi Lebih Mudah dengan Adanya Layanan Sekuritas

BNI Sekuritas

 

Sumber: bnisekuritas.co.id

Bagi sebagian orang, investasi merupakan sebuah kegiatan yang memerlukan beragam ilmu dan pengetahuan agar tidak menjerumuskan. Pemahaman ini memang ada benarnya, tapi tidak sepenuhnya akurat dan dapat ditelan mentah-mentah.

Pasalnya, sekarang ini ada banyak sumber informasi yang dapat membantu Anda memahami investasi. Seperti, Anda dapat mencari tahu daftar BNI Sekuritas hingga BNI Sekuritas Syariah.

Banyaknya sumber pembelajaran di kegiatan investasi sedikit banyak akan memberikan kemudahan kepada para pemula yang ingin melakukan investasi.

Pastinya, kemudahaan tersebut juga dapat membantu siapa saja untuk bisa terjun di dunia investasi dan mendapatkan keuntungan di masa yang akan datang. Dengan begitu, kehidupan pada masa pensiun akan menjadi jauh lebih baik saat memahami praktik investasi dengan benar.

Baca Juga: Pilihan Produk Tabungan Terbaik dari Bank BNI