BNI Syariah Mobile Banking, Ketahui Cara Daftar dan Aktivasinya

Di Indonesia saat ini ada ada banyak sekali Bank Syariah dengan pelayanan yang cukup memuaskan. Salah satunya adalah BNI Syariah. Untuk memenuhi kebutuhan mobile banking, BNI Syariah pun saat ini telah memiliki layanan mobile banking yang akan melayani Anda selama 24 jam.

Anda pun bisa melakukan transaksi kapan pun dan dimana pun selama terhubung dengan koneksi internet. Artikel Kita kali ini akan membahas beberapa hal mengenai BNI Syariah, mulai dari gambaran umumnya, cara mendaftar hingga cara aktivasinya. 

Mobile Banking BNI Syariah adalah layanan perbankan yang disediakan oleh BNI Syariah yang melayani kebutuhan perbankan bagi yang memiliki mobilitas tinggi. Layanan yang diberikan oleh mobile banking seperti layaknya ATM non tunai, Anda bisa melakukan transfer, mengecek saldo, hingga melakukan pembayaran.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Kemudahan yang Ditawarkan BNI Syariah Mobile Banking

BNI Syariah Mobile Banking
BNISyariah Mobile Banking via gbgindonesia.com

Untuk yang ingin menggunakan BNI Syariah Mobile Banking, berikut ini adalah beberapa kemudahan yang ditawarkan oleh aplikasi tersebut :

  • Transaksi Non Finansial

Transaksi non-finansial yang dilayani oleh BNI Syariah Mobile Banking diantaranya adalah informasi mengenai saldo tabungan, hingga melakukan transfer.  

  • Transaksi Finansial

Sedangkan untuk transaksi finansial, Anda bisa melakukan transaksi seperti transfer antar pengguna BNI Syariah, maupun antar bank via ATM Bersama. Selain itu untuk jenis transaksi finansial, Anda pun bisa melakukan pembayaran kartu kredit, membayar tagihan telepon, tagihan listrik hingga melakukan pembayaran pulsa atau telepon.

  • Transfer

Untuk yang hendak melakukan transaksi transfer, pihak Bank BNI Syariah memberikan limit transfer antar pengguna bank BNI sebesar Rp100 ribu perharinya. Sedangkan untuk transfer ke selain pengguna BNI, Anda akan mendapatkan limit transfer sebesar Rp25 ribu

  • Membayar Tagihan

Untuk transaksi pembayaran, biasanya tidak akan dikenakan biaya transaksi.

Biaya Administrasi Pengguna Mobile Banking BNI Syariah

Sebelum menggunakan mobile banking BNI Syariah, sebaiknya mengetahui beberapa biaya yang dikenakan untuk setiap transaksi yang dilakukan melalui mobile banking. Berikut selengkapnya.

  • Inquiry Saldo Tabungan

Transaksi inquiry saldo tabungan adalah transaksi yang bisa Anda lakukan di aplikasi mobile banking untuk mengecek saldo, baik rekening tabungan maupun rekening giro. Untuk mengecek saldo melalui BNI Syariah tidak akan dikenakan biaya apapun.

  • Iquiry Tagihan

Untuk transaksi inquiry tagihan, adalah segala transaksi yang dilakukan melalui mobile banking BNI Syariah untuk mengecek segala tagihan Kartu Kredit BNI, Telkom, Kartu Halo, Kartu Matrix, Kartu StarOne, Kartu Xplor, Flexi Classy/Home (Postpaid)

, Speedy, PLN. Untuk melakukan transaksi pengecekan tagihan, Anda juga tidak akan dikenakan biaya apapun.

  • Transfer via Online

Yang dimaksud dengan transfer via online adalah segala macam transaksi transfer yang menggunakan aplikasi mobile banking tanpa menggunakan mesin ATM. Untuk yang hendak melakukan transfer ke sesama pengguna BNI Syariah tidak akan dikenakan biaya apapun, sedangkan untuk yang hendak transfer ke rekening yang terdaftar dalam jaringan ATM Bersama maupun jaringan ATM Link, Anda hanya akan dikenakan biaya transfer fee sebesar Rp6.500.

  • Pembayaran kartu kredit

BNI Syariah juga telah bekerja sama dengan beberapa bank penerbit kartu kredit, sehingga Anda pun bisa melakukan pembayaran tagihan kartu kredit melalui mobile banking BNI Syariah. Saat ini BNI Syariah telah bekerja sama dengan BNI, AMEX, Citibank, Standard Chartered, ANZ (Indonesia), HSBC, Niaga, Permata (GE Finance), Danamon, Mega, Bukopin, Panin. Sedangkan untuk membayar tagihan kartu kredit yang telah disebutkan diatas, tidak akan dikenakan biaya apapun.

  • Isi Ulang

Seperti telah disinggung sebelumnya, dengan menggunakan mobile banking BNI Syariah, Anda pun bisa melakukan transaksi isi ulang kartu prabayar, mulai dari Halo, Xplor, Matrix, StarOne Postpaid, Esia Postpaid, Telkom Flexi, hingga Tri. Untuk setiap transaksi isi ulang yang dilakukan menggunakan mobile bankin BNI syariah, Anda tidak akan dikenakan biaya apapun.

Baca Juga: Mandiri Online: Mobile Banking Bank Mandiri dan Cara Aktivasinya

Cara Registrasi Pengguna Mobile Banking BNI Syariah

Mobile Banking

Untuk yang tertarik menggunakan Mobile Banking BNI Syariah, berikut ini adalah beberapa hal yang perlu dipersiapkan.

  1. Sebelum menggunakan mobile banking BNI Syariah, pastikan Anda telah memiliki rekening tabungan BNI Syariah, bisa dengan bentuk iB Hasanah, Tabungan iB Bisnis Hasanah, maupun tabungan iB Tunas Hasanah. Pastikan pula memiliki hasanah debit card yang valid dan tentunya masih dalam keadaan aktif.
  2. Langkah selanjutnya, mengisi formulir registrasi dan aktivasi BNI e-Banking.
  3. Lalu pastikan Anda memiliki nomor handphone dan email yang aktif. Hal tersebut biasanya digunakan oleh pihak BNI untuk memverifikasi data maupun untuk mengkonfirmasi bahwa Ada benar-benar berniat mendaftarkan diri menjadi pengguna mobile banking BNI Syariah.
  4. Pastikan pula telah memiliki user ID internet banking yang aktif dengan cara meregistrasikan diri Anda terlebih dahulu di ATM BNI Syariah terdekat.

Untuk yang tertarik menggunakan mobile banking BNI Syariah, berikut ini adalah hal-hal yang perlu Anda lakukan untuk mendaftarkan diri sebagai user mobile banking BNI Syariah:

1. Registrasi Melalui ATM BNI Syariah

Salah satu cara untuk mendaftarkan diri menjadi user atau pengguna mobile banking BNI Syariah adalah dengan mendaftarkan diri melalui ATM BNI Syariah. Berikut langkah selengkapnya :  

  • Pertama-tama, masukkan lah ATM BNI Syariah yang Anda miliki kedalam mesin ATM
  • Selanjutnya, masukan lah Personal Identification Number (PIN) kartu debit. Lalu masuk lah ke menu Registrasi e-Channel.
  • Selanjutnya, pilih lah menu “BNI Mobile Banking” untuk mulai mengaktifkan proses registrasi mobile banking.
  • Kemudian setujui lah layar konfirmasi yang menyatakan bahwa Anda tunduk terhadap persyaratan yang telah di tentukan oleh pihak BNI Syariah.
  • Layar berikutnya akan membawa Anda pada pernyataan bahwa proses registrasi mobile banking telah berhasil.
  • Selanjutnya mesin ATM akan mengeluarkan struk yang berisi  data sebagai berikut :
  1. Konfirmasi kesuksesan transaksi
  2. User ID
  3. Nomor handphone yang didaftarkan
  4. Informasi akses & instruksi aktivasi layanan BNI Mobile Banking
  5. Peringatan untuk menjaga kerahasian informasi

2. Registrasi Melalui Kantor Cabang

Selain melalui ATM BNI Syariah, Anda pun bisa mendaftarkan diri menjadi user mobile banking BNI Syariah dengan cara mendatangi kantor cabang BNI Syariah sebagai berikut :

  • Untuk yang terbiasa registrasi melalui jalur konvensional, Anda bisa mendaftarkan diri sebagai user BNI Syariah mobile banking melalui ccabang BNI syariah terdekat dan menghubungi pihak Customer Service Officer.
  • Tunjukan lah kartu identitas yang masih berlaku, bisa berupa KTP, SIM maupun paspor, selain itu bawa pula buku tabungan yang dimiliki berikut dengan kartu debit.
  • Untuk mendaftarkan diri sebagai pengguna BNI Syariah mobile banking, Anda harus mengisi formulir terlebih dahulu yang bisa didapatkan di customer service BNI Syariah.
  • Kemudian pihak Customer Service Officer BNI Syariah akan membantu proses pendaftaran mobile banking.

Cara Mendownload Aplikasi BNI Syariah Mobile Banking

Setelah mengaktifkan layanan BNI Syariah mobile, langkah berikutnya yang harus dilakukan adalah mendownload apliaksi BNI Syariah Mobile. Caranya, untuk pengguna handphone berbasis Android, cukup mendownload melalui Playstore dan menginstallnya di handphone, Sedangkan untuk Anda pengguna sistem operasi handphone berbasis iOS, bisa mendownload aplikasi BNI Syariah Mobile melalui AppStore.

 

Baca Juga: BNI Mobile Banking dan SMS Banking, Bagaimana Cara Memanfaatkannya?

Tips Aman Bertransaksi Via BNI Syariah Mobile

  • Pastikan menyimpan kode keamanan transaksi agar account bank yang dimiliki tidak di akses oleh orang yang tidak bertanggung jawab.
  • Pastikan pula mengakses layanan bukan di keramaian yang memungkinkan orang lain melihat setiap transaksi yang dilakukan.
  • Hindari memberikan kode akses pada siapapun dan kapan pun, meskipun dengan keluarga sendiri, hal ini dikarenakan sistem BNI Syariah tidak bertanggung jawab jika akses mobile banking mengatasnamakan Anda.

 Baca Juga: Danamon Mobile Banking: Layanan, Aktivasi, dan Registrasi