Buat Anak Pintar Berbisnis dengan Cara Simpel Ini

Anak-anak usia sekolah dasar (SD) belum dijuruskan sebagaimana usia sekolah menengah atas (SMA). Lalu, bagaimana jika anak-anak memiliki minat tertentu di luar mata pelajaran sekolah, misalnya, melukis, menari, memasak, bermain sepak bola, atau berbisnis?

Salah satu solusinya adalah membiarkan mereka untuk mengikuti kegiatan ekstrakurikuler dari sekolah atau melalui les. Akan tetapi, tidak seluruh dari bidang mata pelajaran tersebut diajarkan secara formal di sekolah ataupun di tempat les. Seperti berwirausaha, jika anak-anak memiliki minat dalam bidang ini, tak ada salahnya membekalinya dengan ilmu kewirausahaan.

Kelak ilmu tersebut akan sangat membantunya, terutama dalam hal pengelolaan uang pribadi. Sebagai orang tua, Anda bisa membekali anak-anak Anda dengan ilmu kewirausahaan dengan cara berikut ini.

Baca Juga: Rahasia Sukses Merintis Bisnis bagi Para Pemula

1. Beri Bimbingan untuk Mulai Menabung

Tabungan Anak
Ilustrasi Tabungan Anak via shutterstock.com

Menabung menjadi salah satu bagian dari urusan finansial pengelolaan bisnis yang punya sangkut-paut dengan urusan finansial. Bimbing anak untuk mulai menyisihkan uang sedikit demi sedikit untuk ditabung. Pancing semangat anak untuk menabung dengan menggunakan celengan.

Cobalah untuk memberikan celengan yang anak senangi. Entah dari bentuknya, warnanya, atau adanya karakter tokoh yang tergambar di celengan tersebut. Tidak lupa jelaskan pada anak Anda bahwa tabungan tersebut nantinya bisa digunakan untuk membeli sesuatu yang diinginkan.

2. Memperkenalkan Dunia Bisnis

Dunia Bisnis
Ilustrasi Anak Belajar Dunia Bisnis via shutterstock.com

Memperkenalkan dunia bisnis kepada anak dapat membantu anak Anda untuk memahami struktur organisasi dalam sebuah bisnis. Kenalkan kepadanya apa saja yang ada hubungannya dengan bisnis. Usahakan penyampaian Anda soal bisnis mudah dimengerti oleh anak. Ajarkan proses bisnis secara sederhana dan perlahan-lahan dengan memakai penggambaran yang simpel.

Anda Bingung Cari Produk Kredit Multi Guna Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KMG Terbaik! 

3. Gunakan Game untuk Memperbesar Minat Anak

Game Bisnis
Bermain Monopoli Merangsang Keinginan Anak untuk Berbisnis via shutterstock.com

Ada sejumlah game tentang bisnis atau kewirausahaan yang diperjualbelikan secara bebas. Karena itu, cobalah untuk mengajak anak bermain game yang berisi pelajaran tentang bisnis atau kewirausahaan. Game merupakan salah satu sarana belajar yang sangat efektif untuk membantu perkembangan anak (dan termasuk orang dewasa juga).

Terdapat berbagai macam game yang bersifat edukatif sekaligus menyenangkan untuk belajar bisnis. Jika anak Anda terbiasa menggunakan smartphone Android, game seperti Billionaire, Make it Rain: Love of Money, TradeHero, Monopoly, ataupun Cooking Academy-Restaurant Royale.

Lakukan riset, game manakah yang cocok dimainkan untuk anak sekaligus memberikan pelajaran bisnis yang penting untuknya. Belajar sambil bermain merupakan salah satu hal yang menyenangkan bagi anak-anak.

4. Belajar Memulai Bisnis

Memulai Bisnis
Ilustrasi Memulai Bisnis via shutterstock.com

Bangkitkan hasrat anak untuk mulai berbisnis. Bantu anak ketika dia menyampaikan keinginannya untuk berbisnis. Ajarkan anak untuk memulai bisnis dengan model yang sangat sederhana. Misalnya, menjual snack atau mainan saat liburan sekolah. Berikan modal dan ajarkan cara sederhana untuk menjual dagangannya kepada teman-temannya.

Baca Juga: 5 Cara Mengalahkan Tantangan Pada Bisnis Anda

Ajarkan Perlahan dengan Cara yang Menyenangkan

Berikan pelajaran mengenai bisnis kepada anak dengan cara yang menyenangkan dan secara perlahan-lahan. Mungkin mereka tidak akan langsung memahami sehingga Anda perlu kesabaran untuk menjelaskannya lagi dan lagi.

Apabila anak mulai tertarik menggelutinya, boleh saja Anda memberinya ruang yang lebih luas. Namun, jangan sampai Anda membiarkan anak-anak terlena dalam dunia bisnis sehingga lupa akan kewajiban utamanya untuk belajar di sekolah. Bagaimanapun, pendidikan di sekolah menjadi bekal yang sangat penting untuk masa depannya kelak.

Baca Juga: Perhatikan Hal ini Sebelum Memutuskan Memperluas Bisnis