Butuh Kartu Kredit Tambahan? Pertimbangkan Dulu Hal-Hal Ini

Bagi sebagian pengguna kartu kredit mungkin tidak asing dengan kartu kredit tambahan. Namun tahukah Anda ada beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan sebelum memutuskan mengambil kartu kredit tambahan. Berbicara tentang kartu kredit tambahan, Kartu kredit tambahan adalah kartu kredit yang dibuat dari kartu kredit utama, kartu ini akan mendapatkan saldo yang diambil dari saldo kartu kredit utama. Contohnya: Jika saldo yang diberikan oleh pihak bank penerbit kepada kartu utama sebesar 20 juta rupiah maka kartu kredit tambahan juga dapat menggunakan besaran nominal yang sama.

Selain saldo, pemakaian atau transaksi yang dilakukan oleh kartu kredit tambahan juga akan tertera pada lembar billing yang sama dengan kartu kredit utamanya. Misalkan pada bulan September kartu kredit tambahan A melakukan transaksi pembelian tas sekolah dengan nominal 1,5 juta rupiah, maka pada billing tagihan akan tertera transaksi dengan nominal yang sama namun nantinya akan dibedakan dengan sub judul yang ada di atas rincian transaksi kartu mana yang melakukan transaksi tersebut. Dalam hal ini seluruh transaksi yang dilakukan oleh kartu kredit tambahan akan menjadi beban dan tanggung jawab pemegang kartu kredit utamanya. Karena kartu kredit tambahan hanyalah cabang dari kartu kredit utama, maka baik saldo maupun transaksi akan mempengaruhi kartu kredit utamanya.

Disamping itu, kartu kredit tambahan juga memiliki kekurangan diantaranya: kartu kredit tambahan tidak mempunyai hak yang sama dalam hal konfirmasi konversi tagihan dalam billing kartu kredit, karena konfirmasi  tersebut hanya bisa dilakukan oleh pemegang kartu kredit utama. Kartu kredit tambahan hanya bisa melakukan pengecekkan saldo dan transaksi saja.

Lalu apa saja pertimbangan yang harus Anda lakukan sebelum membuat kartu kredit tambahan untuk anggota keluarga Anda ? Berikut penjelasannya :

1. Biaya Tahunan

Biaya Tahunan

Biaya Tahunan via images.wisegeek.com

 

Hal yang pertama yang harus dipertimbangkan saat Anda mau membuat kartu kredit tambahan adalah biaya tahunan. Meskipun kartu kredit tambahan adalah cabang dari kartu kredit utama namun akan tetap dikenakan biaya iuran tahunan, jadi jangan heran ketika Anda hendak membayarkan iuran kartu kredit, ada dua tagihan kartu kredit yang mincul.

2. Limit   

Limit Kartu Kredit

Limit kartu Kredit via thecreditsolutionprogram.com

 

Hal yang harus Anda perhatikan selanjutnya perihal limit. Seperti yang telah dijelaskan limit yang diberikan ke pada kartu kredit tambahan tidaklah terpisah dengan limit yang diberikan kepada kartu kredit utama. Limit yang ada merupakan sharing limit yang dapat diartikan satu limit untuk dua kartu. Misalkan limit yang diberikan 20 juta rupiah dan pemegang kartu utama sudah memakainya sekitar 15 juta rupiah maka sisa limit yang dapat digunakan oleh kartu kredit tambahan hanya sebesar 5 juta rupiah. Terkadang kita tidak terlalu memperhatikan batasan limit itu, padahal kalau misalkan pemegang kartu tambahan melakukan transaksi 5,5 juta rupiah padahal limitnya hanya sisa 5 juta rupiah maka akan terjadi transaksi over limit yang nantinya akan ditagihkan di billing Anda .

3. Promo

Promo

Promo via greatlakeswebdesign.com

 

Pertimbangan lain sebelum membuat kartu tambahan adalah promo yang dapat diperoleh untuk pemegang kartu tambahan apakah ada promo menarik seperti pemberian bunga belanja yang lebih rendah bagi pemegang kartu tambahan dalam periode tertentu. Kalau ada tentunya Anda dapat diuntungkan dengan hal tersebut.

4. Kebutuhan Akan Kartu Kredit 

kebutuhan Akan Kartu kredit

Kebutuhan Akan Kartu Kredit via mozo.com.au

 

Hal lainnya yang harus diperhatikan adalah apakah kartu kredit tambahan yang akan kita buat nantinya dapat memenuhi si pemegang kartu nantinya. Karena setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda-beda dalam hal penggunaan kartu kredit, mungkin saja pemegang kartu kredit utama sudah merasa terpenuhi semua kebutuhannya tapi bisa jadi pemegang kartu kredit tambahan tidak terpenuhi kebutuhannya. Jadi sebaiknya cobalah Anda pertimbangkan lagi apakah pembuatan kartu kredit tambahan dari bank penerbit kita sudah sesuai dengan kebutuhan si pemegang kartu kredit tambahan nantinya.

Baca Juga : Pembatasan Kartu Kredit: Apa Itu dan Bagaimana Ketentuannya? 

5. Penggunaan Kartu Kredit

Penggunaannya

Penggunaan Kartu kredit via images.wisegeek.com

 

Hal lainnya yang perlu dipertimbangkan dalam hal pembuatan kartu kredit tambahan adalah apakah orang yang mau kita daftarkan sebagai pemegang kartu kredit tambahan cukup bertanggung jawab dan cukup dewasa untuk mempertimbangkan penggunaan kartu kreditnya. Karena seperti yang sudah kita bahas di awal semua transaksi yang dilakukan oleh pemegang kartu kredit tambahan akan dibebankan kepada billing tagihan kartu kredit utama dan sudah pasti tagihannya pun yang wajib membayarkannya tetap si pemegang kartu utama. Jadi benar-benar pertimbangkan secara matang apakah kartu kredit tambahan yang akan kita buat nantinya dapat dipertanggungjawabkan dengan bijaksana agar terhindar dari tagihan yang over limit.

6. Kemampuan Finansial

kemampuan Finansial

Kemampuan Finansial via thecreditsolutionprogram.com

 

Kemampuan finansial Anda dalam membayar tagihan  kartu kredit juga menjadi hal yang penting, baik Anda sebagai pemegang kartu utama maupun tambahan. Anda bisa mulai menghitung berapa dana yang harus Anda keluarkan untuk membayar kartu kredit utama ditambah jika Anda memiliki kartu kredit tambahan. Untuk itu bijaklah dalam hal penggunaan kartu kredit baik sebagai kartu kredit utama maupun sebagai kartu kredit tambahan.

Baca Juga : Manfaat Kartu Kredit: Bagaimana Cara Memaksimalkanya?

Pertimbangkan Dengan Baik

Pertimbangkan dengan baik sebelum Anda mengajukan pembuatan kartu kredit tambahan, mulai dari biaya iuran tahunan, sharing limit, promo kartu redit tambahan, kebutuhan akan kartu kredit, orang yang dapat dipercaya, sampai kepada kemampuan kita dalam hal pembayaran nantinya. Jangan hanya karena ingin memudahkan dalam melakukan transaksi pembelanjaan dengan kartu kredit, Anda malah terjerat hutang kartu kredit yang tidak terkontrol nantinya. Karena setiap transaksi yang kita lakukan menggunakan kartu kredit nantinya harus kita bayarkan cepat atau lambat. Tetap bijaksana dalam melakukan semua transaksi yang berkaitan dengan kartu kredit kita meskipun itu hanya kartu kredit tambahan.

Baca Juga : 12 Biaya Kartu Kredit yang Perlu Anda Ketahui