Cara Agar Bisa Beli Oleh-oleh dengan Harga Murah ketika Travelling

beli souvenir

Jalan-jalan rasanya kurang lengkap tanpa beli oleh-oleh. Baik oleh-oleh untuk orang tercinta di rumah, para sahabat, atau untuk teman-teman yang nitip saat tahu kamu akan jalan-jalan. Umumnya oleh-oleh yang dipesan berupa makanan dan cinderamata. Namun tak jarang juga ada yang meminta dibawakan baju, sepatu, dan lain sebagainya sebagai buah tangan saat bepergian ke suatu tempat.

Akan tetapi kamu perlu ingat bahwa memboyong pulang oleh-oleh diperlukan biaya dan tidak gratis. Bagaimana kalau kamu jalan-jalan dengan budget yang pas-pasan? Tentunya ada perasaan terbebani. Sudah uang ngepas, harus bawa pulang oleh-oleh lagi.

Tapi jangan khawatir, dikutip dari mint.com, ada beberapa tips untuk membeli oleh-oleh dengan harga miring saat bepergian berikut ini:

1. Membeli dengan Sopan

Dimana bumi dipijak, di situ langit dijinjing. Peribahasa tersebut cocok untuk kamu jika jalan-jalan ke daerah yang bukan tempat asal kamu. Kamu harus mengenal bagaimana budaya orang-orang di daerah tujuan. Cara simpelnya adalah dengan berlaku sopan ke penduduk setempat.

Ini juga berlaku saat membeli oleh-oleh ketika bepergian keluar daerah. Membelilah dengan sopan, tanyakan harga dengan baik-baik. Kalau ingin menawar harga, tawar dengan baik dan sopan. Nisacaya, orang akan senang terhadapmu dan tak segan memberikan harga murah.

Baca Juga:  6 Tipe Traveling bagi Traveller Minim Budget, Kamu Termasuk Tipe yang Mana?

2. Lakukan Perbandingan Harga di Beberapa Toko

Saat membeli oleh-oleh, jangan hanya pergi ke satu toko lalu membelinya. Terlebih kamu tidak tahu harga pasaran oleh-oleh yang akan dibeli. Ada baiknya, kunjungi beberapa toko untuk mengetahui pasaran harga barang yang akan dibeli. Memang hal ini agak memakan waktu, tapi sangat manjur menghindari “getok” harga pada kasus-kasus wisatawan.

3. Gunakan Bahasa Setempat

Entah mengapa membeli dan menawar suatu barang dengan bahasa daerah asal penjual barang tersebut membuat harganya lebih murah. Misalnya, kamu jalan-jalan ke Malioboro, Jogja, lalu kamu ingin beli sebuah baju batik di sana. Dengan menawar menggunakan bahasa Jawa, kamu pasti bisa menawar dengan mudah dan mendapatkan harga terbaik.

Oleh sebab itu, kuasai bahasa-bahasa daerah sangat bermanfaat saat jalan-jalan. Hal ini berlaku juga jika kamu jalan-jalan ke luar negeri. Tawarlah dengan bahasa asal negara tersebut.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

4. Banyak Senyum

Jadilah pembeli yang ramah, maka penjual pun akan segan. Siapa yang mau melayani pembeli yang jutek dan memasang wajah tak bersahabat. Sudah begitu, minta harga murah lagi. Pasti penjual juga jengkel. Cara simpel yang dapat dilakukan adalah dengan tersenyum. Oleh sebab itu, walau tak kenal dengan penjual, tetap tersenyum saat membeli dan menawar oleh-oleh yang diinginkan.

5. Biarkan Pedagang yang Memberi Harga

Andaikata kamu tidak tahu harga pasaran oleh-oleh yang akan dibeli dan hanya ada satu toko di sana, tanyakan harga pada pedagang. Jangan asal ambil dan bayar di kasir. Bisa saja harga barang tersebut mahal dan uang kamu tidak cukup.

Selain itu, jangan sok tahu soal harga. Dengan menawar harga terlebih dahulu tanpa tahu harga dari penjual bisa blunder. Karena bisa saja ternyata harga tersebut bisa jauh lebih murah dari harga yang kamu sebutkan.

6. Jangan Perlihatkan Dompet

Saat menawar di toko oleh-oleh, jangan sampai dompet kamu terlihat sama penjual ya. Hal tersebut akan menimbulkan efek psikologis ke penjual bahwa pembelinya memiliki banyak uang, apalagi uangnya sampai keluar-keluar dompet. Efeknya, kamu tidak dapat menawar harga barang tersebut dan penjual akan bertahan pada harga yang dia tentukan.

7. Tawar Harga yang Diinginkan

Kalau kamu memang menginginkan suatu barang dengan harga tertentu, tawarlah seharga barang tersebut. Jangan malah merasa tidak enak dan menawarnya sedikit. Hal tersebut akan menimbulkan rasa kecewa nantinya saat pembeli. Triknya, tawar setengah harga dari harga yang ditawarkan pembeli. Jika harga tersebut cocok, bukan tidak mungkin penjual akan setuju.

Baca Juga:  7 Destinasi Wisata Peradaban Kuno Buat Kamu yang Ingin Belajar Sejarah

8. Pura-pura Tidak Jadi Beli

Trik ini sering digunakan ibu-ibu saat berbelanja. Jika penjual tidak menyetujui harga yang mereka inginkan, mereka akan melengos dan pura-pura tidak jadi beli. Niscaya, pembeli akan memanggil kembali mereka dan setuju dengan harga tawarannya. Cara ini ternyata ampuh, dan dapat kamu aplikasikan saat beli oleh-oleh.

Tahan Selera agar Dompet Tidak Kosong

Layaknya berbelanja, beli oleh-oleh juga harus hati-hati. Jangan mengikuti hawa nafsu dengan membeli oleh-oleh sebanyak-banyaknya. Belilah oleh-oleh secukupnya agar tetap hemat dan keuangan pasca liburan tidak terganggu.

Baca Juga: Mampir ke Neo Soho Mall? Yuk, Kunjungi 8 Tempat Keren ini