Cara Atur Keuangan ala Jepang ini Bikin Kantongmu Aman

Keuangan menjadi salah satu lini paling penting yang harus dikelola dengan tepat. Cara seseorang dalam mengelola keuangan akan sangat memengaruhi kualitas hidupnya.

Itulah mengapa sangat penting selalu merencanakan keuangan dengan cerdas. Hal ini juga disadari dengan baik oleh kebanyakan masyarakat Jepang, yang pada dasarnya begitu menikmati gaya hidup minimalis dan sederhana.

Lalu, teknik apa yang digunakan masyarakat mereka untuk mengatur keuangan dengan tepat? Selama puluhan tahun, masyarakat Jepang telah memiliki teknik simpel dalam mengelola keuangan mereka.

Teknik yang dikenal dengan nama Kakeibo ini pada dasarnya sudah banyak dipraktikkan sejak belasan tahun lalu. Namun semakin dikenal luas setelah rilisnya buku berjudul 'The Japanese Art of Saving Money' yang ditulis oleh Fumiko Chiba.

Kehadiran media sosial tentu mendukung populernya teknik Kakeibo ini. Sehingga wajar saja jika semakin banyak orang yang mempraktikkannya dengan lebih mudah.

Bagi Anda yang berniat melakukan resolusi keuangan, tidak ada salahnya mengenal lebih dalam teknik Kakeibo dan segera menerapkannya di dalam keuangan. Berikut cara atur keuangan ala Jepang yang bikin kantong aman.

1. Rencanakan Pengeluaran dalam 4 Kategori Besar

Berbeda dengan sistem pengelolaan lainnya, Kakeibo memang terbilang simpel, sehingga Anda tidak akan kesulitan untuk menerapkannya di dalam keuangan. Meski begitu, teknik ini tetap bisa membantu mengelola keuangan dengan lebih tepat sasaran, khususnya berbagai pengeluaran yang akan dilakukan setiap bulannya.

Hal ini penting, terutama bagi Anda yang selama ini kesulitan dalam mengatur berbagai pengeluaran di dalam keuangan. Pastikan Anda membagi pengeluaran dalam 4 kategori dasar yang sesuai teknik Kakeibo dengan benar, yakni:

Pengeluaran Dasar (Pokok)

Pengeluaran ini mencakup semua kebutuhan pokok yang akan Anda butuhkan sehari-hari. Artinya, pos ini akan berisi berbagai kebutuhan wajib, seperti biaya makan, tempat tinggal (kontrakan/kos/cicilan rumah), dan juga biaya transportasi selama sebulan penuh.

Pengeluaran Sekunder (Penunjang)

Setelah pengeluaran dasar, Kakeibo juga mengelompokkan pengeluaran sekunder. Pengeluaran ini penting, meskipun tidak wajib untuk selalu diadakan setiap bulannya, seperti pembelian pakaian dan juga hiburan (hang out).

Pengeluaran untuk Hobi (Kultur)

Setiap orang tentu akan memiliki hobi, dan hal ini juga memiliki kategori tersendiri di dalam Kakeibo. Anda perlu menganggarkan sejumlah uang untuk kebutuhan hobi ini, misalnya untuk menonton atau bahkan sekedar membeli buku bacaan setiap bulannya.

Pengeluaran Ekstra

Selain berbagai pengeluaran di atas, kamu juga perlu membuat pengeluaran ekstra yang dapat kamu gunakan untuk berbagai kebutuhan penting lainnya, seperti perawatan mobil, membeli kado, dan yang lainnya.